Perhatikan 4 Hal ini untuk Buat Video Produk dengan Teknik One Take

Uncategorized08 December 2021
cara-buat-video-one-take

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Ada kalanya kita membutuhkan sebuah scene yang tidak terpotong atau yang biasa disebut dengan video one take. Jenis pengambilan gambar ini tidak hanya ditemukan dalam film, tapi bisa juga dalam sebuah video produk.

Nah, Sobat Shipper tahu gak sih kenapa beberapa pembisnis senang menggunakan video one take? Video one take ini kebanyakan digunakan untuk menambah makna cerita dalam sebuah video promosi produk. Seperti yang Sobat Shipper ketahui, membuat video promosi produk tidak hanya fokus pada produknya saja, tapi juga harus ada sebuah cerita di dalamnya supaya lebih berkesan di hati para pelanggan.

Video one take ini merupakan jenis dengan cara pembuatan videonya tidak terputus dari awal sampai akhir. Dahulu memang sulit untuk membuat jenis video one take karena keterbatasan alat, namun kini kamera untuk video sudah jadi lebih canggih sehingga mudah dilakukan.

Hanya saja, Sobat Shipper perlu tahu beberapa hal penting supaya video one take yang akan dibuat berhasil. Ini dia, 4 hal penting yang harus Sobat Shipper perhatikan dalam pembuatan video promosi produk.

1. Pengaturan set saat pengambilan gambar

Jika dalam pembuatan video promosi biasa, kamu hanya membutuhkan satu set tempat, dalam pembuatan video one take sepertinya sobat Shipper perlu mengatur set pengambilan gambarnya lebih terencana.

Kunci dari pengambilan gambar video one take adalah dengan pengaturan alur pengambilan gambarnya. Pergerakan produk, arahnya dari tempat A ke B, bagaimana setting tempatnya, harus diperhatikan untuk mempermudah pengambilan gambar.

Maka dari itu, konsep video bagus perlu diperhatikan disini. Video one take memang membutuhkan lebih banyak effort dari segi pikiran dan tenaga. Walaupun begitu, hasil yang ditampilkan juga akan memuaskan jika bisa dalam satu kali pengambilan gambar dengan sempurna.

Ada alasan krusial kenapa pengaturan set ini penting. Yaitu untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi. Misalnya saja, Sobat Shipper akan membuat video produk skincare dengan alur wastafel kemudian meja rias. Kamu harus memikirkan apakah ada properti yang tidak penting dan masuk frame nantinya saat perjalanan kameramen dari wastafel ke meja rias. Jika ada satu saja properti atau mungkin kesalahan lain dalam setting tempatnya, maka kemungkinan besar Sobat Shipper akan membuang-buang waktu untuk mengulang videonya lagi.

2. Arah Pergerakan Kamera

Ini juga menjadi hal yang penting dalam pengambilan video one take. Sobat Shipper harus bisa menentukan arah pergerakan kamera.

Dalam video one take, tidak mungkin kameranya bergerak stabil dan monoton di satu tempat saja. Kamu harus membuat beberapa pergerakan seperti berbelok atau melakukan transisi natural sehingga penonton tidak bosan dengan video promosi yang sobat buat.

Selain itu, arah pergerakan kamera ini harus diatur sehingga konsep bisa berjalan dengan lancar. Misalnya seperti tadi, dalam pembuatan video promosi produk skincare yang pergerakannya dari wastafel ke meja rias, kamu harus memikirkan kira-kira bagaimana arah kamera dan sudut yang akan sobat ambil.

Kameramen pasti akan bergerak mundur mengikuti model. Namun jangan hanya mengikuti model, kamera juga harus bergerak kearah lain. Transisi dari ruangan wastafel ke meja rias harus dibuat semulus mungkin.

Untuk hal ini, Sobat Shipper bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum pengambilan gambarnya. Sehingga ketika pengambilan gambar berlangsung, Sobat Shipper sudah tahu kemana arah kamera yang bagus.

3. Detail Produk Apa yang Akan Masuk Kamera

Setelah memikirkan kendala teknis, selanjutnya Sobat Shipper harus memikirkan juga kendala konsep. Ya, pikirkan kira-kira detail apa saja yang ingin kamu masukan dalam video promosi produk yang akan dibuat nanti.

