5 Kriteria yang Memenuhi KPI Bisnis, Apa Saja?

Uncategorized18 June 2021
apa-itu-kpi-bisnis

Dalam pemantauan dan evaluasi sebuah bisnis atau perusahaan, dibutuhkan penerapan sistem manajemen kinerja yang memadai. Untuk merancangnya, Sobat Shipper dapat menggunakan KPI atau Key Performance Indicator. KPI adalah alat ukur atau indikator yang memperlihatkan efektivitas sebuah perusahaan atau kegiatan bisnis untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditargetkan.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang belum mampu mengoptimalkan fungsi KPI dan mengabaikan hubungan dari satu indikator ke indikator lain. Akibatnya, sistem manajemen mereka hanya berisi list of KPI’s. Nah supaya upaya Sobat Shipper tak berakhir sia-sia, mari pelajari dulu pegertian hingga penerapan yang dapat dilakukan buat menunjang penggunaan KPI.

Jenis-jenis Key Performance Indicator (KPI)

Bisa dikatakan KPI adalah salah satu kunci sukses yang membantu Sobat Shipper mengontrol berbagai aspek dalam bisnis. Dari kinerja karyawan, produk yang dipasarkan, hingga sejauh mana perusahaan mampu menjangkau target-targetnya. Adapun dua jenis KPI yang bisa Sobat Shipper sesuaikan dengan kebutuhan bisnis, antara lain:

1. Key Performance Indicator finansial

KPI finansial merupakan indikator kinerja utama yang berhubungan dengan kondisi keuangan. Ada lima jenis dalam kategori ini, antara lain KPI laba kotor, KPI laba bersih, KPI marjin laba kotor, KPI marjin bersih, dan KPI rasio lancar. Mengingat KPI adalah pengukur yang bisa diandalkan untuk menemukan hasil yang spesifik, KPI finansial adalah jenis yang bakal meringankan perhitungan keuangan.

2. Key Performance Indicator non-finansial

Manfaat KPI bukan hanya berkisar seputar finansial. Ada KPI non-finansial yang dapat Sobat Shipper aplikasikan pada hal-hal di luar manajemen keuangan. Sejumlah contoh yang dapat dikategorikan ke dalam KPI non-finansial mencakup perputaran tenaga kerja, rasio pelanggan berulang yang terjadi terhadap pelanggan baru, matriks kepuasan pelanggan, hingga pangsa pasar. 

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Jasa Warehouse Bagi Perusahaan

Penerapan KPI berdasarkan kriteria SMART

KPI adalah indikator yang bisa Sobat Shipper pakai dalam jangka waktu harian, mingguan, maupun bulanan. Dalam penerapannya, Sobat Shipper bisa memakai lima kriteria yang disebut sebagai SMART, antara lain:

1. Spesific

Salah satu kriteria KPI ini membantu perusahaan mencapai tujuan yang spesifik dan mencegah munculnya hasil yang kurang diharapkan. Begitu mendapatkan hasil yang jelas, bakal lebih mudah bagi Sobat Shipper buat mengetahui kapan tujuan dapat diwujudkan.

2. Measurable

Tujuan yang Sobat Shipper pasang untuk bisnis atau perusahaan harus bisa diukur dari segi kualitas maupun kuantitas. Implementasinya dapat ditempatkan pada performa standar yang diberlakukan atau ekspektasi kinerjanya.

3. Achievable

Sesuai dengan definisi KPI, kriteria ini mengharuskan tujuan perusahaan mudah dicapai. Apalagi sesuai definisinya, KPI adalah alat ukur yang menuntut Sobat Shipper untuk memformulasikan tujuan atau target supaya hasilnya tak mengecewakan.

4. Realistic

Selain harus mudah digapai, tujuan-tujuan perusahaan yang Sobat Shipper buat sebaiknya bersifat realistis. Berandai-andai boleh, tetapi jangan sampai keluar jalur atau tak memenuhi kapasitas karyawan yang bekerja.

5. Time sensitive

Masing-masing tujuan mempunyai batas waktu yang mendorong Sobat Shipper untuk segera mewujudkannya dengan strategi yang tepat. Memberikan tenggat pun bakal membuat Sobat Shipper lebih disiplin terhadap pekerjaan.

Setelah memahami Key Performing Indicator, Sobat Shipper akan luwes mengimplementasikannya ke berbagai aspek. Misalnya pengiriman barang kepada konsumen dengan layanan yang memuaskan. Agar hasil KPI tetap bagus, Sobat Shipper bisa memakai jasa shipping dari Shipper. Silakan masuk saja ke https://shipper.id untuk cek tarif hingga jangkauan pengiriman mereka, ya!

Baca juga: Memulai Usaha Ekspedisi Pengiriman Barang

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.