Supaya Hemat, Begini Cara Membuat Logo Sendiri

Uncategorized09 November 2021
cara-membuat-logo-sendiri

Daftar Isi
1. Tujuan Pembuatan Logo
2. Alasan Desain Logo Penting untuk Meyakinkan Pelanggan
3. Cara Bikin Logo Online yang Cocok untuk Bisnis
4. Tips Memilih Warna Logo
5. Supaya Hemat, Begini Cara Membuat Logo Sendiri
6. Begini Cara Cepat Membuat Logo Di HP
7. Cara Membuat Logo Watermark untuk Online Seller
8. Cara Membuat Logo 3D Di PixelLab
9. Hanya 5 Menit. Begini Cara Membuat Logo Di Canva
10. Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Desain Logo Makanan

Meskipun tampak sederhana, sebuah logo adalah bagian yang sangat penting dari strategi branding.

Logo adalah kesempatan Sobat Shipper untuk mengekspresikan identitas merek dan membuat kesan abadi pada calon pelanggan. Ini adalah kesempatan yang besar untuk menanamkan bisnis Sobat Shipper dalam ingatan orang, sehingga mereka akan mendatangi online shop Sobat Shipper saat membutuhkan suatu produk atau jasa, dan bukan kompetitor.

Dalam artikel ini, Shipper akan membahas tentang bagaimana cara membuat logo sendiri untuk menghemat biaya. Yuk, simak!

1. Keuntungan membuat logo sendiri 

Mungkin Sobat Shipper pernah berpikir untuk membuat logo sendiri atau menyewa seorang desainer logo profesional? Inilah beberapa alasan kenapa Sobat Shipper sebaiknya menggunakan budget yang dimiliki untuk hal-hal yang lebih urgent. 

Berikut adalah keuntungan membuat logo sendiri;  

  • Kalau Sobat Shipper adalah seorang seniman atau desainer grafis, membuat logo sendiri tentu saja merupakan pilihan termurah. Tapi, selain kemampuan yang mumpuni, Sobat Shipper harus memiliki branding yang kuat untuk membuat logo yang unik dan mudah diingat. 
  • Mendesain logo sendiri memberi Sobat Shipper kebebasan untuk mengekspresikan visi merek secara akurat. Sobat Shipper tidak perlu khawatir harus menyampaikan ide pada seseorang yang memiliki perspektif berbeda. 
  • Opsi ini cocok untuk Sobat Shipper yang kreatif dan tahu persis apa yang diinginkan dari sebuah logo dan bagaimana mewujudkannya. 
  • Kalau Sobat Shipper menginginkan proses yang murah, desainer logo profesional mungkin bukan pilihan yang realistis.
  • Selain biaya yang signifikan untuk menyewa seorang desainer logo profesional, hal lain yang patut dipertimbangkan adalah bahwa hal itu juga membutuhkan banyak waktu karena Sobat Shipper harus berkeliling dan melihat portofolio yang berbeda sebelum memilih desainer yang tepat.
  • Di zaman serba modern ini, sudah ada banyak tool untuk membuat logo online gratis yang memungkinkan Sobat Shipper untuk membuat desain logo dengan cepat dan efisien tanpa perlu memiliki latar belakang seni atau desain grafis. 

Nah, dengan alasan di atas, maka tidak ada alasan Sobat Shipper untuk ragu untuk mendesain logo sendiri, apalagi kalau Sobat Shipper baru saja mulai membangun branding

2. Langkah-langkah membuat logo sendiri

Membuat logo untuk bisnis melibatkan banyak keputusan, seperti warna, tata letak, font, dan simbol. Belum lagi bagaimana Sobat Shipper ingin menangkap esensi merek dalam satu desain yang ikonik.

Terlihat sulit? Jangan panik. Shipper memiliki beberapa cara membuat logo sendiri yang bisa Sobat Shipper dengan mudah.

a. Pelajari merek 

Untuk membuat sebuah logo yang sukses dan tahan lama, Sobat Shipper harus menetapkan dasar yang kuat. Dan untuk itu, Sobat Shipper perlu melakukan riset untuk menciptakan identitas merek yang kuat yang bisa membantu bisnis Sobat Shipper mendapatkan kredibilitas dan dapat dikenali saat terus berkembang.

b. Pelajari desain logo 

Mendesain logo bisnis sendiri benar-benar bisa Sobat Shipper lakukan. Sobat Shipper tidak memerlukan software pengeditan yang mewah atau pengalaman desain selama bertahun-tahun. Percaya atau tidak, Sobat Shipper bisa membuat logo sendiri dalam lima menit dengan berbagai tool pembuat logo online.

