Cara Membuat Customer Setia Membeli Produk Jualan

Uncategorized23 March 2022
cara-membuat-customer-setia-membeli-produk-jualan

Dalam bisnis yang semakin ramai dan kompetitif seperti e-commerce, cara mendapatkan customer baru menjadi kesulitan yang signifikan. Pelanggan dapat dengan cepat beralih dari satu penjual online ke penjual lain karena ada begitu banyak pilihan.

Jadi, bagaimana Sobat Shipper bisa membuat pelanggan kembali lagi?

Brand memberi pelanggan alasan untuk bertahan dengan menerapkan strategi retensi pelanggan yang efektif yang membangun koneksi jangka panjang dan kembali lagi. Ketika orang bersedia untuk sering membeli, memberikan ulasan positif, dan mempromosikan barang kepada orang lain, mereka menjadi pelanggan setia.

Terlepas dari industri bisnis yang dipilih, terus-menerus mencurahkan waktu dan upaya untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan adalah tips jualan online laris bagi pemula. 

Apa itu Loyalitas Pelanggan? 

Secara sederhana, loyalitas pelanggan mengacu pada hubungan yang menyenangkan dan menguntungkan yang ada antara pelanggan dan perusahaan. Loyalitas pelanggan mengacu pada kesiapan pelanggan untuk melakukan pembelian berulang dan secara konsisten lebih menyukai penawaran satu perusahaan daripada pesaingnya.

Pelanggan yang setia pada suatu merek cenderung tidak beralih ke pesaing karena harga atau ketersediaan produk. Cross-selling dan upselling kepada mereka jauh lebih mudah.

Konsumen terpenting adalah mereka yang setia kepada Sobat Shipper. Mungkin saja pembelian awal mereka tidak signifikan. Di sisi lain, nilai seumur hidup mereka jauh lebih besar. Menurut sebuah penelitian, 20% pelanggan saat ini bertanggung jawab atas 80% pendapatan di masa depan.

Pelanggan yang loyal lebih cenderung memberikan ulasan positif dan umpan balik produk yang bermanfaat. Mereka juga lebih cenderung merekomendasikan produk langganan dan lebih memaafkan kesulitan operasional. 

Loyalitas pelanggan dibangun di atas fondasi produk berkualitas tinggi secara konsisten, layanan pelanggan yang luar biasa, pengalaman pelanggan yang positif, dan pada akhirnya, kepuasan pelanggan.

Tips E-commerce Membangun Loyalitas Pelanggan 

Loyalitas pelanggan adalah kualitas yang harus diperoleh, bukan diberikan. Sobat Shipper memerlukan teknik khusus untuk membangun dan memperkuat loyalitas pelanggan dari waktu ke waktu sebagai bisnis online yang bekerja di lingkungan yang kompetitif dan dinamis.

1. Melebihi harapan pelanggan

Kualitas produk dan layanan Sobat Shipper merupakan penentu utama apakah pelanggan kembali atau tidak. Kualitas produk merupakan faktor paling signifikan bagi 88% pelanggan untuk tetap setia pada suatu brand.

Karena pelanggan online tidak dapat memegang atau melihat barang secara langsung, lebih penting lagi untuk meyakinkan mereka bahwa barang tersebut berkualitas baik. Pelanggan hanya dapat mengandalkan deskripsi produk dan foto. 

Akibatnya, Sobat Shipper harus memastikan bahwa gambar dan deskripsi produk menarik dan realistis. Pelanggan akan kembali ke tokomu jika pembelian pertama mereka tiba tepat waktu dan memenuhi atau bahkan melebihi harapan mereka.

Fokus utama lainnya adalah layanan pelanggan yang sangat baik. Inilah alasan 75% pelanggan kembali. Jika seorang pelanggan tidak puas dengan layanan yang mereka terima, 51% dari mereka tidak akan kembali.

Pengalaman pengguna sama pentingnya bagi bisnis e-commerce. Situs web Sobat Shipper harus tertata dan terstruktur dengan baik sehingga pelanggan dapat dengan mudah menjelajahi dan menemukan apa yang mereka cari. 