Singkirkan detail yang tidak perlu, karena hanya akan merusak gambar saja. Jangan terlalu banyak memasukan detail produk, karena penonton bisa bosan mendengar penjelasan detail atau visual detail produk yang terlalu banyak.

Setiap detik pengambilan gambar video one take sangat penting. Dan setiap detik itu juga penonton akan memperhatikan kira-kira detail apa saja yang masuk kedalam video promosi produk Sobat Shipper. Ingat, terkadang mata lebih tajam ketika video one take sudah selesai dibuat. Oleh karena itu kamu bisa mengantisipasinya dengan memikirkan terlebih dahulu detail apa saja yang ingin dimasukan.

Misalnya, dalam sebuah video produk skincare kamu ingin memasukan detail tekstur dan juga warnanya. Maka saat pengambilan gambar video one take, sobat Shipper bisa berpesan pada kameramen untuk lebih fokus atau mengambil gambar zoom pada kedua bagian itu. Singkirkan hal-hal yang tidak perlu atau yang hanya untuk selingan saja. Misalnya bagian membuka tutup skincare, dan lain sebagainya.

Detail apa saja yang ingin dimasukan dalam video promosi, tergantung dengan konsep yang ingin Sobat Shipper buat. Misalnya jika kamu ingin membuat satu cerita tentang betapa cepatnya produk skincare sobat cepat menyerap maka kamu bisa fokus pada modelnya. Atau jika sobat lebih fokus membuat konsep kalau skincare yang sobat shipper jual memiliki bahan-bahan yang menenangkan wajah, bisa fokus pada produknya.

4. Storytelling Dalam Video

Terakhir adalah storytelling yang akan menghidupkan video promosi. Video bagus bukan hanya sekedar visualnya saja, tapi pesannya. Apakah pesan yang ingin Sobat Shipper berikan sampai atau tidak pada pelanggan.

Storytelling ini menjadi salah satu bagian penting dalam sebuah video promosi. Karena video promosi yang baik bukan hanya sekedar menjual produk, tapi juga menjual valuesnya. Oleh karena itu, walaupun menggunakan jenis video one take, sobat Shipper harus memikirkan juga storytelling di dalamnya.

Terkadang, orang lupa kalau dalam video one take yang dibutuhkan bukan hanya ketelitian teknis tapi ketelitian isi juga diperlukan. Karena sibuk dengan teknis, malah kebanyakan tidak memperhatikan apakah emosi yang disampaikan dapat diterima atau tidak. Atau mungkin, apakah ini hanya sekedar visual atau ada penceritaan di dalamnya.

Konsep yang matang sangat diperlukan untuk membuat video one take berhasil dari segi teknis dan juga isi. Apa values yang ingin Sobat Shipper capai dengan pembuatan video one take ini haruslah bisa terlihat dengan jelas di mata penonton.

Pelanggan akan lebih terkesima dan menghargai usaha Sobat Shipper jika sobat berhasil memanjakan mata dan hati para pelanggan dengan pembuatan video one take yang bisa bercerita dengan baik.

Cara membuat video produk one take memang tidak mudah, tapi ternyata cukup asik untuk dilakukan. Tantangan memang cukup besar, tapi dengan ini kamu bisa memberikan kesan bahwa bisnis kamu ini serius karena kamu sudah mengeluarkan banyak tenaga untuk video one take ini.

Keuntungan lainnya menggunakan video one take adalah, sobat Shipper tak perlu mengunduh aplikasi pembuat video, karena kamu tidak perlu melakukan tahapan editing yang berlebihan seperti penyatuan atau pemotongan video.

Setelah mendapat banyak kepercayaan pelanggan dari video one take yang sudah sobat Shipper buat, kini ginilan Sobat Shipper yang mencari jasa kirim terpercaya untuk mengirimkan produk-produknya pada pelanggan sobat Shipper. Tenang, ada shipper yang bisa dipercaya dalam pengiriman barang. Tidak akan rusak, sampai dengan selamat di tujuan tepat waktu! Cari informasi lebih lanjut tentang Shipper hanya di shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.