Mengenal Fulfillment, Konsep yang Memudahkanmu Mengatur Pesanan Pelanggan

Uncategorized23 May 2021
apa-itu-fulfillment

Aktivitas jual beli online yang terus berkembang bikin banyak orang tertarik buat mengikutinya. Dibandingkan bisnis konvensional, bisnis yang bergerak di ranah digital memang terbilang lebih mudah buat kamu kelola. Selain modal awalnya yang terjangkau, kamu juga bisa memanfaatkan teknologi seperti smartphone dan media sosial buat beraktivitas.

Namun, bukan berarti bisnis online bebas masalah. Kamu bisa kewalahan menangani jumlah pesanan yang masuk, sementara kamu belum bisa menyewa karyawan tambahan karena terbatasnya pemasukan. Untungnya, sekarang sudah ada satu solusi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya, yakni fulfillment.

Konsep Gudang ‘Bersama’ dari Amazon

Apa itu order fulfillment? Secara garis besar, jasa ini mencakup serangkaian proses pemenuhan pesanan produk dari pelanggan. Proses fulfillment dimulai dari penerimaan pemesanan sampai pengiriman produk hingga ke alamat penerima. Praktiknya sendiri kini lebih sering dikaitkan dengan bisnis online walaupun ada bisnis offline yang menggunakannya.

Dalam bisnis online, order fulfillment sering disebut juga sebagai back-office operations. Pasalnya, kegiatan-kegiatan yang berlangsung lebih sering terjadi di ‘belakang’ alias di pergudangan. Kalau kamu ingin melihat contoh order fulfillment yang bagus, ada Shipper yang sudah menyediakan jasanya dan bisa kamu cek langsung di www.shipper.id.

Lantas, dari mana sebenarnya tren fulfillment berasal? Adalah Amazon yang jadi inisiator dari konsep jasa ini. Kali pertama diperkenalkan pada 1997, perusahaan logistik besutan Jeff Bezos tersebut menghadirkan pusat gudang bersama di Delaware dan Seattle. Sekarang, sudah ada kurang lebih 1.446 gudang Amazon yang tersebar di seluruh dunia dengan Amerika Serikat dan India sebagai 2 negara yang punya pusat gudang paling banyak.

Memahami Alur Order Fulfillment dalam Bisnis

Sobat Shipper, untuk kamu yang sudah berencana mengembangkan bisnis online atau tertarik dengan layanan order fulfillment harus memahami alurnya terlebih dahulu. Setidaknya ada 4 langkah yang bakal kamu lewati, antara lain:

Baca juga: Cara Menulis Format Kirim Paket yang Baik dan Benar

1. Pengambilan Barang

Langkah pertama yang bakal kamu lakukan saat memakai gudang bersama adalah menghitung barang yang akan dikirim kepada para pelanggan. Kemudian, pihak gudang akan mengambilnya ke tempat kamu (picking). Dalam tahap fulfillment, ini, kamu juga harus menyiapkan stok cadangan untuk mengantisipasi habisnya stok dan memudahkan pihak gudang memprosesnya.

2. Pengelolaan Barang

Pengelolaan barang alias inventaris adalah langkah paling penting bagi pebisnis. Kamu tak bakal kerepotan mengatur, menjaga, maupun merawat barang. Hal ini disebabkan pemilik gudang yang akan mengurusnya secara profesional. Alhasil, kamu bisa mengalokasikan waktu dan tenaga ke aktivitas lain buat mengoptimalkan bisnis.

3. Pengemasan Barang

Dalam layanan fulfillment, pengemasan barang atau packing harus dilakukan sesuai prosedur. Oleh karena itu, kamu harus pastikan pemilik atau pengelola gudang sudah profesional dalam menangani setiap langkahnya. Sementara sebagai pebisnis, kamu hanya perlu memantau pergerakan dan gencar berpromosi agar barangnya tetap terus laris dan mendatangkan banyak pembeli.

4. Pengiriman Barang

Langkah terakhir dalam fulfillment adalah mengirimkan barang atau shipping. Pemilik gudang yang berpengalaman biasanya sudah bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi terpercaya buat mengurus proses ini. Kamu memang bakal lebih santai, tetapi pastikan semua pesanan pelanggan sudah terkirim sesuai estimasi.

Nah, seperti yang sudah disinggung tadi di atas, kamu bisa mempercayakan Shipper kalau membutuhkan partner penyedia gudang bersama. Dengan jumlah gudang yang sudah tersebar di 10 kota di Indonesia, Shipper bakal memastikan barang yang kamu kirim tiba dengan selamat di tangan pelanggan. Silahkan cek informasi lengkap terkait jasa fulfillment Shipper dengan mengunjungi langsung https://shipper.id/warehouse.

Baca juga: 3 Faktor yang Memengaruhi Biaya Ekspedisi Jakarta Surabaya Murah

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.