Bikin Logo Online Cocok untuk Kamu yang Sedang Merintis Bisnis

Uncategorized09 November 2021
bikin-logo-online

Daftar Isi
1. Tujuan Pembuatan Logo
2. Alasan Desain Logo Penting untuk Meyakinkan Pelanggan
3. Cara Bikin Logo Online yang Cocok untuk Bisnis
4. Tips Memilih Warna Logo
5. Supaya Hemat, Begini Cara Membuat Logo Sendiri
6. Begini Cara Cepat Membuat Logo Di HP
7. Cara Membuat Logo Watermark untuk Online Seller
8. Cara Membuat Logo 3D Di PixelLab
9. Hanya 5 Menit. Begini Cara Membuat Logo Di Canva
10. Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Desain Logo Makanan

Apakah bisnis online Sobat Shipper sudah memiliki logo brand? Kalau sudah, hebat! Kalau belum, kenapa belum? Simak artikel berikut ini untuk bikin logo online yang efisien dan hemat biaya dibandingkan dengan membayar seorang desainer grafis. 

1. Kenapa logo brand penting?  

Walaupun bisnis online shop Sobat Shipper masih baru atau belum besar, logo adalah aspek yang  krusial untuk kegiatan bisnis kamu. Logo adalah visualisasi dari landasan dan identitas sebuah bisnis. 

Sebuah logo harus menjadi bukan saja sekadar simbol identifikasi, tetapi juga representasi sebuah bisnis. Saat dirancang dengan baik, logo juga bahkan bisa menceritakan kisah permulaan bisnis Sobat Shipper dan menyampaikan nilai yang merepresentasikan merek kamu. Yaitu dengan cara yang membantu untuk membangun ikatan emosional dengan target audiens yang kamu pilih. 

2. Apa saja komponen logo? 

Setelah Sobat Shipper mengetahui tujuan pembuatan logo, berikut adalah komponen-komponen yang harus diperhatikan saat Sobat Shipper mulai mendesain logo;  

a. Warna

Selain untuk menambah estetika, warna adalah komunikator utama dari sebuah logo. Sebuah warna bisa memberitahu pelanggan apakah Sibat Shipper menyenangkan atau serius, inovatif atau sehat, mutakhir atau abadi dan stabil.

Palet warna logo dapat terdiri dari satu atau beberapa warna, walaupun sebaiknya tetap dalam kombinasi dua atau tiga warna. Logo bisa berwarna hitam putih, monokrom atau warna-warni. Logo warna-warni sering memiliki palet yang analog, yang berarti warna-warna dengan rona serupa, atau komplementer, yang berarti warna-warna dengan rona kontras. 

b. Tipografi

Ini adalah apa yang semua orang non-desain pikirkan sebagai font. Tipografi adalah huruf-huruf yang terlihat di logo, disusun dalam beberapa jenis desain yang konsisten. Sobat Shipper juga bisa menemukan logo yang dibangun di sekitar satu huruf, monogram, atau bahkan nama lengkap bisnis. 

c. Gambar

Sebuah gambar dapat berupa sebuah panah sederhana hingga rendisi rinci dari orangutan abstrak. Hal ini bisa berupa ikon, simbol atau gambar yang mewakili sesuatu yang Sobat Shipper jual atau nilai yang kamu anut. 

Dalam beberapa kasus, logo juga bisa dilengkapi dengan elemen dekoratif seperti garis atau tanda baca, seperti bintang atau garis putus-putus, yang bisa memiliki arti tambahan tersendiri. 

Kalau Sobat Shipper memutuskan untuk menggunakan gambar, ingatlah bahwa kamu mungkin perlu mengubah ukuran logo tergantung penempatannya. 

d. Tagline

Terletak di bawah logo, tagline biasanya terdiri dari kalimat atau slogan yang dirancang untuk memikat target audien atau memperjelas apa yang bisnis Sobat Shipper lakukan. 

Logo tidak harus disertai dengan tagline, tetapi ini adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan kalau gambar logo merupakan interpretasi abstrak yang meskipun mungkin merepresentasikan nilai-nilai yang kamu pilih, itu tidak benar-benar memberitahu pelanggan apa pun tentang bisnis. 

e. Konteks 

Penggunaan logo juga memiliki konteks penggunaan tertentu. Sehingga, Sobat Shipper perlu memikirkan kapan dan di mana logo bisa digunakan. Biasanya kita melihat logo di internet, di kartu nama, di etalase, iklan, dan dicetak. Tetapi bisnis Sobat Shipper mungkin memiliki penempatan khusus seperti kaos atau stiker. Nah, untuk setiap penempatan yang berbeda ini, Sobat Shipper perlu menyesuaikan ukuran dan bentuk logo tanpa menghilangkan makna yang sudah ditentukan sebelumnya. 

