Ingin Kirim Motor? Yuk Intip Estimasi Biayanya

Uncategorized13 November 2021
biaya-kirim-motor

Kirim motor merupakan hal yang lazim digunakan segelintir orang. Beberapa orang menggunakan jasa pengiriman motor saat hari raya lebaran. Dimana mereka hendak liburan di kampung halaman. Tapi karena jarak kampung halaman dan kota yang begitu jauh, mereka enggan untuk mengendarai sepeda motornya. Maka dari itu kebanyakan dari mereka memilih untuk mengirimkan motor mereka ke kampung halaman. Dan diri mereka pergi menggunakan transportasi umum. Saat musim liburan tiba, jasa pengiriman motor akan laris manis. Karena mereka tidak perlu repot mengendarai motornya selama berjam-jam, motornya akan sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Sudah banyak yang menggunakan jasa kirim motor ini, oleh karena itu harganya pun jadi mengikuti banyaknya permintaan yang ada. Untuk harga kirim motor sendiri relatif lebih murah daripada mengirim mobil. Jadi tak perlu khawatir untuk tarifnya. Memang, mengirim motor sekarang sudah tidak sulit. Tapi salah-salah malah jadi petaka. Jadi, sebagai orang yang hendak mengirimkan barang berharga harus tahu jelas prosedur pengirimannya. Sobat Shipper sebaiknya banyak mencari informasi tentang berbagai jasa yang menyediakan layanan pengiriman motor. Hal ini berguna untuk pembanding harga, waktu dan fasilitas yang didapatkan.

Jika kamu memilih asal-asalan atau hanya berdasarkan rekomendasi satu orang yang bahkan belum pernah mengirimkan motornya ke jasa tersebut lebih baik anda mencari informasi lagi. Semakin kamu mengetahui banyaknya informasi, semakin kecil juga kerusakan yang terjadi saat pengiriman. Untuk memastikan apakah motor yang dikirimkan itu rusak atau tidak, Sobat Shipper harus mengecek kondisi motor terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa menilai kondisi sebelum dan sesudah dikirim :

1. Perhatikan secara rinci Body dan Mesin motor. Jika terjadi kerusakan setelah pengiriman anda bisa mengajukan komplain dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari masing-masing jasa pengiriman.

2. Ada atau tidaknya asuransi keselamatan selama pengiriman.

3. Memastikan sepeda motor yang dikirim sudah dikemas dengan baik (ada berbagai perlindungan yang diberikan pada sepeda motor anda sesuai dengan ketentuan dari masing-masing jasa ekspedisi yang berlaku)

4. Apakah aman atau tidak pengiriman dari lokasi pengirim sampai ke lokasi tujuan. Pelajari juga rute pengirimannya sehingga anda bisa memastikan bahwa pengiriman akan aman.

5. Pastikan tarifnya sesuai dengan kantong anda. Tarif yang sesuai bukan berarti pilih yang paling murah. Harus dipastikan juga keamanannya, murah tidak selamanya aman.

6. Kamu harus mengetahui durasi pengiriman. Waktu pengiriman motor untuk sampai ke alamat tujuan setiap ekspedisi akan berbeda, dan biasanya pasti diberi tahu kapan kiranya motor anda akan sampai di tujuan.

7. Jasa kirim yang kamu gunakan harus memiliki sistem tracking atau pelacakan barang yang jelas sehingga bisa dipantau keberadaannya. Hal ini tentunya akan membuat hati anda terasa lebih nyaman.

Adapun syarat wajib setiap penyedia jasa ini adalah mengirimkan sepeda motor dengan menyertakan fotocopy bukti kendaraan baik STNK ataupun BPKB. Bukan untuk diperjual belikan, tapi surat-surat tersebut digunakan untuk pemeriksaan petugas kereta api dan juga polisi. Jika motor dibeli secara kredit dan belum lunas maka pemilik wajib menyertakan surat keterangan dari pihak leasing bila motor yang hendak dikirim belum memiliki BPKB. Hal ini digunakan untuk meminimalisir tindak ilegal yang terjadi.

