4 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Percetakan Digital

Uncategorized26 October 2021
bisnis-percetakan-digital

Bisnis percetakan digital atau digital printing adalah bisnis pencetakan gambar berbasis digital langsung ke permukaan berbagai media tanpa perlu menggunakan pelat cetak. File digital seperti pdf, jpg, atau lainnya dapat dikirim langsung ke mesin cetak digital untuk dicetak di atas permukaan media kertas, kain, keramik, sintetis, dan lainnya.

Bisnis percetakan digital juga dapat membantu menunjang bisnis lain. Ada banyak sekali alat promosi yang dapat dibuat dengan percetakan digital. Terlebih lagi, produk digital printing juga semakin kreatif dan variatif. Itulah alasan usaha digital printing memiliki peluang tinggi untuk terus berkembang.

Kelebihan Bisnis Percetakan Digital

Usaha digital printing rumahan memiliki beragam keunggulan, termasuk diantaranya:

– Target pemasaran yang luas. Anda bisa memasarkan pada individu yang ingin membuat produk custom, kepada perusahaan yang memerlukan media promosi, atau pada produsen yang ingin berjualan berbagai produk digital printing.

– Tidak harus memerlukan lokasi khusus. Sahabat Shipper tidak memerlukan lokasi khusus untuk memulai bisnis percetakan digital. Bisnis ini bisa dijalankan sebagai usaha digital printing rumahan, bertempat di kios di pinggir jalan, di kios mal, atau di sebuah ruko yang luas.

– Produk kreatif dan inovatif. Produk-produk bisnis digital printing sangat up to date dengan berbagai inovasi yang membuat konsumen selalu setia. Contohnya, mug bunglon yang dapat berubah warna saat terkena air panas, kaos dengan tinta glow in the dark, atau tiket masuk konser berupa gelang.

– Peralatan bisnis percetakan digital mudah didapat. Ada banyak supplier yang menjual peralatan digital printing. Baik untuk mencetak brosur, spanduk, stiker, kaos, mug, pin, atau produk digital printing lainnya. Bahkan, ada juga yang menawarkan paket peralatan usaha digital printing yang sudah termasuk bahan baku percetakan.

Tips mensukseksan bisnis percetakan digital

Jika Sobat Shippers akan atau sedang menjalani bisnis percetakan digital, berikut ini beberapa tips untuk mensukseksan usaha tersebut.

1. Produk yang Inovatif

Digital printing merupakan dunia usaha yang sangat bertumpu pada kreativitas. Maka untuk mensukseskan bisnis percetakan, Sobat Shipper harus berpikir kreatif dan inovatif. Kembangkan produk-produk baru yang dapat menarik minat. Berikan beragam pilihan variasi produk, media, bahan baku serta template desain yang dapat dipilih konsumen sesuai selera.

2. Layanan Pelanggan Terbaik

Tidak semua pelanggan tahu benar apa yang mereka inginkan. Sebagian mungkin harus dibantu memilihkan bahan baku sementara sebagian dibantu mengedit desain. Tidak sedikit juga pelanggan yang mungkin harus dibantu dari nol. Mulai dari membuat desain, hingga memilih bahan yang akan digunakan.

Apapun layanan yang dibutuhkan pelanggan, selalu berikan yang terbaik. Pandu mereka melalui berbagai tahapan untuk memperoleh produk impian. Dengan menjaga kepuasan pelanggan, tinggal menunggu waktu hingga bisnis percetakan digital Sahabat Shipper semakin dikenal.

3. Lakukan Peningkatan (Upgrade)

Peralatan dan perlengkapan digital printing selalu mengalami perkembangan. Agar tidak tertinggal oleh saingan, Sobat Shipper perlu meng-upgrade secara berkala. Peralatan terbaru dapat mencetak lebih cepat, serta menghasilkan gambar lebih tajam. Demikian juga di tingkat layanan, jika pelanggan sudah berkembang, tidak ada salahnya menambah karyawan agar pelayanan lebih cepat dan tanggap.

4. Memaksimalkan Pemasaran

Jangan hanya menunggu pelanggan mendatangi tempat usaha digital printing Anda. Pemasaran yang baik tidak kalah penting dari produk yang bagus.

Pasarkan juga bisnis percetakan Sobat Shipper secara online. Buatlah website resmi yang menginformasikan profil serta portfolio perusahaan.

Jasa percetakan digital juga bisa ditawarkan melalui marketplace online, serta membuat iklan online dan akun media sosial. Terlebih lagi, di era digital seperti saat ini peluang untuk dapat memasarkan bisnis percetakan hingga keluar negeri sangat terbuka lebar. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id

Baca Juga : Simak! 5 Tips Mengembangkan Bisnis di Bidang Jasa

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.

Latest Article