Inilah adalah tips jualan online dari Shipper. Sejak awal, tetapkan dan komunikasikan harapan yang jelas dengan pelanggan. Kemudian, untuk menyenangkan pelanggan, berikan nilai tambah. Daripada menjanjikan sesuatu yang tidak dapat kamu berikan, lakukan lebih dari yang diharapkan pelanggan.

2. Terlibat dengan pelanggan di media sosial

Sobat Shipper memiliki lebih sedikit interaksi fisik dengan pelanggan di dunia e-commerce. Akibatnya, kamu harus berkomunikasi dengan pelanggan di berbagai saluran sehingga mereka merasa sepenuhnya terhubung dengan brand-mu.

Setiap bisnis saat ini membutuhkan presensi media sosial. Orang-orang memilih untuk berbagi dan terhubung di platform populer seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, yang memungkinkan Sobat Shipper berkomunikasi dan terlibat dengan pelanggan.

Dorong pelanggan untuk menyukai dan membagikan profil media sosialmu. Gunakan insentif seperti hadiah untuk mendorong tindakan sosial seperti menyukai, berkomentar, dan berbagi.

Dengarkan apa yang dikatakan pengikutmu, tanggapi masalah dan kekhawatiran mereka, dan tawarkan konten yang menarik. Berinteraksi dengan pelanggan secara teratur merupakan langkah penting dalam mencapai kepuasan dan loyalitas pelanggan.

3. Buat pengalaman yang dipersonalisasi

Pelanggan akan merasa unik dan bahwa mereka adalah bagian dari sebuah bisnis jika mereka memiliki pengalaman pembelian yang dipersonalisasi. Pelanggan akan menjadi lebih antusias dan loyal terhadap merek tersebut.

Pembeli bersedia membayar mahal untuk layanan individual. Untuk pengalaman yang disesuaikan, 57% pembeli bersedia memberikan informasi pribadi. Personalisasi dikatakan mempengaruhi 86% keputusan pembelian pembeli.

Menyambut pengunjung situs web dengan nama, menggunakan informasi tentang selera dan preferensi konsumen untuk menunjukkan kepada mereka pilihan produk atau rekomendasi yang disesuaikan, dan mengirimkan rincian produk yang mungkin relevan bagi mereka semua adalah promosi jualan online agar cepat laku.

Setiap pesan yang Sobat Shipper berikan kepada pelanggan harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka. Setiap email yang dikirim, mulai dari buletin hingga catatan terima kasih, harus didasarkan pada apa yang Sobat Shipper ketahui tentang mereka.

Sobat Shipper dapat meyakinkan pelanggan bahwa kamu peduli dengan kebutuhan mereka dengan cara ini. Pelanggan lebih cenderung mempercayaimu dan membeli darimu lagi.

4. Balas pelanggan setia

Pelanggan yang sangat terlibat memiliki nilai seumur hidup yang jauh lebih tinggi daripada mereka yang tidak. Penghargaan yang tulus menunjukkan rasa terima kasih kepada pelanggan setia.

5. Berdayakan pelanggan setia untuk merujuk 

Menurut Nielsen, saat memilih produk baru, 77% pelanggan online dipengaruhi oleh rekomendasi dari keluarga dan teman. Pelanggan yang puas lebih cenderung memberi tahu orang lain tentang pengalaman luar biasa mereka.

Menerapkan sistem rekomendasi adalah cara menarik pelanggan baru sekaligus mengembangkan loyalitas pelanggan.

Sebagai pemilik bisnis, Sobat Shipper harus mengembangkan cara untuk mendorong konsumen setia untuk lebih banyak berbagi dengan teman dan keluarga mereka melalui media sosial. Adalah ide bagus untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia dengan poin loyalitas, kode promo, dan hadiah. 

Terakhir, pastikan tokomu dilengkapi dengan alat dan sumber daya terbaik untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada pelanggan, seperti Atoor.

Nah, itulah cara membuat customer setia membeli produk kembali di online shop-mu. Apa Sobat Shipper masih perlu tips jualan online laris lain? Gunakan Atoor sekarang juga!

Atoor memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. 

Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.