Simak! 5 Tips Mengembangkan Bisnis di Bidang Jasa

Uncategorized18 October 2021
bisnis-bidang-jasa

Mengembangkan bisnis di bidang jasa bisa jadi lebih rumit dari bisnis berbasis produk. Selain lebih sulit diukur, hubungan dengan konsumen harus terus dipelihara dan dibangun dari waktu ke waktu. Terlebih lagi, lebih banyak penjulan jasa yang terjadi, berarti lebih banyak lagi klien yang harus diperhatikan. Maka dari itu, diperlukan cara-cara khusus untuk bisa mengembangkan bisnis berbasis jasa.

Mari kita simak kiat-kiat meningkatkan penjualan bisnis di bidang jasa secara efektif yang bisa Sobat Shipper aplikasikan.

1. Membangun Kemitraan

Ketimbang mengejar klien tunggal cobalah untuk membangun kemitraan dengan kelompok atau organisasi besar. Tawarkan keuntungan bagi anggota kelompok yang diajak bermitra. Misalnya, dengan kemitraan maka anggota kelompok bisa mendapatkan potongan harga, atau bonus layanan yang lebih premium.

Meskipun tidak mendapatkan harga penuh per klien, Sobat Shipper akan mendapatkan lebih banyak klien dengan usaha lebih sedikit. Selain itu, bisnis di bidang jasa yang Anda jalani, juga bisa mendapatkan lebih banyak testimoni dan ulasan positif.

2. Berinvestasi pada Teknologi yang Tepat

Saat ini perkembangan bisnis di bidang jasa tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi. Bahkan, salah memilih teknologi dapat menghambat perkembangan bisnis. Mengintegrasikan teknologi dengan layanan untuk mengembangkan bisnis di bidang jasa merupakan tren yang terus berkembang. Contoh usaha di bidang jasa yang memanfaatkan perkembangan teknologi antara lain adalah:

– Ojek online atau taksi online

– Pengantaran makanan online

– Bimbel online

– Webinar atau kursus online

– Aplikasi kesehatan online

– dll.

Untuk meningkatkan bisnis di bidang jasa yang kamu tekuni, Sobat Shipper bisa membuat aplikasi yang dapat membantu memperluas akses dan memudahkan pelanggan.

3. Fokus untuk Mempertahankan Layanan Terbaik

Memperluas pemasaran dan menambah jumlah pelanggan baru memang hal yang penting untuk meningkatkan bisnis di bidang jasa. Tetapi melayani pelanggan yang telah didapatkan dengan layanan terbaik lebih penting lagi. Pasalnya, jika pelanggan tidak puas maka mereka bisa langsung pergi.

Oleh karena itu penting sekali mempertahankan loyalitas pelanggan dengan selalu memberikan layanan terbaik. Dengan memberikan layanan pelanggan yang baik, maka perkembangan bisnis Sobat Shipper akan mengikuti.

4. Mengadakan Program Afiliasi

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis di bidang jasa adalah dengan memanfaatkan pelanggan yang telah dimiliki. Sobat Shipper bisa menggunakan promosi berupa pemberian bonus atau potongan harga bagi pelanggan yang membawa konsumen baru.

Selain itu, Sobat Shipper juga bisa membuka program afiliasi dengan pemilik website yang ramai pengunjung. Cara ini efektif untuk menjangkau pelanggan baru dalam skala lebih besar. Contoh bisnis di bidang jasa yang menggunakan program afiliasi antara lain marketplace seperti cdjapan. Berbagai marketplace sudah banyak menggunakan metode ini dan bisa diterapkan oleh pelaku bisnis di bidang jasa apa saja.

5. Membahagiakan Karyawan

Tidak hanya pelanggan, membahagiakan dan menghargai karyawan juga bagian penting untuk mengembangkan bisnis di bidang jasa. Karyawan yang bahagia akan lebih mungkin memuaskan pelanggan. Keberhasilan sebuah layanan dapat sangat tergantung pada seberapa baik layanan yang diberikan. Karyawan yang bahagia, akan memberikan layanan terbaik dan layanan terbaik akan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Menjalankan bisnis di bidang jasa tidak saja harus fokus pada mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga cara mempertahankan pelanggan lama. Berbeda dengan bisnis berbasis produk yang mungkin bisa bertahan karena pengaruh selera, bisnis di bidang jasa harus mengutamakan kepuasan. Menurunnya kualitas layanan dapat membuat konsumen pergi walaupun telah lama menjadi pelanggan. Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.