6 Aplikasi Editing Foto yang Mudah untuk Pemula!

Uncategorized08 December 2021
aplikasi-editing-foto

Daftar Isi
1. 7 Tips Fotografi yang Bagus dan Aesthetic
2. Aplikasi-Aplikasi untuk Mengedit Foto
3. Cara Mengedit Foto Produk dengan Aplikasi Snapseed
4. Aplikasi HP untuk Foto Produk Katalog
5. Cara Mengedit Foto Produk dengan HP
6. Tips Foto Produk yang Minimalis untuk Pebisnis
7. Tips & Trik Fotografi yang Low Budget
8. Inspirasi Fotografi Produk Fashion
9. Inspirasi Fotografi Produk Makanan
10. Cara Buat Studio Mini, Sederhana dan Fungsional
11. Ide DIY Properti Simple buat Foto Produk lebih Menarik
12. Kesalahan Fatal yang Perlu Dihindari Saat Foto Produk

Siapa yang tidak tahu apa itu foto? Di jaman digital ini, foto bisa didapatkan dengan mudah. Tidak lagi sulit seperti jaman dahulu, yang hanya bisa menggunakan kamera analog. Sekarang sebuah moment bisa dipotret lewat smartphone Sobat Shipper dan menghasilkan sebuah foto digital. Tapi permasalahannya, apakah foto yang kamu potret menarik?

Jika untuk dokumentasi pribadi, tidak masalah jika fotonya tidak dipoles. Yang jadi masalah adalah ketika foto Sobat Shipper ingin dipublikasikan di media sosial untuk kebutuhan bisnis. Poles sedikit fotomu dan jadikan foto kamu lebih menarik dilihat. Nah, ini dia, 6 aplikasi edit foto terbaik yang mudah digunakan. Tak hanya itu, 6 aplikasi ini juga merupakan aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang loh!

1. Adobe Lightroom

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi edit foto yang lagi trend sekarang, karena pemakaiannya yang mudah dan fungsinya yang sangat dicari oleh banyak orang. Adobe Lightroom merupakan aplikasi foto editor yang dibuat oleh Adobe untuk bisa di install di android, IOS, maupun PC kalian.

Adobe Lightroom menampilkan berbagai fitur dan tools yang cukup beragam, namun satu yang jadi Andalannya adalah mengedit warna foto. Sobat Shipper bisa mengedit warna foto kamu yang sebelumnya gelap menjadi lebih terang tapi tidak norak. Atau mungkin sebaliknya, dan masih banyak lagi.

Untuk Sobat Shipper yang tidak mau pusing mengatur warnanya, kamu bisa cari preset yang dapat di import ke adobe lightroom loh. Preset ini merupakan salah satu fitur yang menyimpan color grading custom yang sudah dibuat Sobat Shipper, karena biasanya orang-orang menggunakan aplikasi ini untuk menyamakan warna sebuah foto yang akan di posting.

Kelebihan :

– Menangani banyak foto dalam satu waktu yang sama

– Bisa meng-import presset

Kekurangan :

– Fiturnya sulit dipahami untuk pemula (karena harus eksplorasi sendiri)

2. Snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi yang tidak memiliki banyak fitur, namun ternyata cukup digandrungi banyak orang! Apa saja sih fitur dari Snappseed ini? Untuk fitur yang dasar seperti crop, rotate, dan filter warna juga tersedia disini.

Salah satu fitur untuk mengubah perspektif dan juga meluaskan foto adalah fitur yang banyak dicari di aplikasi ini. Fitur perspektif diperlukan untuk foto yang nampaknya kurang perspektif, atau mungkin ingin mengedit sehingga objek foto terlihat lebih tinggi atau lebih pendek. Dan untuk fitur luaskan sendiri digunakan untuk meluaskan daerah background yang dirasa kurang luas atau jarak objek dan background kurang lebar.

Cara mengedit fotonya juga cukup mudah, kamu hanya perlu memilih foto mana yang ingin diedit, kemudian ada tiga menu di bagian bawah. Kalian bisa menguliknya lebih dalam lagi ketika sudah mengunduh aplikasinya.

Kelebihan :

– Ada beragam fitur yang disediakan (mulai dari fitur basic sampai yang rumit)

– Bisa mengingkatkan kualitas foto

Kekurangan :

– Tidak tersambungkan ke jaringan sosial

3. PiscArt

PiscArt nampaknya salah satu aplikasi edit foto yang cukup diminati banyak orang sejak tahun 2012 silam. Walaupun PiscArt merupakan aplikasi lama, tapi fiturnya terus diperbaharui hingga tak kalah saing dengan aplikasi lainnya. PiscArt ini cocok digunakan untuk Sobat Shipper yang ingin mengedit foto sederhana bahkan rumit.

