8 Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic

Uncategorized08 December 2021
aplikasi-untuk-membuat-video-motion-graphic

Daftar Isi
1. Cara Buat Video Iklan Produk Hanya dengan HP
2. Tips Meyakinkan Pelanggan dalam Video Review Produk
3. Tips Buat Video Produk dengan Peralatan Seadanya
4. Tips Membuat Iklan Video Produk Minuman
5. Cara Membuat Video Produk dengan Teknik One Take
6. Intip Tips Video Low Budget dengan Hasil Eksklusif
7. Edit Video Cinematic dengan 6 Aplikasi Ini
8. Tips Sukses Membuat Video Animasi untuk Promosi Produk
9. Aplikasi untuk Membuat Video Motion Graphic
10. Ide Konsep Video Promosi Produk yang Trend di 2021

Bosan dengan konten promosi yang biasa, Sobat Shipper bisa membuat video motion graphic untuk menarik minat calon pelanggan. Belakangan ini, motion graphic makin populer dipakai untuk kebutuhan pemasaran dan iklan brand.

Masih asing dengan istilah motion graphic? Motion graphic adalah visual yang terdiri dari beberapa komponen grafis, seperti garis, bentuk, ikon, teks atau gambar yang bergerak. Video juga dapat ditambahkan suara atau audio yang sesuai.

Motion graphic menjadi media promosi yang menarik dan tidak membosankan bagi audiens. Sobat Shipper juga bisa mencoba membuat motion graphic sendiri dengan tools atau aplikasi. Mari simak pembahasan selengkapnya tentang tools untuk membuat video motion graphic!

1. Adobe Illustrator

Tools yang satu ini mungkin Sobat Shipper sudah tak asing, Adobe punya beberapa rangkaian aplikasi untuk pengeditan video hingga animasi. Adobe Illustrator adalah software yang dapat digunakan untuk membuat motion graphic di laptop.

Menggunakan tools ini Sobat Shipper dapat membuat vektor dengan lebih mudah. Kemudian Sobat Shipper bisa gunakan fitur motion tweening. Fitur inilah yang berguna untuk membuat animasi dari

ikon atau visual grafis lainnya menjadi bergerak. Sobat Shipper dapat menggerakkan gambar, mengatur rotasi, fade, ukuran hingga memberi efek tertentu.

2. Adobe After Effect

Satu lagi tools dari Adobe yang dapat digunakan untuk menghasilkan video motion graphic yang keren. Tools ini bisa digunakan oleh pemula maupun profesional karena fiturnya cukup lengkap. Adobe After Effect mempermudah proses pembuatan animasi dan motion graphic. Cara menggunakannya adalah dengan menyusun komposisi objek lalu memberi efek animasi yang sesuai.

Fitur yang cukup mudah dilakukan oleh pemula yaitu fitur animasi teks. Sobat Shipper dapat menghasilkan animasi teks 3D yang bergerak dan dapat disesuaikan warnanya. Ada fitur-fitur untuk yang layak dicoba seperti membuat teks terlihat mengambang di air, dicetak di kain kusut, efek teks terlipat dan sebagainya.

Setelah menguasai fitur animasi teks untuk membuat motion graphic sederhana, coba juga fitur motion graphic untuk membuat 2D atau 3D. Sobat Shipper bisa membuat animasi dari objek gambar, logo atau objek lain untuk menghasilkan video promo yang unik.

3. Cinema 4D

Cinema 4D adalah tools yang cukup mudah digunakan bahkan oleh pemula yang ingin mencoba membuat motion graphic. Para animator banyak memilih aplikasi ini karena dirasa lebih mudah daripada Adobe After Effect. Meskipun dirasa lebih mudah, tapi hasil videonya tak kalah keren.

Tools ini dapat digunakan untuk membuat animating, texturing, rendering dan fitur lainnya. Semua fitur yang ada memudahkan pengguna dalam menghasilkan motion graphic yang keren. Dengan tools ini konten promosi Sobat Shipper akan tampak seperti hasil buatan profesional. Banyak tutorial yang dapat Sobat Shipper pelajari untuk menggunakan tools ini.

