Perlukah Asuransi Paket Pengiriman itu Digunakan?

Uncategorized08 August 2021
asuransi-paket-penting

Ketika ditanya perlu atau tidak, memang cenderung memiliki dua persepsi. Asuransi paket bisa dianggap menambah biaya oleh si Penjualnya. Sedangkan pihak jasa pengiriman merasa perlu karena takut terjadi hal-hal di luar kendali.

Karena beresiko itulah jasa pengiriman ingin paket dari penjual dilindungi oleh asuransi. Dengan menggunakan asuransi, maka jika terjadi beberapa masalah seperti kerusakan atau kehilangan, ada pihak yang menanggungnya. 

Begitu juga pembeli menginginkan barang hasil belanjaan online-nya tetap aman, jadi mari simak ulasan lengkap di bawah ini. 

Pentingnya Asuransi Paket Pengiriman

Kenapa paket pengiriman harus diasuransikan? Mungkin pertanyaan itu sempat terlintas di pikiran sobat shipper semuanya. Pihak perusahaan jasa pengiriman memang bertanggung jawab terhadap keselamatan paket. 

Namun tanggung jawab perusahaan tersebut memiliki batasnya ketika paket mengalami kerusakan atau kehilangan. Pada dasarnya biaya yang dikeluarkan oleh konsumen adalah untuk ongkos kirim, tidak termasuk perlindungan resiko paket. 

Contoh lebih jelasnya adalah seperti ini, perusahaan jasa pengiriman bertanggung jawab mengganti paket maksimum sebesar 10 kali biaya pengiriman. Misalnya paket yang rusak atau hilang itu ongkos kirimnya Rp20.000, maka maksimum penggantian adalah Rp200.000.

Jika harga barang lebih dari Rp200.000, bagaimana skema penggantiannya? Konsumen tetap hanya akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp200.000. Untuk itulah asuransi paket dinilai penting agar terlindungi jika ada masalah. 

Karena biayanya itu di luar ongkos kirim, biasanya tidak semua konsumen bersedia menggunakan asuransi untuk semua paket barang. Padahal idealnya semua paket barang lebih aman ketika kamu mengasuransikannya. 

Sebenarnya ada ketentuan sebuah paket barang perlu atau tidak diasuransikan, sedangkan untuk paket yang wajib diasuransikan yaitu sebagai berikut:

  • Nilainya lebih dari 10 kali biaya pengiriman.
  • Barang dengan harga yang mahal, harganya di atas Rp1.000.000.
  • Dokumen penting dan berharga, seperti KTP, SIM, BPKB, Paspor, Sertifikat hingga Ijazah. 

Termasuk paket barang elektronik seperti HP, kamera, laptop dan yang lainnya wajib diasuransikan, pihak jasa pengiriman selalu menyarankan penggunaan asuransi. 

Bukannya lebih baik menambah sedikit biaya untuk jaminan asuransi? Daripada paket barang kamu rusak dan tidak bisa diganti rugi karena tidak adanya asuransi. 

Contoh Menghitung Biaya Asuransi Paket Pengiriman

Contoh mudahnya berdasarkan asuransi JNE untuk perlindungan barang-barang yang beresiko terjadi kerusakan atau dokumen penting lainnya. Dengan menggunakan asuransi, keselamatan paket pengiriman lebih terjamin. 

Perhitungan biaya asuransi JNE, yaitu:

(0,2% x harga barang) + Rp5.000 (biaya admin)

Harga barang yang dimaksud di atas adalah harga beli barang yang diklaim oleh pengirim. 

Selain perhitungan di atas, dokumen penting juga diatur oleh asuransi JNE sebagai berikut:

  • BPKB Motor: maksimal Rp2.500.000/buku.
  • BPKB Mobil: maksimal Rp3.500.000/buku.
  • STNK Motor: maksimal Rp1.000.000/lembar.
  • STNK Mobil: maksimal Rp2.000.000/lembar
  • Ijazah: maksimal Rp200.000
  • Paspor: maksimal Rp500.000
  • Sertifikat tanah asli: maksimal Rp2.000.000

Cara klaim asuransi JNE tentunya harus memenuhi persyaratan berupa kelengkapan dokumen seperti bukti resi pengiriman asli, bukti resi asuransi, form klaim asuransi dengan identitas yang berlaku, dan bukti asli pengembalian barang. 

Selain pengiriman dalam negeri, kamu juga perlu menggunakan asuransi luar negeri yang dikirimkan ke atau dari Indonesia. Jarak yang jauh lebih beresiko terjadi kerusakan bahkan kehilangan selama di perjalanan. 

Asuransi paket bisa kamu gunakan juga ketika mengirimkan paket melalui jasa shipper.id. Jangan ragu untuk menggunakan asuransi tersebut agar paket barang terlindungi, apalagi jika harga barangnya terbilang mahal. 

Informasi selengkapnya mengenai layanan shipper dan asuransinya bisa dicek melalui situs www.shipper.id.

Baca: Tarif Kirim Paket ke Luar Negeri dari Termurah Hingga Termahal

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.