Cara Terbaik Kirim Alat Berat dengan Aman dan Efektif

Uncategorized02 November 2021
cara-kirim-alat-berat

Kirim alat berat seperti crane, forklift, bulldozer, tractor atau lainnya memang tampak sangat sulit. Tetapi tentu saja itu tidak mustahil. Dengan menggunakan cara yang tepat, alat berat bisa dikirim dan sampai ke tujuan dengan aman.

Tentunya diperlukan transportasi memadai untuk mengirimkan alat berat dari penyedia alat berat ke lokasi konstruksi. Walaupun tidak mudah, ada cara yang aman dan nyaman untuk melakukannya. Mari kita simak tips cara mengirim alat berat secara lengkap berikut ini.

Jenis Truk Pengangkut Alat Berat

Ada banyak jenis truk pengangkut yang bisa digunakan untuk kirim alat berat. Berikut ini adalah beberapa jenis truk pengangkut yang paling umum

1. Trailer Flatbed Paling Sering Digunakan

Trailer flatbed mungkin merupakan cara mengirim alat berat paling umum digunakan. Kendaraan ini dapat membawa barang hingga berlusin-lusin ton. Trailer flatbeds tersedia dalam berbagai ukuran dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Trailer ini sangat serbaguna dan membuat proses bongkar muat menjadi sangat mudah. Sebagian besar alat berat bisa dikirim menggunakan truk ini. Trailer flatbed juga umumnya merupakan jenis self loader truck, yakni truk yang dilengkapi dengan sistem hidrolik untuk memudahkan menaikkan dan menurunkan alat berat.

2. Tow Truck untuk Pengiriman Alat Berat Jarak Pendek

Tow truck atau truk derek mungkin dapat digunakan untuk kirim alat berat jarak pendek. Jenis truk derek juga beragam dan dapat menangani berbagai ukuran alat berat. Pastikan bahwa truk derek yang digunakan dalam kondisi terbaik. Mulai dari kondisi ban serta semua aksesoris kelengkapan truk harus siap digunakan sesuai tugasnya.

3. Trailer Khusus untuk Alat Berat yang Rumit

Jika alat berat yang dikirimkan terlalu rumit, besar, dan berat, maka diperlukan trailer khusus untuk mengangkutnya. Pastikan penyedia jasa kirim alat berat memiliki truk yang sesuai, seperti dek bertingkat atau trailer double drop. Ini adalah jenis traier flatbed yang di dalamnya terpasang tingkat berbeda sehingga lebih mudah mengangkut alat berat.

Tips Pengiriman Alat Berat

Agar proses kirim alat berat dapat berlangsung dengan baik, berikut beberapa hal yang harus Sobat Shipper perhatikan.

1. Periksa Keamanan Alat Berat

Setiap alat berat biasanya memiliki buku panduan dan buku manual mengenai cara penanganan yang harus dilakukan. Ikuti semua prosedur pengangkutan sesuai petunjuk.

Pastikan juga bagian-bagian yang rentan pada alat berat terlah terlindungi. Sebelum dinyatakan layak jalan, yakinkan sekali lagi bahwa alat berat telah terpasang dengan aman dan tidak ada risiko terlepas selama pengiriman.

Selain itu, pertimbangkan juga lalu lintas dan kondisi rute saat persiapan untuk kirim alat berat. Kondisi cuaca dan lalu lintas tertentu akan mengharuskan keamanan peralatan lebih ketat dari biasanya.

2. Pisahkan Bagian Alat Berat

Yang paling penting dalam pengirian alat berat adalah sampai dalam kondisi baik dan dapat berfungsi dengan seharusnya. Tetapi, saat hendak mengirim alat berat,mungkin ada beberapa peralatan yang harus dibongkar.

Ini perlu dilakukan agar proses kirim alat berat lebih mudah dengan mengikatnya ke trailer flatbed secara terpisah. Alat berat dapat dipasang kembali saat tiba di tujuan. Cara ini juga efektif untuk pengiriman alat berat berbentuk khusus agar tidak terlalu merepotkan. Sehingga bisa diangkut dengan flatbed biasa tanpa melibatkan trailer khusus atau truk derek.

3. Pastikan Legalitas Angkut Alat Berat

Mengangkut alat berat memiliki aturan-aturan yang cukup ketat, oleh karena itu, pastikan bahwa:

– penyedia jasa kirim alat berat telah memiliki izin dan sesuai dengan kualifikasi

– rute yang dilalui tidak melarang jenis kendaraan pengangkut alat berat

– rute yang dilalui tidak sedang membatasi angkutan alat berat pada jam-jam tertentu

Itulah cara dan tips kirim alat berat yang dapat kami bagikan. Semoga semua informasi ini bisa membantu Sobat Shipper untuk mengirimkan alat berat ke luar kota dengan aman dan nyaman. Namun, ada satu hal penting lagi yang tak bisa dilewatkan, yaitu memilih jasa pengiriman terbaik yang bisa memastikan produkmu sampai ke tujuan. Kamu bisa pilih menggunakan jasa Shipper untuk membandingkan jasa kirim mana yang kira-kira cocok dengan bisnis kamu. Tak hanya itu, Shipper juga punya layanan lain yang pastinya bisa menunjang bisnis kamu, lho! Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : 8 Jenis Ukuran Truk yang Bisa Dijadikan Pilihan untuk Memudahkan Pengiriman Barang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.