3. Tool Online Gratis untuk Membuat Logo 

Ada beberapa tool gratis yang tersedia yang bisa membantu Sobat Shipper untuk mulai mendesain logo impianmu tanpa menghabiskan waktu dan biaya. Berikut adalah 5 rekomendasi tool online terbaik dari Shipper; 

a. Free Logo Design

Platform ini adalah pembuat logo yang memungkinkan Sobat Shipper untuk membuat logo sendiri dan menggunakannya untuk bisnis sendiri. Kamu akan mendapatkan beberapa grafik dan desain unik yang direkomendasikan  untuk menyesuaikan logo kamu dengan nilai merek dan produk.

b. Logomakr 

Platform ini pembuat logo online gratis lainnya yang menawarkan berbagai template logo yang bisa digunakan oleh Sobat Shipper untuk mulai mendesain logo olshop-mu. 

c. Canva 

Tool ini adalah salah satu platform paling populer yang digunakan blogger dan desainer grafis untuk membuat gambar berkualitas tinggi. Sobat Shipper bisa menggunakannya untuk membuat logo merek yang unik dan terdefinisi dengan baik. Setelah selesai, kamu juga bisa mengunduh logo tersebut dengan berbagai format file. Interface platform online satu ini cukup mudah untuk dinavigasikan oleh siapa pun, termasuk para pemula. 

d. GraphicSprings

Ini adalah platform gratis lain yang bisa Sobat Shipper gunakan untuk membuat logo yang unik dan khusus. Kamu bisa menggunakan desain grafis dan template yang tersedia untuk mendesain logo profesional.

e. Designimo

Tool satu ini juga merupakan platform pembuat logo untuk mendesain logo Sobat Shipper sendiri. Sayangnya, walaupun kamu bisa menggunakan tool ini untuk mendesain logo secara gratis, kamu harus membayar untuk bisa mengunduh logo yang sudah jadi. 

4. Apa yang Membuat Sebuah Logo Menonjol? 

Efektivitas sebuah logo dapat dikatakan bersifat subjektif dan bervariasi. Hal ini bergantung pada bisnis itu sendiri, audiens, pesan yang dimaksudkan, dan desain logo. 

Namun, ada empat aspek umum yang harus Sobat Shipper pertimbangkan saat mendesain logo, yaitu; 

a. Harus sesuai dengan audiens

Logo terbaik bukanlah yang paling mencolok, melainkan logo yang sesuai dengan target audiens yang Sobat Shipper tentukan. Logo tidak hanya mewakili bisnis kamu, tetapi juga orang-orang yang akan menjadi pelanggan. Misalnya, Sobat Shipper tidak akan menggunakan warna-warna cerah dan segar untuk rumah duka, sama seperti yang tidak akan menggunakan abu-abu menyedihkan untuk perencana pesta anak-anak.

b. Mudah dibaca oleh siapa pun 

Hal ini terutama berlaku untuk logo wordmark, tetapi berlaku juga untuk setiap desain logo lainnya. Kalau target audiens Sobat Shipper tidak bisa memahami apa arti logo yang kamu buat, mereka tidak akan tertarik pada online shop-mu. Pastikan logo Sobat Shipper bisa dipahami dengan mudah hanya dari pandangan sekilas.

c. Harus berbeda dari yang lain 

Mengambil inspirasi dari tren industri bisa menjadi merupakan titik awal yang baik, tetapi Sobat Shipper harus ingat bahwa tujuan kamu mendesain logo adalah untuk membedakan merek sendiri dari para kompetitor. .

Berbeda artinya mudah diingat, dan itulah yang akan membuat para pelanggan sadar kenapa mereka lebih menyukai merek Sobat Shipper dibandingkan dengan merek lain. 

c. Harus terukur 

Logo yang Sobat Shipper desain akan ditempatkan secara mencolok di beberapa media dan dalam berbagai ukuran. Oleh karena itu, logo terbaik adalah logo serbaguna yang dapat dengan mudah diubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan apa pun yang mungkin Sobat Shipper akan temui. 

Nah, Sobat Shipper, itulah penjelasan singkat pentingnya sebuah desain logo untuk bisnis online-mu.

Sambil mulai mendesain logo olshop, Sobat Shipper tidak boleh lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Kunjungi websitenya di shipper.id.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.