Tapi sebelum mulai membangun desain logo, inilah yang perlu Sobat Shipper ketahui tentang ciri-ciri logo yang baik; 

1. Harus sederhana sehingga langsung dikenali calon pelanggan segera setelah mereka melihatnya karena mudah untuk diingat.

2. Harus cukup mudah untuk bisa diperkecil atau diperbesar sesuai kebutuhan dan tetap terlihat bagus.

3. Harus berdampak untuk menarik perhatian calon pelanggan dan meninggalkan kesan positif.

4. Harus terlihat sama bagusnya di web device apa pun dan di semua jenis materi cetak.

5. Harus relevan dengan identitas merek Sobat Shipper.

c. Tentukan ide warna, font, dan simbol

Dengan menggunakan hasil riset logo dan ide-ide di atas, Sobat Shipper harus memiliki gagasan yang kuat tentang target pasar dan atribut merek yang dimiliki, serta gaya dan tata letak logo yang diinginkan.

1. Warna yang berbeda membangkitkan perasaan dan emosi yang berbeda, jadi pilihlah dengan bijak. Apa warna yang cocok untuk menunjukkan identitas merek Sobat Shipper. Perhatikan juga warna yang digunakan kompetitor supaya tetap menggunakan warna yang umum dalam industri, tapi tetap terlihat berbeda.

2. Dengan ribuan font untuk dipilih, menentukan satu untuk logo Sobat Shipper bukanlah tugas yang mudah. Setiap font menyampaikan sesuatu yang berbeda dan harus sesuai dengan atribut dan identitas merek. 

3. Simbol adalah elemen desain lain yang bisa Sobat Shipper tambahkan ke logo untuk membantu orang mengenali merek. Simbol bisa bergambar dan literal atau geometris dan abstrak. Pastikan bahwa simbol apa pun yang Sobat Shipper pilih tidak membingungkan atau menyesatkan audiens.

d. Membuat desain logo

Untuk langkah ini, Sobat Shipper memiliki 3 opsi yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan dan kemampuanmu.

  • Desain logo dari awal

Kalau Sobat Shipper sudah memiliki pengalaman desain, dan memiliki akses untuk software seperti Adobe Illustrator atau Photoshop, maka mendesain logo sendiri dari awal adalah sebuah pilihan. 

  • Beli template logo dan sesuaikan 

Pilihan lain adalah menggunakan template. Ada beberapa perusahaan dan situs yang menawarkan template logo gratis atau berbayar yang bisa Sobat Shipper sesuaikan dengan mengedit nama perusahaan, warna, dan lainnya.

  • Gunakan pembuat logo online

Kalau Sobat Shipper menginginkan logo yang unik, tetapi tidak memiliki pengalaman desain atau waktu untuk melakukannya sendiri, menggunakan pembuat logo online seperti Canva adalah pilihan terbaik.

e. Uji dan selesaikan

Setelah Sobat Shipper selesai mendesain satu atau lebih logo, langkah berikutnya adalah melakukan stress testing. Inilah beberapa aspek kunci yang perlu Sobat Shipper perhatikan; 

  • Memiliki logo yang dapat diskalakan berarti Sobat Shipper bisa menggunakannya di mana saja sesuai kebutuhan. 
  • Memiliki versi logo hitam putih dengan latar belakang transparan sangat penting. Hal ini memungkinkan logo Sobat Shipper menjadi lebih fleksibel untuk ditempatkan di atas latar belakang berwarna apa pun, termasuk gambar dan video.
  • Pikirkan tentang bagaimana logo Sobat Shipper akan terlihat pada berbagai media atau produk, dan buat perubahan yang sesuai untuk memastikan penampakan logo yang optimal.
  • Desain juga variasi logo yang berbeda untuk kegunaan yang berbeda, misalnya logo yang penuh untuk banner dan hanya simbol untuk ikon. 
  • Terakhir, setelah Sobat Shipper menyelesaikan desain, buatlah brand guidelines berisi tentang cara menampilkan logo merek berdasarkan hasil percobaan di atas. 

Setelah menyelesaikan cara membuat logo sendiri di atas, Sobat Shipper bisa yakin bahwa logo brand milik Sobat Shipper siap untuk ditampilkan pada dunia. Dan tentu saja jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.