Cara Hitung Berat Tarif Kirim Barang ke Luar Negeri Terbaru

Uncategorized17 May 2021
cara-hitung-berat-tarif-kirim-barang-ke-luar-negeri-terbaru

Cara hitung tarif kirim barang keluar negeri bagi para pelaku usaha, pengelola UKM, dan pemilik toko online, penting untuk diketahui. Selain dapat memperkirakan biaya pengiriman, melalui info ini jadi tak ada kesalahpahaman terkait besarnya volume dan berat barang yang dikirim. Hal ini pun berlaku pada Shipper.id yang memakai penghitungan itu juga. 

Cara Hitung Berat Paket dan Rumus Berat Volume Paket

Cara penghitungan volume dan berat paket untuk tarif kirim barang ke luar negeri ini sangat penting kamu ketahui sebelum mengirim produk ke luar Indonesia, supaya tidak terjadi salah paham pada pihak penyedia layanan kirim barang. Khususnya untuk penghitungan volume berat paket untuk dikirim ke mancanegara. Dimana rumus kirim paket dari luar sedikit berbeda dengan hitungan ekspedisi domestik.

Pada uraian artikel ini akan mencoba menguraikan masalah perbedaan hitungan berat sebelum terkejut saat cek resi, dimana estimasi yang kamu buat tidak sama dengan yang dibuat pihak ekspedisi. Berikut ini perhitungan khusus untuk kiriman paket ke luar negeri rute udara.

2 Macam Hitungan Berat Paket ke Mancanegara

Untuk ekspedisi mengirim paket ke luar Indonesia menggunakan jalur udara, memiliki 2 jenis perhitungan berat yakni Berat Volumetrik atau Dimensi dan Berat Aktual. Penjelasannya sebagai berikut :

Berat Aktual atau Actual Weight

Pada jenis ini merupakan berat asli dari barang yang akan dikirim dimana diperoleh dari hasil alat ukur timbangan. Adapun ukuran berat yang dipakai pada paket ini yaitu kilogram. Contohnya, 2.7 Kg, 5.3 Kg, 8.5 Kg, 12.7 Kg, dan seterusnya. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Pengiriman Barang

Volumetric Weight atau Berat Volume 

Sementara itu untuk hitungan berat volume didapat dari hitungan dimensi atau volume pada barang yang ingin kamu kirim. Berat ini biasa digunakan untuk barang kiriman yang memiliki berat aslinya itu ringan, akan tetapi tapi Volume atau Dimensi paket tersebut besar dan cenderung memakan banyak ruang ketika dikirim. Contoh barang kategori berat volumetrik berupa: desain gambar, lukisan, alat musik, gulungan kain, banner, dan lain sebagainya.

Rumus Penghitungan Berat Volume Paket

Perbedaan penggunaan rumus perhitungan berat volumetrik terletak di angka pembaginya, jika Ekspedisi Internasional memakai angka pembagi 5000, maka pada Ekspedisi Domestik pembaginya adalah 6000. Supaya lebih jelas bisa memperhatikan hitungan ini.

Cara Hitungan Berat Volumetrik

  • Ekspedisi Domestik yaitu: Panjang dikali Lebar dikali Tinggi dibagi 6000. Misalnya Volume paket 60 cm x 40 cm x 50 cm: 6000 dan hasil hitungan ini adalah berat paket yang dikenakan ongkir sebesar 20 kg.
  • Ekspedisi Internasional dengan rumus : Panjang kali Lebar kali Tinggi dibagi 5000. Dan contohnya: Dimensi paket 60 cm x 40 cm x 50 cm : 5000, berat paket ini ongkirnya sekitar 24 kg.

Meskipun paket yang kamu kirim sangat ringan tapi bila ukurannya besar. Maka barang tersebut terkena tarif kirim barang ke luar negeri jenis berat volume, seperti penjelasan di atas. 

Memberikan pilihan jasa ekspedisi terbaik untuk pengiriman kamu. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan kemana saja, Shipper solusinya!

Baca juga: Tips Kirim Paket Luar Negeri Murah Lengkap Terbaru

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.