7 Kiat Agar Jualan di Marketplace Laku Keras

Uncategorized19 October 2021
cara-jualan-di-marketplace

Jualan di marketplace memerlukan pengelolaan yang baik. Apalagi jika Sahabat Shipper menggunakan beberapa marketplace sekaligus dan mengoperasikan toko online sendiri.

Tingginya persaingan dengan ribuan merchant toko online lain mendorong penjual agar selalu inovatif. Penjual mungkin harus menggunakan model bisnis berbeda untuk menjadi sukses. Di dalam artikel ini kami akan membagi cara jualan laku di marketplace yang bisa Sobat Shipper praktekkan.

1. Optimalkan Konten Jualan di Marketplace

Konten merupakan bagian dari cara jualan laku di marketplace yang sama pentingnya dengan display barang di toko offline. Tentunya, dengan display yang menarik akan dapat menarik konsumen untuk membelinya. Beberapa hal untuk diperhatikan dalam membuat konten agar jualan di marketplace laku antara lain:

– Memasang foto produk yang jelas dan menarik

– Sertakan gambar alternatif untuk setiap variasi barang atau foto produk dari berbagai sudut pandang

– Optimalkan judul

– buat deskripsi singkat yang bagus

– sertakan spesifikasi yang akurat

Pastikan info yang disertakan tetap update, termasuk pengaturan harga dan durasi pengiriman barang.

2. Berikan Layanan Pelanggan Terbaik

Agar jualan di marketplace laku dan pelanggan terus setia, berikan layanan pelanggan yang terbaik. Jawab pesan dengan cepat dan sopan serta tambahkan fitur balasan chat otomatis saat staff sedang offline. Pastikan pengiriman baik, penuhi prosedur pengembalian dana dan kebijakan pengembalian barang. Jika Anda menerima pertanyaan pelanggan, tanggapi dalam hitungan jam, bukan hari.

3. Tingkatkan Visibilitas Melalui Iklan

Setiap marketplace umumnya menawarkan fasilitas-fasilitas khusus agar produk Sobat Shipper bisa lebih banyak dipromosikan. Ini bisa menjadi cara berjualan di marketplace agar cepat laku.

Sobat Shipper juga bisa menggunakan layanan iklan online lain dari Google atau platform sosial media. Jangan lupa untuk menargetkan pengguna internet dengan jenis produk yang tepat sesuai demografi target konsumen.

4. Tentukan Harga yang Tepat

Marketplace akan menampilkan banyak produk serupa atau dalam kategori yang sama saat pelanggan mencari sebuah produk. Umumnya, harga bisa jadi sebagai pertimbangan utama dalam memutuskan pembelian.

Salah satu cara jualan laku di marketplace adalah dengan memastikan harga produk merupakan yang terendah atau mendekati terendah. Dengan demikian, saat produk direkomendasikan, kemungkinan calon konsumen memilih produk Sobat Shipper bisa lebih besar.

Untuk mendapatkan harga terbaik, pantau harga produk pesaing. Baik yang berada di marketplace yang sama atau di situs lain. Tidak ada salahnya jika kamu juga memungkinkan fitur “tawar” bagi calon konsumen.

5. Pilih Produk yang Tepat

Tidak semua produk yang ada di gudang toko kamu harus dipajang pada etalase jualan di marketplace. Beberapa hal terkait produk yang harus diperhatikan adalah:

– Pastikan produk yang ditawarkan sesuai dengan tipe pembeli di marketplace tersebut

– Pastikan bahwa margin produk tersebut mendukung harga dan biaya pengiriman untuk menjual produk secara online dengan harga terjangkau.

– Tidak perlu memajang semua produk di toko. Pilihlah produk unggulan yang paling kompetitif di marketplace.

6. Kelola Ketersediaan

Cara Memiliki toko online di berbagai marketplace sekaligus dapat membingungkan dalam mengelola

inventaris secara akurat. Jangan sampai informasi ketersediaan barang yang tidak akurat memaksa Sobat Shipper membatalkan pesanan yang masuk. Tindakan ini biasanya akan menurunkan rating penjual dan pada akhirnya menghambat jualan di marketplace

7. Buat Promosi

Cara jualan di marketplace agar cepat laku bisa dengan menggunakan strategi promosi. Beberapa model promosi yang dapat digunakan:

– Promo bundle produk yang lebih hemat

– Potongan harga untuk pembeli baru

– Potongan harga untuk grosir

– Menawarkan hadiah untuk jumlah pembelian tertentu

– Gratis ongkos kirim, dll.

Itulah beberapa kita cara jualan laku di marketplace. Testimoni pelanggan memiliki pengaruh penting saat jualan di marketplace. Maka jangan kecewakan pelanggan Sobat Shipper jika ingin jualan laku dan bisnisnya maju. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id

Baca Juga : 6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.