Fiturnya bermacam-macam, mulai dari fitu dasar sampai yang rumit. Salah satu fiturnya adalah untuk mengubah foto menjadi tidak memiliki background. Bagaiaman cara mengganti background foto di PiscArt? Mudah saja, Sobat Shipper bisa memilih beberapa tools, seperti free crop dan erase background. Kalian bisa pilih foto berlatar belakang polos, sehingga mepermudah penggantian background foto.

Tak hanya unutk mengganti background foto, PiscArt juga bisa membuat kolase foto dan menghiasnya dengan beragam stiker atau bentuk. Sobat Shipper juga bisa menggambar di PiscArt menggunakan fitur Draw. Aplikasi ini cenderung memiliki banyak fitur dan mudah dalam penggunaanya, jadi cocok untuk digunakan sobat shipper yang baru belajar editing foto.

Kelebihan :

– Punya fitur yang lengkap, mulai dari editing foto sampai warna

– Bisa menggambar sendiri pada laman kosong maupun sebuah foto

Kekurangan :

– Sering terjadi error dalam penggunannya (jika sudah terlalu lama menggunakan)

4. VSCO

VSCO merupakan salah satu foto editor terbaik yang bisa diakses dengan mudah. Selain bisa mengedit, aplikasi ini juga memiliki fitur kamera dan bisa langsung dibagikan di berbagai media sosial di komunitas fotografer loh. VSCO cocok sekali untuk Sobat Shipper yang suka memotret dan membagikannya.

Fitur yang dimiliki VSCO sendiri cukup banyak dan mudah dipahami untuk seorang pemula. Namun, fitur utama dari aplikasi ini adalah pencahayaannya. Ketika memotret melalui kamera VSCO, Sobat Shipper bisa mengatur pencahayaan dan fokus fotonya.

Selain itu, VSCO ini juga mirip dengan Adobe Lightroom yang bisa mengedit warna foto. VSCO memiliki ratusan preset yang mempermudah kamu untuk mengedit warna foto. Tidak perlu susah-susah mengatur color grading dari sebuah foto lagi, Sobat Shipper cukup menggunakan preset yang sudah disediakan VSCO.

Kelebihan :

– Memiliki banyak pilihan presset

– Bisa mengedit foto dan juga video

Kekurangan :

– Ada beberapa filter yang harus bayar untuk mendapatkannya

5. Nichi

Aplikasi ini mungkin jarang diketahui tapi pasti Sobat Shipper pernah lihat hasilnya di media sosial. Mungkin ketika hari ulangtahun salah satu teman kalian, ada yang memposting sebuah foto dengan editan vintage dan retro yang kelihatannya butuh skil editingin yang bagus untuk mendapatkan foto tersebut. Padahal mungkin mereka hanya menggunakan aplikasi Nichi.

Ap aitu Nichi? Nichi adalah salah satu aplikasi edit foto dan video untuk Instagram Stories dengan bebagai template yang lucu dan unik. Biasanya template yang tersedia adalah berjenis vintage atau retro, juga klasik. Edit background foto online jadi lebih mudah menggunakan Nichi, Sobat Shipper

tinggal memilih template background mana yang ingin digunakan. Kemudian setelah selesai memilih template, kalian juga bisa menghias dengan beberapa stiker atau tulisan. Setelah itu, simpan gambarnya dan share di instastori supaya orang piker kalau kalian adalah editor foto professional.

Kelebihan :

– Template yang diberikan beragam

Kekurangan :

– Selera orang berbeda-beda terhadap template yang diberikan

6. Adobe Photoshop Express

Ini juga merupakan anak dari Adobe, aplikasi foto yang digunakan untuk pengeditan supaya foto terlihat lebih menarik. Yang menjadi keunikannya adalah, dengan Adobe Photoshop Express ini kamu bisa menyimpannya dalam format RAW atau TIFF yang sulit dijumpai di aplikasi smartphone lainnya.

Namun, dibandingkan dengan aplikasi buatan adobe lainnya, Adobe Photoshope Express ini memang lebih memiliki sedikit fitur sehingga terbatas jika ingin mengedit foto dengan maksimal. Apa yang mengungguli aplikasi ini? Kecepatannya! Ya, seperti namanya ‘express’ yang artinya cepat. Cara mengedit fotonya juga mudah karena tampilannya yang simple dan tidak membuat pusing.

Kelebihan :

– Bisa diatur seusai keinginan pribadi

Kekurangan :

– Fitur kebanyakn dirancang Creative Cloud

Apa aplikasi edit foto terbaik menurut Sobat Shipper? Hanya sedikit mempercantik fotonya bukan berarti menipu loh! Kecuali kalian mengubah fotonya hingga jauh berbeda dari aslinya. Jadi, mana aplikasi edit foto andalan untuk foto produk bisnismu? Nah, kalau foto produk makin cantik, penjualan makin naik jangan lupa gunakan Shipper untuk pengirimannya. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi websitenya di shipper.id!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.