Tips Bisnis Bertahan di Tengah Pandemi dengan Beriklan di Facebook Ads

Uncategorized07 October 2021
beriklan-di-facebook-ads

Masa pandemi yang belum saja berakhir berdampak pada banyak sektor. Salah satunya bisnis. Menurut survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik pada 2020. Sebanyak 82,85% bisnis terdampak pandemi COVID-19. Sektor bisnis yang mendominasi dari data tersebut adalah usaha makanan dan minuman. 

Untuk menyiasati keadaan tersebut, banyak pengusaha yang memutar otak untuk melakukan promosi online di berbagai platform. Salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan adalah Facebook. 

Beriklan di Facebook bisa menjadi salah satu jalan keluar dari kerugian di kala pandemi. Hal ini dikarenakan pengguna Facebook di Indonesia sangat banyak. Bahkan menurut data dari Katadata, Indonesia menduduki peringkat ke-4 negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak.

Nah, Sobat Shipper yang ingin memanfaatkan Facebook untuk internet marketing bisnisnya, mari merapat, karena kami akan membahas cara beriklan di Facebook beserta keuntungan yang dapat diraih.

1. Iklan Facebook

Facebook sebagai media sosial yang sedang banyak digandrungi berbagai kalangan juga punya fitur menarik untuk para pelaku bisnis. Media Sosial yang diluncurkan pada 2010 ini memiliki fitur bernama Facebook Ads, yang memungkinkan para pengusaha untuk memasarkan bisnisnya lewat Facebook.

Facebook Ads sendiri merupakan iklan yang akan tampil di laman pengguna Facebook, sesuai dengan ketertarikan mereka sendiri. Biasanya iklan ini tampil di laman beranda, sidebar hingga saat mengklik profil tertentu.

2. Manfaat Beriklan di Facebook

Beriklan di Facebook menjadi promosi online yang menjanjikan. Selain karena pengguna media sosial ini sangat banyak, ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat dari internet marketing yang satu ini. Berikut kami rangkum untuk Sobat Shipper semua.

  1. Jumlah Pengguna Aktif Banyak

Pengguna Facebook bukan hanya banyak tapi juga dinyatakan aktif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu selama 3 jam 23 menit untuk mengakses media sosial. Dari riset itu pun disebutkan bahwa Facebook memiliki trafik kunjungan paling tinggi.

Fakta tersebut sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis yang ingin promosi online di Facebook. Hal ini dikarenakan semakin banyak pengguna aktif, semakin banyak pula kemungkinan orang yang akan jadi calon konsumen kamu.

  1. Jenis Demografi Audiens Beragam 

Tak hanya banyak jumlahnya, pengguna Facebook juga memiliki demografi yang beragam. Jika Instagram lebih banyak digunakan oleh generasi millennial dan Z, Facebook bisa menjangkau generasi baby boomers juga. 

Dari data yang dirilis Hootsuite, pengguna Facebook memang didominasi oleh rentang usia 18-24 tahun sebanyak sekitar 60%, sisanya merupakan generasi orang tua dan generasi di bawahnya. 

  1. Target Bisa Spesifik 

Facebook juga sangat menguntungkan untuk social media marketing karena kamu bisa membuat target iklan menjadi sangat spesifik. Kategori yang dipilih saat menentukan target tak hanya soal rentang usia dan jenis kelamin, namun banyak kategori lainnya yang bisa dipilih.

Ada kategori lokasi, minat hingga hobi yang bisa membuat iklan Facebook lebih bisa tepat sasaran. Tentunya pilihan spesifikasi ini harus dimanfaatkan baik-baik oleh Sobat Shipper supaya bisa menjangkau audiens yang akan menjadi calon consumer.

  1. Cocok untuk Segala Jenis Online Marketing 

Sobat Shipper tentunya memiliki tujuan berbeda-beda ketika ingin menggunakan internet marketing. Ada yang ingin menjual langsung di platform tertentu, atau pun ingin meningkatkan trafik website juga brand awareness.

Iklan Facebook punya semua pilihan tersebut. Kamu tinggal menyesuaikan dengan tujuan dan target yang ingin dicapai. 

  1. Biayanya Terjangkau

Yang ini juga menjadi keuntungan promosi online di Facebook Ads, biaya yang relatif murah. DIbandingkan platform lain, Facebook bisa dibilang memiliki channel marketing sangat terjangkau. Hanya dengan minimal Rp 10 Ribu, kamu sudah dapat beriklan di Facebook. 

Iklan Facebook juga punya fitur pengoptimalan jangkauan dengan biaya yang sudah dipilih. Jadi, meskipun kamu pakai budget yang tak banyak, iklan bisnis tetap bisa mencapai target yang sesuai.

Cara Iklan di Facebook

Setelah mengetahui manfaat beriklan di Facebook, tentunya Sobat Shipper sekarang bertanya-tanya bagaimana cara iklan di Facebook. Bagi kamu yang baru ingin memulai promosi online di Facebook, kami akan rangkum cara umumnya untuk beriklan di Facebook.

  1. Buat Halaman di Facebook

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman Facebook. Caranya adalah dengan membuka Facebook Pages, lalu pilih jenis bisnis apa yang sesuai. 

Setelah itu, kamu bisa mengisi seluruh informasi berkaitan dengan bisnismu. Dari mulai nama perusahaan, jenis produk, alamat hingga kontak pribadi. 

  1. Buka fitur Facebook Ads Manager

Setelah membuat Facebook Page, Sobat Shipper harus buka Facebook Ads Manager. Kemudian pilih menu kampanye dan klik ‘buat iklan’. 

Nantinya, kamu diarahkan untuk memilih satu dari dua jenis iklan. Ada Iklan Terpandu dan Iklan Cepat. Jika kamu pilih Iklan Terpandu, kamu bisa memilih dengan spesifik segala hal yang berhubungan dengan targetmu. Sedangkan untuk Iklan Cepat, biasanya kamu diberi rujukan default.

  1. Tentukan Tujuan, Jenis dan Target Audience 

Tahap berikutnya adalah menentukan tujuan, jenis dan target audiens yang ingin dicapai. Secara umum, ada 3 kategori tujuan dalam Facebook Ads. Ada kesadaran/awareness, pertimbangan/consideration dan juga konversi/conversion. 

Setelahnya, kamu bisa memilih target audiens yang ingin dicapai. Ada spesifikasi khusus yang bisa kamu pilih, supaya iklan bisa mencapai konsumen yang tepat.

Adapun untuk jenis iklan yang ditawarkan di Facebook Ads, bisa disesuaikan dengan konten dan tujuan kamu. 

  1. Pilih Jadwal, Penempatan dan Format Iklan 

Setelahnya, Sobat Shipper akan diarahkan menuju penempatan iklan. Akan ada dua opsi yang ditawarkan, apakah penempatan otomatis atau tertentu. Disarankan untuk memilih penempatan otomatis, karena Facebook yang akan memilih sendiri tempat terbaik untuk iklan kamu.

  1. Pilih Budget yang Sesuai

Setelah mengisi seluruh informasi terkait iklan, Sobat Shipper bisa menentukan biaya yang akan digunakan untuk beriklan di Facebook Ads. Kamu bisa sesuaikan dengan budget yang ada, dengan jumlah minimal Rp 10 Ribu. 

Nah, setelah mengetahui cara iklan di Facebook beserta beragam keuntungannya, Sobat Shipper tinggal menyiapkan konten terbaik dengan design menarik untuk menggaet perhatian calon consumer. Konten juga memegang peranan penting dalam social media marketing. 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Salah satunya dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.