Banyak perusahaan ekspedisi yang menyediakan pengiriman motor dengan berbagai keunggulan. Berikut adalah beberapa jasa yang menyediakannya :

1. TIKI

Perusahaan ekspedisi TIKI ternyata menyediakan layanan pengiriman motor melalui layanan Trucking Services atau TRC dari TIKI. Layanan ini terbilang bebas, karena pengguna dapat mengirimkan barang yang memiliki bobot diatas 10 kg apalagi bisa diantar antar pulau dengan harga terjangkau.

2. JNE

Sama seperti TIKI, perusahaan ini menggunakan menggunakan layanan trucking yang mampu mengangkut barang dalam jumlah besar. Terlebih lagi tarif kirim motornya cukup kompetitif dengan perusahaan lain.

Ada beberapa kelebihan yang diberikan oleh JNE, diantaranya anda bisa menambahkan garansi untuk motor anda. Hal ini dilakukan agar motormu terlindungi selama perjalanan. JNE bisa dibilang mengirim dengan waktu yang cukup cepat yaitu perkiraan minimal 3 hari sampai lewat jalur laut maupun darat.

3. Himeji Express

Bisa dikatakan perusahaan ini diklaim sebagai pilihan pengiriman motor terbaik dari dan ke pulau Jawa, Bali, Maluku, Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, Nusa Tenggara serta Papua. Apalagi tarif kirim motor yang mereka berikan cukup murah karena dihitung per unit, cocok untuk pemborong atau pedangan.

4. Indah Cargo

Kebanyakan perusahaan cargo menyediakan layanan kirim motor, salah satunya Indah Cargo. Perusahaan kargo ini melayani pengiriman motor menggunakan truk jalur darat sehingga dapat diandalkan. Tak jarang layanan ini juga digunakan para dealer motor terbesar untuk mengirimkan antar pulau maupun kota. Apalagi biayanya terbilang sangat terjangkau, dan juga menawarkan asuransi.

Jika sudah memilih mana perusahaan ekspedisi yang ingin dipakai, maka selanjutnya adalah memilih jalur mana yang hendak digunakan. Berikut adalah penjelasan serta tarif yang bisa diberikan :

1. Jalur Darat

Pengiriman via jalur darat  ini ternyata yang paling diminati di Indonesia. Ada beberapa keunggulan yang didapatkan dari jalur darat ini, dimana barang akan dikirimkan menggunakan truk / mobil box yang bisa memuat barang sangat banyak. Selain dengan truck, bisa juga dengan kereta api, harganya lebih murah tapi untuk jadwal pengiriman harus mengikuti jadwal kereta api.

 Untuk tarif kirim motor via jalur darat, khususnya kereta api bisa dimulai dari Rp 300 ribu – Rp 700 ribu, tergantung daerahnya.

2. Jalur Laut

Saat ini sudah tersedia beragam jenis armada kapal pengangkut barang berat dan jumlahnya pun besar. Prosedurnya lebih rumit dari jalur darat, misalnya ada batas maksimum motor yang dapat diangkut, jenis dan tipe kendaraan yang bisa dilalui jalur laut. Mengapa prosedurnya berbeda? Karena jalur laut, biasanya hanya digunakan untuk pengiriman sepeda motor antar pulau saja.

Tarif kirim motornya sendiri ditentukan berdasarkan banyak hal, mulai dari berat hingga kapasitas mesinnya. Banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan jika hendak menggunakan jalur laut. Sehingga perlu banyak pertimbangan untuk memilih jasa kirim motor via jalur laut

3. Pengiriman Cargo

Jasa ini juga sering sekali digunakan oleh para dealer motor karena bisa mengirim dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya tarif kirim motornya dimulai dari Rp 500 – Rp 650 ribu  untuk tujuan pulau Jawa untuk mesin berkapasitas 150cc.

Pengiriman Cargo ini menilai dari kapasitas mesinnya juga, semakin besar kapasitasnya makan akan semakin mahal ongkos kirimnya. Setelah mengetahui banyak informasi, maka anda harus bisa memilih perusahaan ekspedisi murah yang cocok dengan motor serta keuanganmu ya. Namun, kamu juga tak perlu khawatir, karena Shipper juga menyediakan jasa pengiriman barang yang bisa kamu gunakan. Kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : 7 Hal yang Harus Disiapkan untuk Memulai Bisnis Showroom Motor

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.