Lakukan 5 Cara Ini untuk Merapikan Proses Penyimpanan Barang

Uncategorized03 July 2021
cara-melakukan-proses-penyimpanan-barang

Apa belakangan proses penyimpanan barang terasa lebih lambat atau sering terhambat? Coba Sobat Shipper tengok kondisi gudang secara menyeluruh. Kalau kondisi gudang tampak sesak dipenuhi kardus barang atau alat tak bisa melewati lorong, barangkali Sobat Shipper perlu merapikan gudang sebelum merembet ke kegiatan operasional lainnya.

Merapikan gudang sekilas terdengar mudah, tetapi Sobat Shipper perlu hati-hati agar stok barang tak semakin berantakan. Caranya? Simak rangkaian tips merapikan barang gudang berikut ini!

1. Keluarkan benda-benda yang berserakan

Mengosongkan gudang adalah langkah yang sebaiknya Sobat Shipper lakukan di awal. Tujuannya adalah mengetahui seberapa luas gudang yang tersedia, sehingga proses penyimpanan barang bisa kembali dikelola dan barang-barang tersimpan di rak yang sesuai.

Setelah mengeluarkan barang-barang yang berserakan, sortir berdasarkan jenis atau klasifikasi yang sudah Sobat Shipper siapkan. Kemudian, simpan data tersebut untuk memudahkanmu saat merapikan gudang di kemudian hari.

2. Memisahkan barang berdasarkan kategorinya

Seperti yang diketahui, cara penyimpanan barang gudang melibatkan pengkategorian. Misalnya buang, jual, dan simpan untuk mengatur stok yang harus dikirim dan dieliminasi. Langkah ini pun dapat Sobat Shipper aplikasikan saat merapikan gudang yang tampak semakin padat.

Sediakan kardus atau wadah yang lebih besar buat memisahkan barang sesuai kategori. Pemilahan seperti ini mungkin terasa merepotkan, tetapi bakal mencegahmu dari salah ambil barang saat sedang mengatur proses penyimpanan barang.

Baca juga: Ketahui Apa itu Sistem SKU Serta Keuntungannya untuk Kamu

3. Mengelompokkan barang sesuai fungsinya

Keberadaan rak gudang sangat vital dalam pergudangan, sebab tak hanya berhubungan dengan penyimpanan barang usaha, melainkan juga pemantauan yang dilakukan karyawan. Bukan hanya itu, kemudahan akan Sobat Shipper rasakan juga saat merapikan gudang.

Rak-rak yang sudah dilabeli bakal mempercepat pengelompokan dan penempatan. Namun, Sobat Shipper juga harus memperhatikan jenis rak gudang yang dipakai. Pastikan rak itu mampu menopang volume barang sesuai kapasitasnya.

4. Menempatkan barang pada rak gudang

Ada kalanya karyawan atau pengelola gudang malas menempatkan barang sesuai rak dan menjadi penyebab gudang berantakan. Alhasil Sobat Shipper semakin kesulitan mengurus proses penyimpanan barang karena penempatannya tak sesuai prosedur.

Oleh karena itu, Sobat Shipper harus membiasakan diri maupun karyawan menaruh barang pada rak yang sudah diberikan label. Dengan begitu, barang akan jarang berceceran dan kegiatan operasional di gudang jarang terganggu.

5. Memanfaatkan gantungan dinding

Apa Sobat Shipper memakai alat-alat seperti garpu, gergaji, atau sekop di gudang? Supaya alat-alat tersebut tak merusak stok barang, manfaatkan gantungan dinding. Cara menyimpan barang di gudang ini akan memisahkan stok barang dengan benda-benda berdimensi datar dan berbentuk lebar.

Kemudian, dengan menata barang-barang berukuran kecil pada gantungan dinding, lantai gudang akan lebih rapi. Jadi, tak ada lagi cerita Sobat Shipper tersandung atau menginjak barang tertentu yang dinilai penting untuk mengatur kegiatan di gudang.

Agar proses penyimpanan barang tetap rapi sejak awal, Sobat Shipper sebaiknya memilih gudang atau warehouse memadai. Oleh karena itu, Shipper hadir untuk membantumu mengatur stok barang hingga mencegah risiko seperti gudang berantakan.

Mengapa? Karena Shipper memastikan setiap gudangnya mudah diatur untuk kebutuhan produksi, distribusi, dan penyimpanan barang. Tarif sewanya yang bersahabat pun bakal membuat Sobat Shipper tak setengah-setengah dalam memberikan perawatan gudang.

Berminat menggunakan warehouse yang dikelola Shipper? Temukan lebih banyak informasi mengenai layanan gudang dengan membuka situs resmi mereka di https://shipper.id/warehouse!

Baca juga: Mari Rawat Barang di Gudang Sesuai Jenis Materialnya, Sobat Shipper!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.