Simak 6 Langkah Berikut buat Meningkatkan Profit Bisnis Secara Optimal!

Uncategorized05 July 2021
apa0itu-profit-serta-keuntungannya

Membahas dunia bisnis pasti bakal selalu berhubungan dengan profit atau keuntungan bersih. Bukan sesuatu yang aneh sebenarnya, mengingat keuntungan atau laba adalah salah satu tujuan utama yang diincar para pebisnis.

Jika dijelaskan secara sederhana, profit adalah jumlah uang yang dihasilkan perusahan yang bersumber dari penjualan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Nah, sebagai pelaku bisnis yang cerdas, kamu wajib tahu strategi buat meningkatkan keuntungan seperti yang diulas berikut ini!

1. Tingkatkan harga barang dan layanan

Langkah ini bisa kamu lakukan kalau cemas produk tak bisa bersaing di pasar. Namun, kamu harus hati-hati saat akan menaikkan harga, mengingat profit bisa saja turun akibat berkurangnya jumlah konsumen. Hal tersebut masih bisa kamu siasati dengan meningkatkan layanan. Misalnya dengan memberikan packing yang menarik atau garansi dalam jangka waktu tertentu. Konsumen nanti bisa saja berpikir kalau kenaikan harga tadi dipengaruhi dari peningkatan layanan produk.

2. Analisis untuk mengetahui margin laba kotor

Untuk mengoptimalkan cara meningkatkan profit, kamu harus menganalisis margin laba kotor yang nantinya diperoleh. Terutama kalau jenis produk yang ditawarkan cukup banyak, sehingga membutuhkan analisis per item. Dengan tahap ini, kamu bisa mengidentifikasi produk yang mempunyai margin rendah dan merugikan perusahaan. Setelah itu, kamu bisa teruskan dengan merencanakan pengembangan produk buat menggenjot profit.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Bisnis Sejak Dini

3. Hindari kompetisi harga dari pesaing

Memasang harga yang bersaing di pasar memang bakal membuat kredibilitas produkmu semakin baik di mata konsumen. Namun, ada baiknya juga kamu tak sengaja mencari kompetisi harga yang dipasang konsumen kalau belum terlalu yakin dengan strategi menaikkan profit yang dipakai. Fokuskan dulu biaya yang akan dikeluarkan untuk memproduksi produk, lalu lanjutkan dengan menentukan harga. Dengan begitu, kamu tak bakal kekurangan biaya buat produksi ulang.

4. Siapkan dan tambahkan jenis produk

Apakah konsumen mulai mencari jenis produk lain saat menemukan bisnismu? Kalau kamu merasa penjualan sudah stabil, tak ada salahnya menambah variasi produk demi kepentingan profit. Selain dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas, langkah tersebut bakal menjadi bukti dari perkembangan bisnis yang kamu kelola. Sebagai tahap awal, pastikan jenis produk baru tadi masih punya korelasi dengan produk-produk lama.

5. Perpendek siklus penjualan produk

Profit bisnis bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan perilaku konsumen. Dengan memperpendek siklus penjualan, misalnya, kamu secara tak langsung bakal memperpanjang retensi pelanggan. Nilai jual produk pun akan lebih mudah ditemukan dan disampaikan kepada target pasar. Selain itu, kamu bisa menyampaikan informasi edukatif sehubungan produk ideal yang bisa konsumen jadikan solusi dengan mengarahkannya pada produkmu.

6. Cegah sistem fraud pada bisnis

Bertambahnya profit tetap terasa sia-sia kalau ada sistem fraud dalam bisnismu. Untuk menghindari kemungkinan tersebut, kamu bisa mengaplikasikan metode dengan sistem keamanan tinggi dalam cara pembayaran yang ditawarkan. Membiarkan sistem fraud bukan hanya meningkatkan peluang pencurian dan kecurangan. Reputasi bisnis juga bakal turun drastis akibat keluhan konsumen yang tak puas dengan layananmu.

Dalam urusan pelayanan, kamu bisa mempercayakan pihak ketiga berpengalaman. Sebut saja Shipper yang sudah ahli dalam mengurus pengiriman barang hingga mengatur stok barang di gudang mereka. Sudah banyak pihak yang mempercayakan Shipper sebagai klien karena terbukti mampu meningkatkan profit. Penasaran dengan layanannya? Kunjungi saja https://shipper.id buat shipping dan https://shipper.id/warehouse buat pergudangan.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Memaksimalkan Pengelolaan Jasa Fulfillment yang Bisa Kamu Lakukan

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.