Bisa Membantumu Merancang Bisnis, Apa Saja Keunggulan Business Model Canvas?

Uncategorized02 July 2021
business-canvas-model-indonesia

Punya banyak ide buat memulai bisnis, tetapi sering lupa karena tak punya wadah buat mencatatnya? Untuk memudahkan visualisasi, kamu bisa pakai business model canvas atau BMC, sebuah alat yang bakal membantumu merancang roadmap bisnis. Adalah Alexander Osterwalder yang kali pertama mengembangkan BMC sebelum kemudian digunakan untuk macam-macam bisnis.

Bagaimana memakai BMC untuk bisnis?

Business model canvas adalah representasi visual model bisnis yang berbentuk lembaran kertas. Terdapat detail penjelasan strategi yang dibutuhkan dalam BMC yang bakal membantumu mencapai kesuksesan di pasar.

Setelah menuangkan gagasan bisnis dalam lembar business model canvas, kamu bakal lebih mudah mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijual hingga menguji strategi pemasaran yang dilancarkan. Memahami ide bisnis lewat BMC pun bakal mematangkan konsepnya supaya memenuhi ekspektasi konsumen secara akurat.

Ketika dibentangkan, bagian kanan BMC disediakan untuk menempatkan kondisi eksternal bisnis yang mencakup konsumen. Sementara bagian kirinya fokus terhadap situasi internal yang berhubungan dengan bisnis dan produkmu. Kemudian, kedua aspek business model canvas tadi akan dipertemukan di bagian value proposition yang akan menyeimbangkan antara tuntutan dengan ekspektasi.

Apa saja keunggulan BMC terhadap bisnis?

Memahami cara kerja BMC bukan cuma membantumu mencatat gagasan bisnis secara visual. Masih ada sejumlah keunggulan dari pemakaian business model canvas lain, di antaranya:

1. Menyampaikan aspek terpenting

Seperti yang disebutkan, BMC bakal menunjukkan gambaran lengkap seputar bisnis yang akan atau sedang kamu jalankan, termasuk kelebihan dan kekurangan. Dengan mengetahui kekurangan, kamu bisa menyusun antisipasi untuk menemukan solusi yang tepat. Sementara kelebihan dapat digunakan untuk mengundang calon konsumen buat melirik bisnismu.

Baca juga: Bisnis Lebih Untung dengan Jasa Gudang Jakarta

2. Menjadi dasar pemikiran untuk bisnis

Keunggulan business model canvas selanjutnya adalah menghadirkan dasar pemikiran untuk bisnis. Dengan memegang fondasi kuat, kamu berpeluang mendapatkan strategi pemasaran yang bakal mendongkrak penjualan hingga menjajal model bisnis alternatif yang menjanjikan. Beberapa pebisnis bahkan menemukan kombinasi ide setelah mengaplikasikan BMC, lho!

3. Memperoleh rencana yang sistematis

Mengandalkan business model canvas adalah langkah yang tepat untuk menyusun rencana secara sistematis. Benefitnya bakal semakin terasa kalau kamu mendiskusikannya bersama pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis tersebut. Dengan kata lain, BMC bakal memberikan berbagai perspektif baru yang belum pernah kamu pikirkan.

4. Mengedepankan kemandirian pebisnis

Dengan peran business model canvas sebagai wadah gagasan bisnis, kamu secara tak langsung dibimbing buat mengelolanya secara mandiri. Dalam skala lebih besar, perusahaan menggunakan BMC sebelum mereka menciptakan produk atau proyek baru. Kemandirian tersebut dibutuhkan untuk mengurangi risiko konflik berkat tersedianya detail berbisnis.

5. Memperoleh gambaran yang sistematis

Hadirnya template BMC yang semakin beragam memudahkanmu menyesuaikannya dengan gagasan bisnis yang dimiliki. Kalau memilih business model canvas yang tepat, kamu bakal memegang sebuah gambaran sistematis terkait bisnis yang dikelola. Kesalahan pun dapat ditekan semaksimal mungkin, sementara risiko tak terhindarkan dapat diantisipasi sejak dini.

Begitu mendapatkan rancangan kuat dari business model canvas, kamu dapat teruskan dengan mencari partner bisnis yang mendukung. Kalau bisnismu melibatkan jasa antar kirim barang, misalnya, ada Shipper yang siap memenuhi kebutuhan layanan tersebut. Pasalnya, Shipper sudah berpengalaman dalam menangani shipping ke berbagai tempat di Indonesia hingga berani menawarkan tarif kompetitif. Silakan cek https://shipper.id untuk mengulik informasi lebih lengkap sehubungan layanan pengiriman barang yang kamu butuhkan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Franchise Bagi Pemula

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.