6 Cara Jadikan Foto Produk Makanan Lebih Estetik, Dijamin Laris!

Uncategorized08 December 2021
cara-jadikan-foto-produk-makanan-estetik

Bisnis makanan adalah salah sektor yang tidak akan pernah mati. Meski di tengah pandemi banyak bisnis yang tumbang, bisnis makanan justru semakin berkembang. Ini dikarenakan kebosanan masyarakat di rumah memberikan inovasi baru untuk pelaku bisnis, terutama bagi pelaku UMKM.

Meski demikian, persaingan bisnis makanan online tidaklah segampang kelihatannya. Setiap pemilik UMKM harus memiliki strategi sendiri agar dagangannya menarik minat pembeli. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu membuat foto makanan yang menjual. Berikut tips untuk para pelaku bisnis kuliner agar foto produk makanan tampak menarik bagi calon pelanggan:

1. Buat Konsep yang Matang

Sebelum mengabadikan foto makanan, buatlah konsep terlebih dahulu. Konsep sangat penting agar kamu bisa melakukan persiapan sebaik mungkin dalam membuat foto makanan estetik. Konsep yang matang juga akan mencegah kerepotan yang mungkin terjadi pada hari pemotretan serta membuat produk kamu tampil lebih unik dibanding produk lain.

2. Perhatikan Sumber Cahaya

Dalam pengambilan foto makanan, Sobat Shipper perlu memerhatikan berbagai sumber cahaya dan letak cahaya itu berada. Pasalnya pantulan cahaya yang menimpa makanan dapat memberikan berbagai bentuk, tekstur dan karakter pada sebuah foto. Bila menggunakan peralatan foto lebih, cobalah teknik back lighting (sumber cahaya dari belakang) dan side lighting (sumber cahaya dari samping). Kedua teknik ini akan memberikan cahaya dan bayangan yang lebih berkarakter.

3. Kualitas Foto Jernih

Sebelum mengambil foto, pastikan objek makanan sudah berada dalam posisi stabil. Jangan sampai goyang dan menjadi blur, apalagi bila hasil foto sampai pecah. Perhatikan juga bagian-bagian makanan yang ingin kamu highlight. Misalkan kamu berjualan protein bar, ambil fokus pada teksturnya yang mencolok.

4. Latar Foto

Pilihlah latar yang berwarna natural agar warna produk makananmu bisa lebih menonjol. Pastikan juga tidak ada bayangan yang akan mengganggu hasil foto makanan. Singkirkan benda-benda yang bisa menghalangi cahaya. Selain itu, hindari juga pencahayaan yang terlalu keras dari satu arah karena akan menimbulkan bayangan yang terlalu gelap. Kamu bisa menggunakan lembaran putih seperti kertas sebagai latar foto untuk memantulkan cahaya secara tidak langsung.

5. Gunakan Properti Tambahan

Elemen yang tidak kalah penting dalam pengambilan foto makanan estetik adalah properti pendukung yang memadai. Pilihlah warna properti yang senada dengan warna latar agar foto produk makanan kamu jadi lebih mencolok. Tapi ingat, properti tambahan fungsinya untuk menambah estetik fotomu, jadi pilihlah properti yang lebih minimalis agar foto makanan lebih jelas dan lebih menonjol.

6. Angle Foto

Saat kamu mengambil foto dari atas, kamu bisa memotret seluruh permukaan produk makananmu. Namun kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mengambil foto dari sudut 45 derajat. Dengan angle ini, foto makanan bisa terlihat lebih menarik karena bagian atas hingga bawah akan ikut terfoto. Pembeli pun juga bisa melihat detail makanannya.

Itu dia beberapa tips foto makanan estetik. Bila mengikuti tips di atas, hasilnya pasti bagus dan bisa menarik minat pelanggan. Bila Sobat Shipper sudah berhasil mendapat pelanggan, gunakan Shipper untuk memilih jasa ekspedisi. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.