Ketahui 5 Faktor yang akan Memengaruhi Biaya Sewa Gudang, Apa Saja?

Uncategorized15 July 2021
biaya-sewa-gudang-2

Menghitung biaya sewa gudang per m2 adalah satu dari sekian cara yang dapat membantu Sobat Shipper menyiapkan bujet usaha atau bisnis. Perhitungan berdasarkan meter persegi memang bakal memberikan hasil akurat kalau Sobat Shipper menentukannya dari segi ukuran gudang. Bagaimana dengan faktor lain yang mempengaruhi jumlah biaya sewa gudang?

Ya, masih ada paling tidak lima faktor yang perlu Sobat Shipper pertimbangkan untuk memperkirakan biaya sewa, antara lain:

1. Pantau pergerakan harga pasar

Seperti rumah dan ruko, gudang masuk ke dalam kategori properti yang harga pasarannya cenderung fluktuatif. Oleh karena itu, selain fokus membandingkan biaya sewa gudang per m2, Sobat Shipper pun harus rutin mengecek harga pasarannya agar up to date.

Cari harga normal properti, dalam hal ini gudang, yang sedang tren di pasar. Kemudian, bandingkan sampai Sobat Shipper temukan harga yang pas. Langkah ini penting dilakukan karena belum tentu tarif sewa gudang per m2 yang ditawarkan satu pihak sesuai kebutuhanmu.

2. Pertimbangkan lokasi dan lingkungan sekitar

Sebagian besar pelaku usaha tentunya mendambakan lokasi strategis untuk melancarkan kegiatan operasional, terutama pengiriman. Bahkan sebagian di antara mereka rela mengeluarkan uang yang cukup besar supaya bisa mendapatkan gudang tersebut.

Namun, Sobat Shipper harus periksa juga lingkungan sekitarnya. Apakah ada potensi mengganggu warga sekitar? Bagaimana armada pengangkutan barang mengakses jalan dari dan ke gudang? Hal-hal ini bisa berdampak juga pada biaya sewa gudang per m2 dari pihak penyedia.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Layanan Sewa Gudang Bandung dari Shipper

3. Sesuaikan fasilitas dengan kegiatan operasional

Setelah merasa harga dan lokasinya memenuhi kriteria, lanjutkan dengan pemeriksaan fasilitas. Sebaiknya pilih gudang dengan fasilitas yang sesuai kegiatan operasional. Misalnya, kalau stok barang yang Sobat Shipper jual mencakup frozen food, maka gudang harus dilengkapi pengatur suhu.

Menentukan biaya sewa warehouse berdasarkan fasilitas pun membantu Sobat Shipper dalam pemeliharaannya. Tanpa fasilitas memadai, Sobat Shipper justru akan semakin sering menjumpai masalah seperti kerusakan yang memerlukan biaya penggantian yang tak sedikit.

4. Hitung dengan cap rate sesuai jenis properti

Jika biaya sewa gudang per m2 mengandalkan ukuran, maka cap rate merupakan perhitungan yang dilakukan dengan membagi penghasilan operasional bersih dengan harga pembelian. Sobat Shipper pun perlu memeriksa dulu cap rate dari masing-masing jenis properti.

Cap rate atau tingkat kapitalisasi properti umumnya dipakai untuk memperkirakan biaya sewa gudang per tahun. Jadi, Anda bisa menggunakan metode ini kalau berencana menyewa dalam jangka waktu panjang di sebuah lokasi.

5. Kenali calon pihak yang menyewakan gudang

Tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, Sobat Shipper jelas harus mengenal pihak yang menyewakan gudang tersebut. Caranya? Bisa dengan mengakses informasi yang disediakan di website atau menjumpai mereka langsung di kantor.

Dengan mengenal pihak penyedia, Sobat Shipper bisa mendiskusikan biaya sewa gudang per m2 bahkan menegosiasikannya. Dengan begitu, pos pengeluaran untuk sewa bisa dihemat dan sisanya dialokasikan untuk biaya operasional lain.

Sebagai rekomendasi, Shipper adalah penyedia warehouse yang bisa Sobat Shipper masukkan ke dalam daftar pertimbangan. Membuka gudang berfasilitas lengkap di Indonesia, Shipper menawarkan tarif sewa yang dapat dijangkau berbagai kalangan, dari pelaku UMKM hingga perusahaan besar. Bahkan mereka siap menangani pengiriman dari gudang ke alamat konsumen. Supaya tak terlalu lama penasaran, Sobat Shipper bisa buka https://shipper.id/warehouse buat cek informasi lengkapnya!


Baca juga: Ketahui Proses Sewa Jasa Gudang Jakarta Melalui Shipper

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.