Bisnis Digital? Berinovasi di Dunia Virtual

Uncategorized28 September 2021
bisnis-digital-berinovasi-di-dunia-virtual

Di zaman serba online ini, Sobat Shipper pasti tahu kalau banyak perusahaan menginvestasikan waktu dan modal mereka untuk transformasi digital. Tetapi mengapa kebutuhan untuk mendigitalkan begitu luas? Jawaban singkatnya: bisnis digital bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Dengan mengadopsi konsep bisnis digital, sebuah perusahaan dapat membantu meningkatkan kapabilitas, pengalaman pelanggan, dan produktivitas bisnis. Dalam artikel ini, Sobat Shipper akan melihat secara mendetail kenapa bisnis digital itu penting dan apa artinya menjalankan bisnis digital yang sukses. 

Baca Juga: Ini Cara Melakukan Market Research untuk Perkembangan Bisnis

1. Pertumbuhan Ekonomi Digital

Saat ini, Sobat Shipper pasti menghabiskan lebih banyak uang secara online, yang tentunya mengalihkan fokus sebuah bisnis ke aliran pendapatan dan kanal digital. Pertumbuhan ekonomi digital ini membuat konsumen lebih mengenal produk dan layanan digital, sehingga mendorong perusahaan untuk mencari keunggulan kompetitif baru melalui Internet..

Namun bisnis digital telah menjadi lebih dari penjualan online. Bisnis digital menciptakan keunggulan kompetitif berdasarkan kombinasi unik dari sumber daya digital dan fisik. Perusahaan harus  terus berinovasi sehingga tidak kalah dari kompetisinya. 

2. Apa yang Membuat Sebuah Bisnis Digital

Ada beberapa pandangan tentang definisi bisnis digital dari para pakar industri. Sebuah bisnis digital adalah perusahaan menciptakan rantai nilai dan peluang bisnis baru yang tidak dapat disediakan oleh bisnis tradisional, yang artinya bisnis digital adalah bagaimana, bukan apa. 

Sebagian besar bisnis digital berfokus untuk menciptakan nilai di luar batasan baru untuk bisnis utama mereka, atau menggunakan teknologi digital untuk mendorong pertumbuhan, pendapatan, dan kinerja dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan model tradisional.

Beberapa konsep yang membedakan bisnis digital dari yang tradisional adalah sebagai berikut;

  • Menggunakan aplikasi produktivitas dan sistem manajemen tugas untuk mengotomatisasi alur kerja
  • Memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Mengumpulkan data untuk meningkatkan kecerdasan bisnis
  • Melakukan sebagian besar atau bahkan 100 persen kegiatan bisnis melalui platform digital

3. Contoh Bisnis Digital

Tetapi hanya mengunduh beberapa aplikasi tidak membuat sebuah perusahaan menjadi bisnis digital. Transformasi digital yang sebenarnya adalah proses untuk beralih dari proses manual ke model bisnis yang berfokus pada teknologi dan berpusat pada pelanggan.

Dua contoh bisnis digital yang harus Sobat Shipper tahu adalah sebagai berikut;

Uber 

Uber memanfaatkan smartphone secara luas dan menggunakan model bisnis yang memungkinkan untuk mempertahankan aset modal yang relatif rendah. Bisnis taksi tradisional harus memiliki dan memelihara kendaraan, serta memberikan kontribusi biaya overhead untuk mempekerjakan dan mengelola karyawan; versi e-commerce akan memungkinkan pelanggan memesan taksi online dan mungkin melihat perjalanan sebelumnya, tetapi akan tetap sama-sama menggunakan jasa taksi.

Netflix 

Netflix adalah contoh yang baik dari perusahaan yang telah beralih dari e-business ke bisnis digital. Awalnya, Netflix menggunakan teknologi untuk menjalankan sistem inventaris dan mengirimkan DVD kepada pelanggannya untuk memberikan kemudahan penyewaan film. Namun, setelah memberi pelanggan opsi untuk streaming, Netflix mengubah membunuh industri penyewaan, dan sebaliknya menciptakan pasar yang benar-benar baru hanya dengan bermodalkan Internet dan gadget

Itulah penjelasan singkat tentang bisnis digital yang perlu kamu tahu. Apakah Sobat Shipper tertarik untuk membangun sebuah bisnis digital? Teruslah berinovasi dan bereksperimen dengan ide-ide baru untuk selalu memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan agar bisnis Sobat Shipper semakin digital. Mari bekerjasama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman terbaik untuk bisnis digital-mu! Shipper memberikan tarif pengiriman terbaik dan bebas pilih ekspedisi. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper, klik https://shipper.id

Baca Juga: Ide Bisnis Reseller Terlaris Bikin Kamu Cepat Untung

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.