Perhatikan 5 Cara Ini Agar Sloganmu Mudah Diingat!

Uncategorized17 August 2021
cara-agar-slogan-mudah-diingat

Daftar Isi:
1. Apa Itu Branding
2. Unsur-unsur Branding
2.1 Cara Membuat Logo 
2.2 Kesalahan dalam Membuat Logo
2.3 Aplikasi Pembuat Logo Gratis
2.4 Contoh-contoh Logo yang Baik
2.5 Cara Membuat Nama Brand
2.6 Cara Menentukan Warna Brand
2.7 Cara Agar Slogan Mudah Diingat
2.8 Tips Membuat Desain Kemasan Murah
2.9 Instagram Sebagai Media Branding Efektif
3. Strategi Branding
4. Kesalahan dalam Branding Produk

Sobat Shipper, apa slogan produk yang paling kamu ingat? Sadar atau tidak, tagline adalah bagian dari konsep branding. Melalui sebuah slogan yang menarik, maka pelanggan akan lebih mudah mengingat suatu produk. Beberapa tagline produk terkenal bisa mengingatkan kita pada sebuah produk secara langsung tanpa keterangan brand

Tagline punya peran yang begitu kuat dalam dunia branding. Contohnya, ketika mendengar kalimat “I’m lovin it” maka kita akan otomatis mengingat brand McDonald’s. Ini adalah contoh tagline menarik dan efektif sehingga bisa melekat kuat dalam ingatan pelanggan. Tagline yang sukses membantu meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Masih banyak slogan brand atau tagline produk yang unik dan khas.  

Sobat Shipper, sudah tahu bahwa tagline dalam dunia branding dan promosi sangat penting. Maka dari itu, Sobat Shipper sebaiknya membuat slogan yang unik untuk brand kamu. Bagaimana cara membuat tagline yang keren dan efektif? Yuk simak, cara membuat slogan yang mudah diingat berikut ini!

1. Kalimat Singkat yang Menarik

Penyusunan kalimat sangat penting dalam cara membuat tagline. Slogan yang mudah diingat oleh pelanggan disusun dari kalimat singkat dan sederhana. Di sinilah seninya membuat slogan, bagaimana cara membuat kalimat singkat namun bermakna dan mudah diingat. 

Daripada penggunaan kata-kata indah, slogan lebih mengutamakan pilihan kata yang bisa memancing emosi konsumen. Bentuk kalimat bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang jelas jawabannya. Contoh tagline yang berupa pertanyaan unik adalah Tango, “Berapa lapis? Ratusan!” Pertanyaan singkat dengan jawaban mengarah para produk tanpa selalu menyebutkan brand.

Salah satu cara membuat slogan yang singkat bisa menarik ketika dibaca dan didengar yaitu dengan membuat kalimat berima. Contohnya seperti tagline pada brand lampu Philips “Terus terang, Philips terang terus.” Melalui slogan ini Philips ingin selalu mengingatkan pelanggan tentang kualitas lampunya yang tahan lama dengan cara yang kreatif. 

2. Tonjolkan Keunggulan Produk 

Cara membuat tagline selanjutnya adalah menonjolkan keunggulan atau manfaat produk. Cara ini bertujuan selalu mengingatkan pelanggan untuk memilih produk kamu dibanding produk kompetitor sejenis. Membuat keunggulan dan manfaat produk melekat di pikiran pelanggan melalui tagline, secara tidak langsung mempengaruhi pilihan konsumen.

Kenali target pasar kamu untuk mengetahui apa solusi atau manfaat yang mereka butuhan dari produk kamu. Dengan begitu, Sobat Shipper bisa lebih mudah menyusun slogan yang menarik dan pas dengan kebutuhan konsumen. 

Contoh tagline menarik yang menonjolkan manfaat produk adalah Yakult, “Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari.” Ada pesan dalam slogan ini bahwa Yakult sangat bermanfaat bagi kesehatan usus dan aman dikonsumsi setiap hari.  

3. Sesuai dengan Image Brand dan Kualitas Produk

Slogan yang baik harus jujur, apa adanya, serta tidak berlebihan. Tagline harus sesuai dengan image brand dan kualitas produk. Jangan sampai pesan dari tagline justru tidak bisa dirasakan pelanggan dalam kualitas produknya. Tagline yang baik bisa menjadi motivasi juga bagi brand untuk menjaga kualitas produk berdasarkan slogan yang dibuat.  

