Cara Buat Studio Mini Sederhana, Murah dan Fungsional

Uncategorized08 December 2021
cara-biat-studio-mini-sederhana

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Foto berkualitas baik memang didapatkan dengan seeting lokasi yang baik pula. Studio jadi salah satu lokasi dengan setting indoor yang baik, apalagi untuk foto produk. Sobat Shipper harus tahu, kalau dalam studio kita bisa mengatur pencahayaan dan latar belakang sendiri loh.

Kebanyakan pembisnis sulit untuk memenuhi tuntutan tersebut, hasilnya malah jadi merugikan bisnis sendiri. Foto produk adalah hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen. Oleh karena itu jika konsumen sudah tidak tertarik pada foto produk, maka sobat Shipper akan kesulitan untuk berkembang. Tingkatkan dahulu kualitas foto produkmu.

Apakah meningkatkan kualitas foto produk perlu skill-skill tertentu. Ya, memang dibutuhkan sedikit skill. Tapi seperti yang dikatakan di awal, bahwa studio bisa meningkatkan kualitas foto secara tak langsung. Tak perlu susah-susah memiliki skill fotografi, cukup dengan menggunakan studio saja Sobat Shipper bisa mendapatkan kualitas foto yang bagus.

Tapi untuk sebuah foto produk, apakah Sobat Shipper harus menyewa satu studio? Sepertinya, agak mengeluarkan banyak biaya ya. Bagaimana kalau Sobat Shipper membuat studio foto di rumah sendiri? Ya, Sobat Shipper hanya membutuhkan hp kamera terbaik dan juga sebuah studio mini untuk membuat foto produk yang kece.

Fungsi Studio Mini

Apakah studio foto itu penting untuk membuat foto produk yang berkualitas? Itu memang menjadi pendapat pribadi Sobat Shipper. Namun, memang disarankan menggunakan sebuah studio mini dalam pembuatan foto produk.

Fungsi studio mini sendiri adalah sama dengan sebuah studio besar. Intinya, membuat objek yang akan kita potret menjadi lebih bisa diatur pencahayaan dan latarnya, sehingga bisa menghasilkan sebuah gambar katalog yang berkualitas.

Lalu, ada berapa jenis studio sesuai kegunaanya. Jika Sobat Shipper membutuhkan sebuah foto produk, maka gunakan studio mini saja. Ukurannya bisa disesuaikan dengan besar produk yang akan sobat Shipper potret. Jika ukurannya sebesar manusia, seperti produk baju, maka lebih baik gunakan studio ukuran besar (satu ruangan).

Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu Sobat Shipper persiapkan sebelum membuat studio mini:

Alat

– Gunting Besar (untuk memotong karton berukuran tebal)

– Lem / double tip (pastikan yang daya eratnya kuat)

– Penggaris

– Pensil

Bahan

– 2 karton daluang ukuran 80×90 cm (jika tidak ada, gunakan karton tebal)

– Kertas manila polos (usahakan berwarna putih)

– Kertas Minyak warna putih

Setelah menyiapkan alat dan bahan, maka mari kita masuk ke tahap pembuatannya. Tak perlu khawatir, pembuatan studio mini ini sangat mudah dilakukan. Sobat Shipper hanya perlu mengikutinya dengan hati-hati supaya tidak salah langkah atau kena alat-alat tajam.

Tahapan Pembuatan

1. Lipat Karton daluang menjadi dua bagian. Usahakan rata hingga bisa membentuk sudut siku. Sobat Shipper yang kesusahan melipat bisa menggunakan bantuan penggaris untuk menekan bagian yang ingin dilipat.

2. Kemudian ukur dari ujung bagian kanan dan kiri yang sudah terlipat (bagian tengah karton) sebanyak 8cm. Gunting bagian tersebut.

3. Lipatlah sisi yang sudah tergunting tadi. Totalnya ada 4 lipatan di masing-masing sisinya. Pastikan lipatannya kuat dan tidak mudah Kembali lurus.

4. Setelah itu, buat karton menjadi bentuk siku-siku dengan melipat Kembali bagian tengah karton. Lem bagian irisan karton (8cm yang tadi sudah terpotong) dengan lem atau double tip. Usahakan untuk tertempel dengan erat sehingga tidak mudah lepas.

5. Lakukan hal yang sama untuk karton daluang lainnya.

6. Tahap selanjutnya adalah membuat dua karton tersebut menjadi satu kotak. Tempel sisi-sisi yang berisirsan, pastikan terhubung dengan erat.

7. Setelah menjadi satu kotak, maka lubangi salah satu sisi yang akan menjadi bagian depannya. Maka total akan ada 3 lubang (kanan, kiri dan bagian depan)

8. Setelah itu tempelkan kertas minyak di sisi kanan dan kiri kotak. Tujuan ditempelkanya kertas minyak ini untuk menyerap lightning dengan baik, sehingga foto yang dihasilkan tidak terlalu terang.

Cara Penggunaan Studio Mini

Sobat Shipper sudah selesai membuat sebuah studio mini? Masih bingung cara pakainya? Mudah saja. Pertama alat yang disiapkan adalah kertas latar belakang fotonya. Tadi sudah dikatakan dalam penjelasan bahan ada karton manila putih yang akan difungsikan untuk latar belakang foto. Dimana persisnya karton tersebut diletakan? Di bagian sebrang depan, atau di bagian yang tidak terpotong. Tembelkan saja pada bagian atasnya, tidak perlu membentuk kotak. Dengan begitu, foto akan terlihat lebih natural.

Setelah itu, pasang lightning di sisi kanan dan kiri kotak yang sudah dilapisi kertas minyak. Sobat Shipper bisa mengatur seberapa besar cahaya yang akan masuk. Lalu apa langkah selanjutnya? Sobat Shipper bisa meletakan produk yang akan dibuat katalog di dalam kotaknya. Atur posisi sedemikian rupa sehingga lebih indah. Selain itu, gunakan hp kamera terbaik kalian untuk membuat kulitasnya semakin baik.

Dengan adanya studio mini ini, Sobat Shipper tak perlu susah-susah mempelajari skill fotografi karena fotonya terbilang simple dan tak perlu skill khusus. Kenapa begitu? Karena secara otomatis, studio mini akan memberikan Sobat Shipper kemudahan dalam memotret karena hanya ada satu ruangan dan satu posisi saja yang bisa sobat shipper potret. Apalagi dengan pencahayaan yang sudah diatur, dan ruangan kecilnya yang meminimalisir kekosongan dalam foto terjadi. Membuat studio mini di rumah cukup mudah bukan? Sobat Shipper hanya perlu menyesuaikan ukuran kotak yang akan dibuat dengan produknya. Jika ukuran karton atau potongan yang diberikan ternyata kurang besar, maka sobat Shipper bisa gunakan ukuran karton yang lebih besar juga.

Produk sudah difoto. Selanjutnya ada masalah lain nih. Sudah menghemat budget dengan membuat studio foto di rumah sendiri, sekarang mari Sobat Shipper pikirkan untuk menghemat budget dalam hal lain. Pengiriman adalah salah satu hal yang penting dan krusial dalam sebuah bisnis. Tapi terkadang, pengiriman ini butuh biaya yang tidak sedikit. Shipper bisa membantu kalian untuk mendapatkan harga terbaik dengan kualitas pengiriman yang baik pula. Jangan khawatir, Shipper akan menjaga produk kalian supaya tetap aman. Jadi tunggu apa lagi, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.