Ke Mana Biaya Sewa Gudang Dimasukkan dalam Pembukuan? Cek Dulu Informasi Ini!

Uncategorized07 July 2021
biaya-sewa-gudang

Ketika melakukan pembukuan, kamu harus mengelompokkan sejumlah biaya dalam kategori berbeda. Biasanya, perusahaan atau pelaku bisnis memisahkannya jadi biaya operasional (operating expenses) dan biaya non operasional (non operating expenses). Dari sekian banyak pos pengeluaran yang perlu dicatat, kira-kira di mana biaya sewa gudang ditempatkan?

Biaya non operasional dan jenis-jenisnya

Jika biaya operasional berhubungan langsung dengan kegiatan perusahaan, biaya non operasional bisnis biasanya tak bersentuhan langsung dengan hal tersebut. Nominalnya juga tak terlalu besar, seperti yang bakal kamu temukan dalam biaya sewa gudang. Meski begitu, keberadaannya sangat berpengaruh terhadap laporan keuangan yang kamu buat setiap bulan.

Ada tiga jenis pos yang masuk ke dalam biaya non operasional, antara lain:

1. Biaya sewa pinjam harta atau barang

Biaya sewa atau rent expenses adalah jenis uang sewa yang wajib kamu bayarkan kepada pihak lain yang telah meminjamkan harta atau barang. Baik itu properti seperti ruko, gudang, toko, atau rumah dan harta seperti aset. Dikategorikan sebagai biaya non operasional karena kamu melakukannya dalam waktu-waktu tertentu atau bisa menetapkannya sendiri.

2. Biaya bunga pinjaman

Selanjutnya ada biaya bunga pinjaman atau interest expenses yang bakal dikenakan saat kamu mengajukan pinjaman kepada pihak lain, entah bank, perusahaan pembiayaan, atau lembaga keuangan lainnya. Seperti biaya sewa gudang, biaya bunga pinjaman juga sifatnya sementara sampai kamu melunasi cicilannya.

Baca juga: 6 Manfaat Sewa Gudang di Jakarta untuk Bisnis Kamu, Apa Saja?

3. Rugi atas penjualan harta

Dalam hal ini, rugi (loss) termasuk biaya yang ditanggung perusahaan dari penjualan aset selain barang-barang yang masuk ke objek usaha pokok. Sebagai contoh, penjualan furnitur yang tak terpakai yang akan menimbulkan selisih dari biaya beli barang. Selisih tersebut yang akan dikategorikan sebagai rugi atas penjualan harta.

Mengapa harus membedakan biaya operasional dan non operasional?

Kamu yang baru mempelajari akuntansi mungkin bertanya-tanya mengapa biaya operasional harus dibedakan dari biaya non operasional. Mengapa pengeluaran untuk biaya aktiva tak bisa dimasukkan bersama biaya sewa gudang? Apa dampak yang akan ditimbulkan?

Pemisahan tersebut dilakukan untuk kemudahan koordinasi arus pos pemasukan dan pengeluaran, termasuk pemakaian sumber daya dan kegiatan operasional perusahaan. Selain itu, pengelompokkan biaya kegiatan perusahaan bisa kamu jadikan sebagai rujukan buat stakeholder supaya mereka lebih cepat mengambil strategi maupun keputusan di masa depan.

Satu hal yang perlu kamu ingat, jumlah biaya operasional dan non operasional di setiap perusahaan maupun bisnis pasti berbeda. Jadi fokuskan perhatian pada cara menghitung dan pengelolaannya supaya manajemen keuangan berjalan stabil. Tak terkecuali saat kamu menggunakan warehouse buat stok barang dan mengeluarkan biaya sewa gudang dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana, sudah memahami biaya non operasional dan perbedaannya dengan biaya operasional? Mempelajari hal ini juga membantumu saat mencari pihak ketiga untuk mengoptimalkan kegiatan operasional, lho! Misalnya, setelah mengetahui kisaran biaya sewa buat gudang, kamu bisa mencari penyedia jasa yang menawarkan tarif sesuai.

Shipper adalah salah satu perusahaan penyedia warehouse yang bisa diandalkan kalau kamu memerlukan gudang berfasilitas lengkap dengan biaya sewa gudang bersahabat. Klien-klien yang telah memakai jasa Shipper pun bukan pihak sembarangan dan dapat jadi bukti profesionalitas mereka. Gudang yang ditempatkan di berbagai kota Indonesia pun memudahkanmu buat mengatur stok barang.

Tertarik dengan warehouse persembahan Shipper? Yuk, buka https://shipper.id/warehouse untuk mengecek layanan warehousing dari mereka!


Baca juga: Shipper, Layanan Sewa Gudang Jakarta yang Bisa Dijadikan Pilihan

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.