Cara Mudah Memulai Bisnis Toko Buku Online Dari Rumah

Uncategorized10 September 2021
cara-bisnis-toko-buku-online

Buku adalah jendela dunia. Sejak kecil, kita sering mendengar ungkapan pepatah yang satu ini. Bagi Sobat Shipper yang sedang mencari ide bisnis, toko buku online mungkin menjadi sesuatu yang layak dicoba.

Dengan berkembangnya teknologi, membuka toko buku pun kini tak mesti dengan membuka gerai di satu tempat. Cukup dengan membuat etalase online, Sobat Shipper sudah bisa membuka toko buku sendiri dari rumah. Sudah banyak lho, berbagai toko buku yang menawarkan produk mereka di dunia maya secara online.

Jika Sobat Shipper pecinta karya sastra atau novel novel fiksi, sepertinya berbisnis toko buku online bisa menjadi salah satu pengalaman yang akan seru untuk dicoba.

Akan tetapi, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Sobat Shipper mengetahui terlebih dahulu langkah-langkah apa yang harus diperhatikan dalam menjalankan ide bisnis toko buku online ini. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini.

Berikut 5 Langkah Memulai Bisnis Toko Buku Online

1. Menentukan Jenis Buku yang Dijual

Jika bicara soal buku, tentu luas sekali jenis dan macam bidangnya. Sobat Shipper tak mungkin bisa menyediakan seluruh jenis buku secara lengkap.

Ketika Sobat Shipper memutuskan untuk memulai bisnis toko buku online sendiri, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis buku apa yang akan ditawarkan kepada pelanggan.

Misal saja, Sobat Shipper hanya ingin fokus pada jenis buku-buku sastra atau, buku-buku ilmiah, atau buku referensi perkuliahan. Maka fokuslah di situ.

2. Membuat Website

Memiliki website menjadi kewajiban jika Sobat Shipper hendak menjalankan bisnis toko buku online sendiri. Jika tak memiliki kemampuan dalam mengelola membuat website, Sobat Shipper membayar developer yang banyak menawarkan jasa pembuatan website di internet.

Namanya juga toko online, tentu saja harus ada website-nya. Setuju?

3. Menghubungi Penerbit

Hal selanjutnya setelah Sobat Shipper membuat toko buku online sendiri, adalah menghubungi penerbit. Perlu Sobat Shipper ketahui, bahwa ada beberapa penerbit yang terhimpun dalam satu grup besar, seperti Penerbit Agromedia atau Penerbit Kompas Gramedia. Biasanya penerbit yang masuk ke dalam naungan satu grup besar tersebut memiliki distributor yang sama. Nah, Sobat Shipper hanya perlu menghubungi distributor yang bersangkutan dan memilih ingin membeli buku dari penerbit yang mana.

4. Melakukan Promosi Lintas Platform

Langkah yang selalu penting dalam menjalankan bisnis toko buku online adalah melakukan promosi secara online. Selain menggunakan website, manfaatkanlah semua platfom sosial media yang akan menunjang penjualanmu, seperti Instagram, Facebook, dan Tik tok. Jangan lupa juga untuk memasang etalase online di marketplace kesayanganmu, ya.

5. Menggunakan Shipper

Dan yang tak kalah penting ketika Sobat Shipper menjalankan bisnis toko buku online adalah memilihi layanan pengantaran barang yang dapat memastikan produk bukumu selamat sampai tangan pelanggan. Gunakanlah Shipper, aplikasi pelayanan antar barang yang akan memudahkan Sobat Shipper melakukan pengiriman dalam jumlah banyak. Selain itu, aplikasi Shipper bisa digunakan untuk mengecek ongkir dan mengecek nomor resi di HP-mu, tanpa perlu riber keluar rumah.

Demikian artikel mengenai 5 langkah memulai bisnis toko buku online dari rumah.

Menjalankan bisnis memang gampang gampang susah. Akan tetapi, selama ada kemauan, pasti ada jalan, kok. Nah, apakah Sobat Shipper sudah siap untuk memulai bisnis yang satu ini?

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.