Lakukan 5 Cara Berikut buat Meningkatkan Penjualan Kafe dan Restoran Selama PPKM

Uncategorized20 August 2021
bisnis-penjualan-ppkm

Pemberlakuan PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 membuat sejumlah pelaku usaha yang baru buka terpaksa mengubah rencana untuk penjualan mereka. Pengelola kafe dan restoran termasuk kelompok yang cukup dibuat pusing, sebab mereka lagi-lagi tak bisa menerima layanan dine-in.

Namun, kamu yang punya usaha ini masih bisa berjualan selama mengaplikasikan strategi penjualan yang tepat. Seperti apa caranya? Cek rangkaian tip berikut ini!

1. Tawarkan gratis ongkir untuk delivery

Layanan pesan antar atau delivery menjadi andalan sebagian besar konsumen untuk beli makanan maupun minuman. Kendari begitu, tak jarang mereka membatalkannya karena ongkos kirim yang lebih mahal dari harga pesanan. 

Supaya penjualan tetap stabil, kamu bisa atasi dengan menawarkan promo ongkos kirim untuk pembelian tertentu. Dengan begitu, konsumen tetap bisa membeli makanan dan minuman favoritnya tanpa memusingkan biaya ongkir yang selangit.

2. Optimalkan promosi lewat email marketing

Media sosial memang sangat membantu dalam penjualan di masa pandemi. Akan tetapi, efektivitas email marketing dalam menghasilkan konversi penjualan tak bisa kamu abaikan. Studi dari Marketing Sherpa membuktikan sekitar 72% promosi lewat email punya dampak lebih baik ketimbang media sosial.

Adapun laporan yang diterbitkan The American Genius mengungkapkan 4,24% konsumen yang dapat promo lewat email cenderung melakukan optimal. Jadi, belum terlambat buatmu mengoptimalkan email marketing untuk mendongkrak penjualan.

Baca juga: 6 Jenis Entrepreneur di Indonesia yang Bisa Kamu Geluti!

3. Kolaborasi dengan produk atau usaha lain

Kolaborasi tak dipungkiri bakal mengundang target pasar yang lebih banyak. Dengan catatan, produk atau usaha yang kami ajak masih satu niche dengan konsep kafe atau restoran. Misalnya kalau kamu punya kedai kopi, jalin kerja sama penjualan bersama pengusaha kue atau roti.

Bentuk kolaborasi bukan hanya berbentuk jualan produk. Menggelar webinar atau menjadi sponsor membantu kafe atau restoran yang kamu kelola mendapatkan pelanggan baru. Apalagi kalau kamu bisa kerja sama dengan pihak yang sudah punya nama besar.

4. Berbagi tip hingga membuka online cooking class

Langkah selanjutnya yang bisa menggenjot penjualan di kafe dan restoran adalah berbagi tip seputar usaha. Kamu bisa melakukannya dengan menerbitkan artikel secara berkala di blog. Caption yang kamu tulis di Instagram juga bisa dijadikan tempat buat menanyakan konten informatif.

Jika memungkinkan, baik dari segi finansial maupun perlengkapan, buka online cooking class. Seperti yang kamu ketahui, kelas virtual sedang sangat diminati sepanjang pandemi. Bukan tidak mungkin cara meningkatkan penjualan ini bakal membuat usahamu semakin berkembang.

5. Ceritakan semangat kerja tim kafe atau restoran

Mendengarkan kisah-kisah inspiratif dapat membuat banyak orang kembali semangat buat beraktivitas. Kamu dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan menceritakan bagaimana tim kafe atau restoran bekerja walau situasi sedang tak menentu.

Sebuah studi yang dilakukan Universitas California dan Harvard Medical School mengungkapkan bila kebahagiaan bersifat menular dan kolektif. Memberikan konten positif seperti ini secara tidak langsung bakal membantu penjualan kembali meningkat.

Satu lagi, kamu harus memperhatikan ketersediaan bahan baku buat menjaga kualitas produk. Caranya adalah dengan menyimpan stok di gudang memadai seperti yang disediakan Shipper. Dengan begitu, kamu bisa menata bahan baku sesuai standar dan menyediakannya buat konsumen. Lokasi gudangnya yang strategis pun memudahkanmu buat kontrol stok barang.

Ingin memeriksa lokasi gudang dan layanan dari Shipper? Buka saja https://shipper.id/warehouse untuk menemukan gudang yang dekat dengan cafe atau restoranmu!

Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Wirausaha di Masa New Normal, Apa Saja?

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.