7 Hal yang Harus Disiapkan untuk Memulai Bisnis Showroom Motor

Uncategorized19 October 2021
bisnis-showroom-motor

Sebagai kendaraan transportasi, motor memang memiliki keunggulan yang membuatnya diminati banyak orang. Selain memudahkan berkendara di tengah kemacetan, motor juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan. Tidak mengherankan jika bisnis showroom motor memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

Kabar gembiranya, perusahaan sepeda motor umumnya memberikan kesempatan, kepada masyarakat yang tertarik untuk membuka bisnis showroom motor. Tentunya, ada langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum bisa mulai membuka showroom impian. Jika Sobat Shipper ingin mencoba, mari kita simak secara lengkap apa saja yang perlu dipersiapkan.

Sebelum mulai menjalankan bisnis showroom motor, Sobat Shipper putuskan terlebih dahulu merk motor yang ingin dijual. Tentunya Sobat Shipper harus mampu membaca potensi pasar dan selera masyarakat saat ini.

Setelah memutuskan, sekarang saatnya Sobat Shipper mulai menjalankan tahapan cara membuka usaha showroom motor.

1. Cari Informasi Mengenai Main Dealer

Untuk dapat membuka bisnis showroom motor, Sobat Shipper harus mengetahui terlebih dahulu, dimana main dealer (dealer utama) dari merek motor tersebut. Maka ke tempat itulah nanti kamu akan mengirmkan proposal pengajuan untuk dapat membuka bisnis showroom motor.

2. Siapkan Proposal Pengajuan

Sahabat Shipper harus terlebih dahulu menyiapkan proposal pengajuan lengkap dengan surat permohonan untuk membuka dealer. Pada surat permohonan jangan lupa cantumkan informasi penting yang meliputi nama lengkap, alamat domisili dan pekerjaan saat ini, serta alamat lengkap tempat dealer akan dibuka dan luas bangunan yang akan digunakan untuk showroom.

3. Foto Bangungan untuk Showroom

Pada saat mengirimkan proposal permohonan, Sobat Shipper sebaiknya menyertakan foto bangunan yang akan digunakan sebagai dealer. Maka dari itu, sebelum membuat proposal tentunya Sobat Shipper sudah memiliki bangunan yang ideal untuk dijadikan dealer. Hal ini dapat menjadi penilaian tambahan untuk memperkuat peluang kamu membuka bisnis dealer motor.

4. Pastikan Lokasi telah Memenuhi Standar

Setiap perusahaan akan memiliki persyaratan sendiri mengenai lokasi dealer sepeda motornya. Sebaiknya pastikan Sobat Shipper telah mengetahui informasi lengkap mengenai persyaratan lokasi, serta pastikan bahwa lokasi yang diajukan telah memenuhi persyaratan.

Jika kamu ingin membuka bisnis showroom motor Honda, maka pastikan tidak ada dealer lain untuk motor yang sama dalam radius 10 KM. Dealer Honda juga akan membutuhkan bangunan dengan luas setidaknya 8m X 10m. Untuk membuka dealer motor merek lain, mungkin akan terdapat persyaratan berbeda yang harus dipenuhi.

5. Denah Lokasi Bangunan

Denah lokasi bangunan dapat membantu pihak Main Dealer untuk memutuskan apakah permohonan Sobat Shipper bisa dipenuhi atau tidak. Denah lokasi dapat menunjukkan potensi pasar yang terdapat di tempat tersebut.

Lokasi bangunan yang terletak di tempat strategis seperti area perkantoran, pertokoan, pasar, atau pusat kota, akan lebih mudah mendapatkan persetujuan. Bandingkan jika Sobat Shipper bermaksud membuka bisnis showroom motor di gang sempit yang akses jalannya sulit. Tentu ini akan menurunkan kemungkinan proposal kamu diterima.

6. Lay out bangunan

Lay out bangunan adalah gambar yang menunjukkan bagian-bagian bangunan, mulai dari pintu hingga ruangan-ruangannya. Sobat Shipper bisa menggambar dengan rapi walaupun tidak detail. Sertakan juga ukuran-ukuran setiap ruangan, agar pengambil keputusan bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bangunan.

7. Fotokopi KTP dan KK

Selain proposal pengajuan dan dokumen mengenai bangunan di atas, terakhir jangan lupa sertakan fotokopi KTP dan KK. Pastikan semua informasi yang terdapat di sana dapat dibaca dengan jelas.

Jika semua sudah disiapkan, masukkan proposal dan perlengkapan lainnya ke dalam amplop tertutup yang rapi. Sobat Shipper dapat mengirimkannya melalui pos atau datang langsung ke lokasi Main Dealer. Sebaiknya siapkan tanda terima surat sebagai bukti proposal telah diterima. Jangan lupa bertanya kira-kira berapa lama Sobat Shipper akan menerima keputusannya.

Itulah langkah-langkah untuk membuka bisnis showroom motor. Setelah proposal dikirimkan, Sobat Shipper cukup menunggu kabar selanjutnya mengenai penerimaan atau penolakan proposal tersebut. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.