4 Alasan Kamu Perlu Buat Struktur Organisasi untuk Bisnismu

Uncategorized21 June 2021
apa-itu-struktur-organisasi

Tahukah Sobat Shipper kalau yang namanya struktur organisasi wajib ada, termasuk di organisasi bisnis seperti UKM yang kamu rintis? Soalnya, mau bisnis berskala global maupun UKM sekalipun, sebuah bisnis butuh struktur agar bisa tumbuh dan menghasilkan laba.

Oleh karena itu, ada bisnis yang punya struktur organisasi sederhana, dan ada juga yang punya struktur dengan lebih banyak tingkatan. Nah, untuk lebih memahami soal pentingnya struktur organisasi dalam bisnis, terutama bisnis UKM, yuk simak ulasannya berikut ini!

Mengapa UKM Harus Punya Struktur Organisasi?

1. Komunikasi lebih baik.

Kesuksesan sebuah bisnis juga bergantung pada aliran informasi. Oleh karena itu, dalam sebuah struktur organisasi tak hanya terdapat tingkatan otoritas atau hierarki saja, tapi juga aliran informasi dan komunikasi yang jelas.

Sebagai contoh, staf pemasaran tentunya berkomunikasi langsung dengan manajer pemasaran. Tapi, staf tersebut juga dapat berkomunikasi dengan manajer sales. Pasalnya, strategi pemasaran menghasilkan seberapa banyak lead yang bisa diperoleh, sementara tim sales harus temukan cara agar semua lead tersebut dapat digolkan menjadi penjualan (closing).

2. Alur pelaporan yang jelas.

Nah, dari ilustrasi di atas, bisa kamu simpulkan pula bahwa adanya struktur dalam organisasi juga menjabarkan apa yang jadi tanggung jawab masing-masing individu, dan kepada siapa mereka harus melapor. Kalau tidak begini, tanggung jawab atas sebuah tugas akan terbengkalai.

Adanya alur pelaporan yang jelas di dalam struktur bisnis ini juga mempermudah para manajer dalam mengawasi staf atau bawahan mereka. Di samping itu, struktur organisasi manajemen juga memandu para manajer agar tidak campur tangan dalam bidang yang di luar perannya.

3. Mendukung pertumbuhan dan ekspansi usaha.

Perusahaan yang tumbuh pesat juga merupakan bisnis yang menggunakan sumber daya mereka secara optimal, termasuk SDM-nya. Hal ini pun dapat ditunjang oleh struktur organisasi perusahaan yang baik.

Sebab, agar UKM-mu bisa menggunakan SDM dengan optimal, kamu terlebih dahulu harus menempatkan individu pada posisi yang tepat – the right person in the right position. Kalau tidak, tentu tugas dan tanggung jawab yang melekat pada posisi tersebut jadi tidak bisa terpenuhi dengan maksimal, kan?

4. Efisiensi tugas.

Struktur bisnis yang tepat juga dapat mendukung penyelesaian proyek dan tugas yang efisien. Karena sekali lagi, struktur yang baik adalah struktur yang menempatkan SDM pada posisi yang tepat, sesuai dengan kemampuan dan kualifikasinya.

Cara Membuat Struktur Organisasi

Nah, untuk Sobat Shipper yang baru merintis UKM, kamu bisa mulai menyusun cukup dengan struktur organisasi perusahaan yang simpel terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengidentifikasi apa saja peran atau posisi kunci yang penting buat bisnismu. Dengan begitu, tidak ada tugas yang terbengkalai sementara bisnismu tumbuh – operasi, produksi, penjualan, pemasaran, SDM, customer service, dan sebagainya.

Setelah kamu tentukan peran-perannya, kamu jabarkan peran dan tanggung jawab masing-masing posisi, lalu pilih orang-orangnya. Dalam bisnis UKM, biasanya ada peluang bahwa satu orang yang memegang lebih dari satu posisi, misalnya sales dan marketing. Tapi, kamu tetap perlu pisahkan kedua posisi tersebut karena tugas dan perannya yang berbeda.

Untuk kamu yang kekurangan staf untuk menangani urusan pengiriman barang maupun pergudangan, kamu tak perlu khawatir. Soalnya, Shipper menawarkan solusi praktis yang bisa kamu akses dengan mudah di shipper.id/warehouse dan shipper.id/BOS. Dengan begitu, tugas soal pengiriman dan warehousing bisa kamu serahkan ke profesional, sementara kamu dan tim yang ada bisa fokus untuk mengembangkan UKM terlebih dahulu!

Baca Juga: 6 Langkah Supaya Kamu Menjadi Seller Favorit di Marketplace

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.