Ketahui Apa Itu Arti Merger Sebenarnya dalam Bisnis

Uncategorized20 August 2021
apa-itu-merger-dalam-bisnis

Mungkin para pebisnis sudah tidak asing lagi dengan nama atau istilah merger ini. Jadi, secara singkat, merger adalah penggabungan dua ataupun lebih perusahaan sehingga nantinya terbentuklah sebuah bisnis yang baru dari hasil merger tersebut. Mengenai hal ini tentu akan memiliki keuntungan dan juga tantangan tersendiri, baik itu bagi pemiliknya ataupun para pekerja yang telah tergabung di dalam perusahaan tersebut.

Namun, untuk lebih jelas lagi maka Sobat Shipper bisa melihatnya langsung berbagai informasi tentang merger dalam perusahaan yang ada di bawah ini.

Baca juga: Perusahaan Joint Venture, Apa Karakteristik dan Keunggulannya?

Apa Itu Merger?

Pada sebelumnya Kamu telah melihat secara singkat tentang pengertian merger. Jadi, jika diuraikan secara umum maka merger adalah suatu atau sebuah proses penggabungan dua perseroan, yang mana salah satunya tetap berdiri serta menggunakan nama yang sudah ada sedangkan untuk perseroan lainnya akan bergabung dengan perseroan tersebut dan tidak akan menggunakan lagi nama perseroan miliknya.

Selain itu, semua aset dan kekayaan yang dimiliki oleh perseroan tersebut akan dimasukkan pula ke dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut. Namun, ada juga yang menjelaskan bahwa merger adalah penggabungan dua perusahaan yang menjadi satu, yang mana perusahaan tersebut telah melakukan merger atau mengambil alih semua aset serta kewajiban pada perusahaan yang telah menerima merger.

Tak hanya itu saja, sedikit informasi lainnya tentang merger, dimana merger adalah salah satu bentuk ekspansi eksternal pada perusahaan dengan cara menggabungkan dua perusahaan dan bahkan bisa lebih sehingga nantinya hanya ada satu nama perusahaan saja yang tetap akan berdiri, sedangkan perusahaan yang lainnya bubar dan ini atas dasar hukum tanpa adanya likuidasi terlebih dahulu. Agar lebih jelas maka Sobat Shipper bisa melihat gambaran berikut ini:

Misalnya seperti:

  • Perusahaan A + Perusahaan B bergabung menjadi Perusahaan A 
  • Perusahaan A + Perusahaan B + Perusahaan C = Perusahaan A

Jenis-Jenis Merger

Terlepas dari pengertian merger maka disini Sobat Shipper juga bisa melihat jenis-jenis merger, yang mana antara lainnya sebagai berikut:

1. Merger Vertikal

Jenis merger yang pertama yaitu merger vertikal yang merupakan proses merger yang nantinya meleburkan beberapa perusahaan yang memang masih saling berhubungan. Misalnya seperti contoh yaitu perusahaan pelek mobil dan nantinya merger dengan perusahaan mobil.

2. Merger Horizontal

Merger horizontal merupakan sebuah proses merger yang nantinya menggabungkan dua perusahaan ataupun lebih dengan jenis usahanya masih sama. Contohnya seperti merger antara perusahaan jasa keuangan dengan perusahaan lainnya.

3. Merger Kongenerik

Pada jenis ini merupakan proses merger yang nantinya akan menggabungkan dua perusahaan ataupun lebih, yang mana bentuk usahanya masih saling berhubungan, akan tetapi berbeda produk. Contohnya seperti merger antara sebuah Bank dengan merger perusahaan pembiayaan.

4. Konglomerat

Pada poin keempat yaitu konglomerat dan ini merupakan proses sebuah merger yang menggabungkan beberapa perusahaan yang nantinya menghasilkan produk dan memang tidak ada kaitannya satu sama lainnya. 

Misalnya yaitu perusahaan makanan akan melakukan merger ke perusahaan kosmetik. Jadi, tujuan dari konglomerat ini adalah untuk meningkatkan kembali pertumbuhan badan usaha atau perusahaan dengan cara saling bertukar saham antara perusahaan si A dan perusahan si B.

Untuk itu, kesimpulan dari merger adalah kesepakatan yang dilakukan antara dua perusahaan ataupun lebih dengan tujuan bersatu menjadi suatu bisnis yang baru. Selain itu, bagi Kamu yang memiliki perusahaan atau bisnis dibidang produk, makanan dan lainnya maka nantinya Kamu juga bisa bekerja sama dengan Shipper terutama dalam proses pengiriman barang ke berbagai wilayah menjadi lebih hemat waktu, tenaga dan biaya. 

Oleh sebab itu, silahkan cek informasi terkait hal ini di www.shipper.id dan terkait masalah packing tentu saja secara langsung akan di packing dari warehouse melalui https://shipper.id/warehouse. Jadi, Sobat Shipper bisa langsung fokuskan waktu dan tenaga untuk bisa mengembangkan usaha serta meningkatkan laba penjualan!


Baca juga: 6 Cara Melakukan Rebranding Bisnis Agar Semakin Lancar

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.