Beberapa pilihan kata sebaiknya dihindari agar slogan tidak terkesan berlebihan. Kata-kata tersebut di antaranya “paling ampuh”, “nomor 1 di dunia”, “terbaik di dunia” dan sebagainya. Mengklaim sebuah brand menjadi nomor 1 atau terbaik harus melalui sertifikasi valid. Jika tidak, pelanggan bisa kecewa karena ternyata kualitasnya standar atau ada produk yang lebih baik.    

4. Memberikan Kesan dan Pesan Positif

Pilihan kalimat dalam membuat tagline bisa bersifat imperative, superlative, deskriptif, spesifik dan provokatif. Apa pun jenis kalimat yang dipilih untuk slogan harus bisa membawa kesan dan pesan positif. Tagline adalah bagian dari identitas brand. Maka dari itu, harus berkesan baik dan positif bagi pelanggan. 

Berikut adalah contoh tagline menarik berdasarkan jenisnya:

  • Tagline imperative yaitu memberi ajakan untuk melakukan suatu hal. Contoh tagline imperative adalah Nike, “Just do it!”
  • Tagline superlavite yaitu menonjolkan keunggulan atau kekuatan brand dengan percaya diri. Contoh tagline superlative adalah Yamaha, “Semakin di depan”.
  • Tagline deskriptif yaitu memberikan penjelasan singkat produk dengan cara menarik. Contohnya pada tagline KFC, “It’s Finger Lickin’ Good”.
  • Tagline spesifik yaitu menunjukan suatu keunggulan produk secara jelas. Contohnya pada tagline Relaxa “Permen wangi, ya Relaxa”.
  • Tagline provokatif yaitu berisi ajakan atau tantangan kepada pelanggan. Contohnya pada tagline Tolak Angin, “Orang pintar minum tolak angin”. 

5. Pelajari Tagline Brand Terkenal yang Sudah Ada

Hal yang tak kalah penting dalam membuat slogan adalah melakukan riset dari tagline yang sudah ada. Sobat Shipper melakukan riset berguna untuk memberikan inspirasi. Selain itu, riset juga bisa mencegah adanya tagline yang sama atau mirip. Jangan sampai tagline kamu mirip atau sama dengan yang sudah ada, ya.  

Banyak contoh tagline dari brand terkenal yang bisa menjadi referensi Sobat Shipper dalam membuat slogan brand-mu. Pelajari dari tagline yang sudah ada, apa yang membuatnya unik dan kuat, apa yang membuat tagline tersebut disukai pelanggan dan sebagainya.

Contoh tagline Nike “Just do it!” yang memberikan motivasi pada pelanggannya. Sifatnya netral bisa ditrapkan dalam berbagai keadaan. Meski tidak menyebutkan nama brand dan keunggulan produk, namun tagline tersebut sukses diingat pelanggan karena unik dan menginspirasi.

Contoh selanjutnya, tagline dari Apple “Think different!”. Contoh tagline yang sangat singkat namun penuh makna. Makna slogan Apple tidak hanya memberi pesan positif untuk pelanggan tapi juga menjadi motivasi untuk perusahaan. Apple selalu berinovasi menghasilkan produk yang tidak biasa dan membawa manfaat besar pada dunia sesuai dengan slogannya.  

Proses membuat tagline mungkin tidak mudah dan perlu proses panjang. Maka dari itu, Sobat Shipper perlu banyak referensi untuk memunculkan ide. Jangan ragu meminta masukkan dari orang-orang yang kamu percaya. Slogan penting bagi setiap perusahaan, baik untuk brand besar maupun bisnis yang baru dibangun. Tagline produk yang efektif menjadi salah satu modal sukses memasuki pasar bisnis. 

Sambil memikirkan tagline produk yang cocok, jangan lupakan hal penting lain dalam mengembangkan bisnis. Sobat Shipper, sebagian besar produk dipasarkan secara online untuk meningkatkan penjualan. Jika Sobat Shipper juga berniat memulai usaha penjualan online, temukan partner jasa pengiriman terbaik! 

Bekerjasamalah dengan Shipper, kamu akan mendapatkan layanan pengiriman barang aman dan nyaman. Merupakan aggregator logistik di Indonesia. Shipper bisa memberikan pilihan layanan jasa pengiriman terbaik untuk bisnis online shop kamu atau pengiriman barang apa saja. Kamu bisa dengan mudah mengirim barang ke seluruh Indonesia atau luar negeri. Masih banyak keunggulan Shipper lainnya. Cari tahu keunggulan dan layanan Shipper dengan klik link https://shipper.id/ sekarang! 

Baca juga : Ingin Branding Sukses? Ini Unsur-Unsur Branding yang Perlu Kamu Tahu!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.