Cara Beriklan di E-Commerce Tanpa Ribet

Uncategorized23 March 2022
cara-beriklan-di-e-commerce-tanpa-ribet

Setiap pemilik bisnis e-commerce bercita-cita untuk menjual di marketplace paling populer. Ini adalah hal yang sederhana di era yang serba digital ini. Namun, apakah itu cukup untuk menjual produk begitu saja? Mungkin dulu memang cukup. Namun, saat ini zaman sudah berubah. 

Pemasaran dan promosi barang di marketplace menjadi sama pentingnya dengan menjual produk. Tips jualan online laris tidak boleh Sobat Shipper abaikan. 

Itulah sebabnya mengapa fungsi iklan setiap marketplace adalah cara populer bagi penjual untuk beriklan dan menonjol dari persaingan di sektor e-commerce. Shopee, Lazada, Blibli, dan platform marketplace lainnya sangat menyadari fakta ini dan menyediakan fitur canggih untuk iklan e-commerce.

Kenapa Kamu Harus Pasang Iklan Marketplace?

Iklan e-commerce, bila dilakukan dengan benar, adalah metode hebat untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan. Jika dibandingkan dengan promosi lainnya, pengeluaran awal dalam pemasaran produk lebih sedikit. Sehingga, setiap penjual memiliki kesempatan yang sama. Selanjutnya, hasilnya cukup terlihat, memungkinkan penjual untuk menentukan budget pemasaran mereka yang berikutnya.

Selanjutnya, penjualan per kampanye membantu menentukan pendapatan atas investasi pemasaran tersebut. Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan iklan marketplace dengan kebutuhan pembeli membedakannya dari iklan lainnya.

Iklan produk bersponsor adalah jenis promosi online termurah, sehingga biaya iklan di marketplace tidak memberatkan. Yang harus dikonsentrasikan oleh penjual adalah menyusun strategi kampanye yang sukses dengan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang bermacam-macam produk, jaminan pemenuhan, kapasitas inventaris, dan pertimbangan operasional lainnya.

Apakah ada salahnya menghabiskan sedikit uang untuk membuat produk terlihat oleh pembeli? Setuju? Facebook dan platform media sosial lainnya bisa menjadi cara yang bagus untuk menghubungi pelanggan target di industri seperti fesyen. Namun, ada banyak industri di mana menggunakan marketplace secara langsung untuk menjangkau pelanggan target adalah pilihan yang ideal.

Berbagai statistik dan temuan studi menunjukkan bahwa orang-orang saat ini menghabiskan berjam-jam menjelajahi aplikasi dan situs web e-commerce. Jadi apa yang bisa lebih baik daripada muncul di layar mereka di tengah sesi window-shopping atau sesi pembelian berdasarkan kebutuhan dan memohon mereka untuk membeli?

Meremehkan nilai strategi iklan marketplace yang dijalankan dengan baik adalah kesalahan terbesar yang dapat Sobat Shipper lakukan. Ini bukan jenis rencana di mana kamu hanya hadir di marketplace dan berharap yang terbaik. 

Marketplace telah menjadi rute yang semakin penting untuk menemukan pelanggan dimanapun mereka berada, dengan sebagian besar konsumen berbelanja secara online tahun lalu.

Cara Beriklan di E-Commerce

Mari kita lihat bagaimana fitur ini dapat membantu Sobat Shipper menjadi yang terdepan dalam persaingan dengan membahas cara mengiklankan produk di marketplace.

1. Iklanku (Shopee)

Pembeli dapat menemukan produk Sobat Shipper di halaman hasil pencarian dengan Iklan Pencarian Produk. Iklan dapat ditampilkan di wilayah halaman hasil pencarian yang mudah terlihat oleh pembeli, seperti bagian atas halaman. Pembeli yang menggunakan kata pencarian terkait produk dalam iklanmu lebih cenderung untuk membeli. 

Sobat Shipper dapat menentukan modal dan biaya per klik untuk mengontrol pengeluaran. Kamu hanya akan dikenakan biaya berdasarkan jumlah klik iklan tersebut. Saat pembeli mengklik iklan, kamu baru akan dikenakan biaya. Biaya akan segera ditarik dari Saldo Iklan.