4. Nuke

Nuke adalah tools yang dapat dipakai untuk membuat visual bergerak termasuk motion graphic. Untuk menggunakan aplikasi ini Sobat Shipper perlu mengunduh software Nuke yang tersedia di internet, kemudian menginstal di laptop atau komputer. Kecanggihan tools ini adalah dapat menggabungkan banyak elemen sekaligus, baik berupa objek 3D maupun video secara bersamaan.

Tools ini banyak digunakan oleh para animator profesional. Namun, bukan berarti tools ini tidak bisa dipakai oleh pemula. Nuke dapat dipelajari melalui beberapa tutorial yang ada di Youtube dan internet.

5. Jitter Video

Selain aplikasi dan software ada pula situs yang menyediakan tools untuk membuat motion graphic dan mudah untuk di akses yaitu Jitter Video. Dengan aplikasi ini Sobat Shipper bisa menghasilkan video promo yang tidak pasaran.

Fitur yang bisa digunakan di Jitter Video yaitu text animation, animation preset, custom animation, figma, video and gift export. Cukup lengkan fitur-fiturnya, ya? Tools ini menjadi favorit para animator karena memberikan kemudahan untuk membuat motion graphic secara online.

Untuk bisa menggunakan fiturnya Sobat Shipper perlu membuat akun dan login dulu, ya. Tools ini dapat diakses secara online dan gratis setelah mempunyai akun di situs Jitter.Video. Situs tersebut juga menyediakan banyak template yang dapat digunakan untuk membuat video motion graphic. Dengan begitu, proses pembuatan motion graphic bisa lebih mudah dan cepat.

6. Legend – Text Animated Maker

Ingin membuat motion graphic di smartphone Android? Sobat Shipper bisa menginstal aplikasi Legend – Text Animated Maker. Legend adalah aplikasi motion graphic Android untuk membuat tulisan atau teks menjadi motion graphic yang bergerak sesuai desain yang Sobat Shipper inginkan.

Cara menggunakannya cukup mudah, Sobat Shipper bisa langsung menuliskan teks tertentu, lalu memilih animasi teks, mengatur warna dan menyimpannya dalam format video. Selain itu, Sobat Shipper juga bisa menambahkan foto di latar belakang teks sehingga motion graphic terlihat lebih menarik.

Aplikasi untuk membuat motion graphic ini cukup mudah digunakan untuk membuat video motion graphic sederhana. Walaupun begitu, dapat menghasilkan konten promosi yang lebih bervariasi dan unik untuk memikat calon pelanggan.

7. Stop Motion Studio

Satu lagi aplikasi motion graphic Android yang layak dicoba yaitu Stop Motion Studio. Sobat Shipper bisa menghasilkan visual bergerak dengan aplikasi ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggerakan objek yang diinginkan berdasarkan urutan frame.

Beberapa mode yang disediakan aplikasi ini untuk membuat motion graphic, seperti mode overlay. Mode overlay memudahkan untuk menunjukkan perbedaan antar frame dari objek yang digerakkan. Selain itu, ada animation guide di aplikasi yang dapat Sobat Shipper pelajari. Animation guide berisi langkah-langah atau cara membuat video motion graphic menggunakan aplikasi ini. Jadi, aplikasi ini sangat cocok untuk pemula.

8. Apple Motion

Pengguna Iphone juga bisa membuat video motion graphic dengan mudah melalui ponsel. Cara membuat motion graphic di Iphone yaitu dengan menggunakan aplikasi Apple Motion. Aplikasi ini sudah terhubung ke Final Cut Pro X, sehingga Sobat Shipper lebih praktis dalam menyatukan video-videonya.

Dari segi tampilan Apple Motion cukup simpel dan mudah dipahami cara penggunaannya. Fitur yang disediakan oleh Apple motion lengkap untuk membuat video promo sederhana bertemakan motion graphic.

Jadi, mana tools atau aplikasi yang ingin Sobat Shipper coba untuk membuat video motion graphic? Ya, motion graphic dapat menghasilkan konten marketing yang unik dan lebih menarik untuk audiens. Selain memikirkan konten promosi, jangan abaikan pelayanan kepada pelanggan toko online ya Sobat Shipper. Berikan pelayanan pengiriman yang profesional dengan banyak pilihan ekspedisi. Mari bekerjasama dengan Shipper dan dapatkan penawaran harga terbaik! Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.