5 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atur Budget Bisnis Online

Uncategorized23 June 2021
cara-atur-budget-bisnis-online

Menyiapkan anggaran atau budget bukan sekadar membantumu mempelajari manajemen keuangan yang baik. Langkah ini pula yang akan menguatkan kondisi finansial supaya kamu bisa segera bangkit saat menghadapi masalah. 

Apa dalam waktu terdekat kamu bakal memulai bisnis online? Meski modal yang digunakan tak terlalu besar, cara mengelola budget ini tetap harus dilakukan sebaik mungkin. Sebagai panduan, kamu dapat ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan rekening khusus bisnis

Media pembayaran yang paling umum dipakai dalam bisnis online adalah rekening bank. Makanya dari awal kamu harus menyiapkan rekening khusus untuk kepentingan tersebut. Dengan rekening tersebut, cash flow atau arus kas yang diatur dari budget dapat dipantau secara terpisah dari biaya pribadi. Kamu pun bakal lebih gampang membuat laporan keuangan.

Usahakan membuat rekening di bank-bank lokal yang digunakan banyak konsumen maupun supplier. Tujuannya tentu saja memudahkan mereka dalam bertransaksi.

2. Hitung biaya tetap dan biaya variabel

Budget bisnis untuk biaya tetap sudah biasa dikeluarkan para pebisnis per bulannya. Hal-hal yang termasuk ke dalam biaya ini adalah sewa domain dan hosting, gaji karyawan, biaya internet, biaya listrik, dan lain sebagainya. Menghitungnya sejak awal bakal membantumu menyisihkan anggaran yang tepat dan mencegah penumpukan.

Sementara biaya variabel dalam budget berkaitan dengan produk yang dijual. Contohnya seperti biaya yang dibayar untuk mengambil stok barang kalau seandainya kamu bekerja sebagai reseller.

Baca juga: 4 Cara Cermat Entrepreneurship dalam Mengatur Keuangan Bisnis

3. Catat laporan keuangan secara berkala

Mencatat laporan keuangan adalah hal yang mutlak dilakukan oleh pemilik usaha mana pun, tak terkecuali kamu yang punya bisnis online. Dalam hal ini, kamu bakal mendapatkan manfaat menghitung budget berupa kronologis selama menjalankan bisnis. Misalnya saja peningkatan dan penurunan penjualan, ketersediaan barang, dan tentunya profit yang diperoleh.

Laporan keuangan yang rapi dan terstruktur juga bisa dijadikan bukti yang bakal membantu kamu menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan hukum.

4. Bangun dan miliki sistem akuntansi memadai

Sudah melakukan langkah-langkah di atas untuk menghitung budget, tetapi kamu masih merasa sulit buat mengaplikasikannya? Untuk melancarkannya, kamu bisa gunakan aplikasi, platform online, atau software khusus akuntansi. Tujuannya adalah membangun sistem akuntansi memadai yang lebih praktis tanpa mengurangi tingkat akurasinya.

Ada banyak program akuntansi yang bisa kamu pilih untuk menghitung budget bisnis. Gunakan yang menurutmu mudah dioperasikan dan sesuai kebutuhan.

5. Upayakan menginvestasikan profit bisnis

Selain mempertimbangkan profit, kamu juga harus mengupayakan investasi kalau dirasa sudah memungkinkan. Tujuannya adalah memutar profit yang diperoleh sekaligus menyiapkan dana darurat yang sewaktu-waktu bisa dipakai untuk mengatasi masalah keuangan. Langkah ini juga bakal jadi bukti kalau bisnismu sudah selangkah lebih maju dari kompetitor.

Sebelum memulai investasi, hitung kembali budget yang tersedia dan sesuaikan dengan rencana yang sudah kamu buat.

Ketika menghitung anggaran, pastikan juga kamu menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk pengiriman barang. Dalam hal ini, Shipper siap membantu meringankan budget tersebut dengan tarif terjangkau ke seluruh Indonesia maupun luar negeri.

Bukan hanya itu, Shipper siap menampung barang-barang yang akan kamu kirim ke konsumen dengan menyimpannya di warehouse mereka. Terdengar lebih efektif dan efisien, bukan? Kalau tak mau repot mengurus bisnis online sejak awal, kamu bisa ajak Shipper buat jadi partner. Cek informasi lengkapnya di https://shipper.id dan https://shipper.id/warehouse supaya tak lagi penasaran.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Jika Ingin Memulai Bisnis Online

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.