Tanaman Hias: Bukan Sekadar Dekorasi Rumah Tapi Peluang Usaha

Uncategorized07 November 2021
bisnis-tanaman-hias

Sobat Shipper pasti sering mendengar istilah tanaman hias. Tapi, apa saja sih flora yang dikategorikan sebagai tanaman hias? Tanaman hias mencakup semua tumbuhan yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga, baik itu berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon. Jadi bunga yang sudah dipotong pun dapat disebut tanaman hias.

Peluang usaha tanaman hias tergolong besar di Indonesia. Potensi pasarnya mencapai 3.000 triliun rupiah, mengalahkan kopi dan teh. Namun, ceruk pasar dunia yang berhasil diperoleh baru mencapai 0,01%. Tanaman hias banyak menarik minat karena merawatnya mengalihkan perhatian dan memberikan kesenangan. Selain itu tanaman hias menjadi opsi untuk mempercantik rumah. Berikut jenis tanaman hias yang bisa Sobat Shipper budidayakan dan jual.

1. Kuping Gajah

Jenis tanaman hias yang selalu diminati dan tak pernah lekang oleh waktu adalah Kuping Gajah. Daunnya berbentuk lebar seperti namanya. Namun untuk mendapatkan daun yang lebar, Sobat Shipper harus tega mencabut anak daun yang baru tumbuh agar semua nutrisi diserap oleh daun yang lebih tua dan daun tersebut bisa terus bertambah lebar. Selain itu, tanaman ini tidak perlu perawatan khusus yang menyita waktu. Tanaman ini cukup diburu kolektor dan harganya bisa mencapai puluhan juta.

2. Anggrek Hitam Papua

Anggrek ini adalah salah satu tanaman hias langka karena sudah terancam punah. Habitatnya di pedalaman hutan dan sulit dibudidayakan di rumah. Anggrek ini tampak mencolok dibandingkan anggrek lainnya berkat warna hitam legam dan putik merah cerah di tengah. Harganya bisa dibanderol hingga Rp100 juta.

3. Bonsai

Sama seperti Kuping Gajah, Bonsai adalah salah satu tanaman hias yang tak ada matinya di pasaran. Harganya juga relatif stabil, mulai dari 2 hingga 4 juta. Namun untuk bonsai tertentu seperti bonsai kimeng bisa mencapai 500 juta rupiah karena bentuknya yang indah dan daya hidupnya yang lama.

4. Monstera

Tanaman ini bentuknya mirip dengan kuping gajah karena daunnya yang lebar-lebar. Namun uniknya, daun ini memiliki lubang-lubang. Selain itu beberapa bagian daun dan batangnya bisa berubah warna. Hal ini dipicu oleh perubahan faktor genetik dan lingkungan seperti mutasi gen akibat serangan hama dan penyakit atau kekurangan air dan unsur hara tertentu. Harga tanaman ini bisa menyentuh ratusan juta rupiah.

Bila Sobat Shipper berniat membuka usaha tanaman hias, maka bisa dijual di Pasar Tanaman Hias Green House Minaqu Indonesia yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Minaqu adalah pengelola pasar tanaman hias terbesar di Asia Tenggara. Minaqu juga telah meluncurkan program kemitraan Petani Tanaman Hias CV Minaqu Indonesia bersama Bank Jabar Banten (BJB). Sobat Shipper bisa mempercayakan semua pengiriman tanaman hias ke Minaqu atau langsung ke calon pembeli kepada Shipper! Tidak perlu khawatir tanaman hias Sobat Shipper rusak di jalan karena Shipper menyediakan jasa logistik yang dapat menjaga kecantikannya. Yuk kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : Ketahui Cara Kirim Tanaman Agar Aman Via Ekspedisi

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.