Sistem Shopee akan secara otomatis mengenali klik tidak sah untuk melindungimu dari biaya biaya yang tidak efektif. Misalnya, beberapa klik pada iklan yang sama dari pembeli yang sama, akan dianggap sebagai klik tidak valid.

Berikut adalah cara beriklan di marketplace Shopee;

  1. Login ke Seller Center Shopee
  2. Klik “Iklan Shopee” 
  3. Klik “+ Buat Iklan Baru”
  4. Pilih jenis “Iklan Pencarian”
  5. Pilih tipe “Promosi Produk”
  6. Tentukan modal dan periode
  7. Pilih produk untuk diiklankan
  8. Klik “Konfirmasi”
  9. Atur kata pencarian sesuai dengan produk

2. Bliklan (Blibli) 

Fitur ini memungkinkan Sobat Shipper untuk mengiklankan produk di beberapa area strategis di seluruh aplikasi dan situs web penjualan Blibli. Ini memiliki banyak manfaat karena memudahkan pembeli menemukan dan menjangkau barang yang kamu jual.

Berdasarkan riwayat pembelian atau kata pencarian produk, iklan e-commerce ini menggunakan Machine Learning untuk menentukan jenis produk yang diiklankan dan jenis pelanggan yang akan melihat iklan tersebut. Contohnya jika Sobat Shipper mempromosikan serum wajah. Hanya pembeli yang mencari atau membeli produk dengan kata kunci yang sejenis akan melihat iklan produk tersebut.

Sobat Shipper dapat dengan mudah mengelola promosi dan iklan online shop-mu dengan Bliklan. Berikut adalah cara menaikkan iklan di marketplace Blibli; 

  1. Buka Blibli Seller Center
  2. Klik “Promo”
  3. Pilih “Blikan”
  4. Tentukan budget harian 
  5. Pilih tipe dan target iklan
  6. Pilih produk yang akan ditawarkan
  7. Lakukan top-up saldo Bliklan

3. Solusi Bersponsor (Lazada)

Salah satu pilihan populer dari Solusi Bersponsor adalah Pencarian Bersponsor. Ini adalah kampanye iklan yang muncul di hasil pencarian produk pembeli yang mencari produk yang relevan atau mirip dengan produk yang diiklankan. 

Misalnya, jika Sobat Shipper memilih laptop sebagai SKU untuk Pencarian Bersponsor, maka iklan tersebut akan muncul saat pembeli memasukkan kata “laptop” di search bar. Produk Sobat Shipper akan muncul di atas pencarian produk sebagai iklan bersponsor jika produk tersebut relevan dan budget yang disediakan cukup tinggi.

Berikut adalah cara pasang iklan di e-commerce Lazada;

  1. Buka Seller Center Lazada
  2. Pilih “Solusi Bersponsor” 
  3. Top-up saldo iklan
  4. Klik tombol “+Campaign”
  5. Lengkapi informasi campaign, seperti objektif, budget dan periode 
  6. Pilih produk untuk diiklankan
  7. Klik “Konfirmasi”

Seiring dengan berkembangnya pasar dan persaingan di dalamnya, begitu pula kebutuhan iklan e-commerce untuk membuat bisnismu menonjol serta mengalahkan pesaingmu. Semua fitur iklan untuk marketplace yang disebutkan di atas untuk mempromosikan produk hanya segelintir, dan masih banyak strategi lain yang serupa untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. 

Jadi, biaya iklan di marketplace yang tinggi atau cara pasang iklan di e-commerce yang rumit sudah tidak menjadi masalah. Dengan bantuan teknologi canggih, Sobat Shipper dapat berjualan di marketplace dengan lebih mudah.

Nah, apakah Sobat Shipper masih bingung menerapkan omnichannel untuk bisnis e-commerce-mu? Gunakan Atoor untuk mempermudah usahamu. Atoor memungkinkan Sobat Shipper melakukan pengiriman yang cepat dan mudah, status pesanan yang transparan, dan pengembalian tanpa kerumitan dalam skala besar. Platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee, bekerja sama dengan Atoor untuk menjembatani kesenjangan digital dan fisik. Dengan sistem manajemen pesanan, Atoor terintegrasi ke dalam solusi omnichannel untuk mengembangkan bisnis e-commerce Sobat Shipper. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana bekerja sama dapat membantumu berkembang dan sukses, hubungi Atoor sekarang untuk mendapatkan informasi dengan lebih detail.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.