5 Langkah Cara Cek Resi Belanja Online yang Perlu Kamu Ketahui

Uncategorized07 May 2021
cara-cek-resi-belanja-online-mudah

Bagi kamu yang baru pertama kali belanja online, salah satu masalah yang paling sering dirasakan adalah melacak keberadaan barang, selain proses pembayaran dan memilih barang. Sebenarnya masalah melacak keberadaan barang sendiri sangat mudah, yaitu dengan cara cek resi.

1. Cek Invoice

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek invoice yang diterima dari pihak e-commerce atau penjual. Dalam invoice tersebut, kamu akan memperoleh informasi tentang nama penjual, pihak pembeli dalam hal ini kamu, daftar barang yang dibeli, nomor invoice, jasa ekspedisi atau kurir, nomor resi dan yang lainnya. Pelajari hal tersebut dengan baik, terutama nomor resi yang diberikan, dan jasa kurir yang dipilih. Umumnya, ketika kamu akan membeli barang secara online, terutama di marketplace, maka kamu sendiri yang akan memilih jasa kurir yang akan digunakan.  

2. Cek Nomor Resi

Berikutnya setelah Anda mengetahui invoice dan nomor resi yang diberikan, cek resi. Adapun cara cek resi, ini sendiri sangat mudah. Peletakan no resi sendiri pada masing-masing invoice yang diberikan oleh pihak penjual cukup beragam. Tapi umumnya berada di posisi paling atas, tepatnya di bagian kanan atas. Dalam hal ini nomor resi yang diberikan cukup beragam, ada yang hanya nomor saja, ada juga yang dilengkapi dengan huruf abjad tertentu. Perbedaan nomor resi ini sendiri tergantung masing-masing jasa ekspedisi atau kurir yang digunakan.  

3. Cek Kurir yang Digunakan

Seperti yang disebutkan di atas, umumnya ketika kamu belanja online, terutama di marketplace, kamu sendiri yang akan menentukan jasa ekspedisi atau kurir yang akan digunakan. Masing-masing kurir ekspedisi tentunya memiliki layanan jasa yang berbeda-beda, hal ini pula yang menjadi alasan kamu memilih layanan jasa yang dimaksud. Jadi pastikan kamu mengetahui dan mengingat jasa ekspedisi atau kurir yang akan digunakan.  

4. Lakukan Tracking

Jadi setelah kamu mengetahui invoice, nomor resi dan jasa ekspedisi yang digunakan, berikutnya adalah cek resi. Untuk cek resi sendiri, kamu bisa mengeceknya di website resmi jasa ekspedisi yang digunakan atau membukanya di www.shipper.id/tracking. Layanan yang satu ini memudahkan kamu dalam melakukan tracking dari berbagai macam jasa ekspedisi yang ada di situs resmi Shipper. Kamu yang belanja online di berbagai marketplace, dan ingin melacak barang yang sedang dibeli, tidak ada salahnya jika memilih web yang satu ini. Dengan demikian kamu bisa melacak berbagai resi secara lebih mudah, praktis dan efisien.  

5. Cek Keberadaan Barang

Untuk mengecek keberadaan barang yang dibeli, mudah saja, cukup masukkan no resi yang sudah kamu miliki sebelum nya pada kolom pencarian nomor resi yang ada di web, berikutnya tekan tombol “enter”. Dengan demikian, informasi keberadaan barang akan muncul dibagian bawah halaman web. Tidak sulit bukan, melacak keberadaan barang yang dibeli secara online ! Demikian Lah ulasan tentang cara cek resi semoga berguna untuk kamu.  

Sobat Shipper, tak hanya itu saja lhoo. Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di sini.

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.