6 Elemen yang Perlu Diperhatikan Agar Jualan Semakin Mantap

Uncategorized23 June 2021
6-elemen-yang-perlu-diperhatikan-agar-jualan-semakin-mantap

Mengoptimalkan branding bakal memberikan dampak besar buat kelangsungan bisnis yang sedang Sobat Shipper jalani. Dari sekian elemen yang diperlukan, nama memiliki peran sebagai identitas jasa atau produk di mata target pasar. Maka dari itu, kalau diperhatikan, pemilihan nama dalam sebuah brand melewati proses panjang untuk meningkatkan branding awareness.

Untuk mendapatkan nama yang pas buat brand bisnis, Sobat Shipper jangan lupa memperhatikan elemen-elemen ini, ya!

1. Nama Belum Pernah Dipakai

Bukan cuma berkaitan dengan identitas produk, nama yang Sobat Shipper pilih untuk berbisnis juga bakal berurusan dengan hukum. Mengapa? Untuk branding, nama tersebut sebaiknya tidak mempunyai kemiripan dengan pemilik bisnis lain karena bakal dikira mencatutnya. Luangkan waktu buat survei untuk memastikan status nama tersebut. Salah satu sumber terpercaya yang bisa digunakan adalah website resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

2. Nama Unik Sekaligus Singkat

Nama-nama unik yang disematkan dalam sejumlah produk kekinian adalah contoh yang bisa Sobat Shipper pertimbangkan untuk branding produk. Namun, Sobat Shipper harus hati-hati juga karena nama unik yang panjang cenderung menyulitkan target pasar buat mengingatnya. Hal ini jelas akan membuat bisnis jalan di tempat walau produk yang ditawarkan terbilang bagus. Nama yang terdiri atas dua kata dan berima direkomendasikan untuk menggaet konsumen secara cepat.

Baca juga: Tips Pemasaran Produk Secara Online Bagi Pemula yang Bisa Diintip

3. Mengandung Makna Positif

Tak sedikit branding yang berakhir pada kegagalan karena nama yang mereka usung ternyata mengandung konotasi atau makna negatif. Inilah yang membuat riset dan survei sangat penting karena bakal menyelamatkan Sobat Shipper dari kehilangan target pasar potensial. Menggunakan nama yang baik dan positif bakal membawa imej yang bagus pula buat bisnis Sobat Shipper. Jadi, jangan asal-asalan, ya, saat mencarinya.

4. Mudah Didengar dan Diucapkan

Selain menarik dan bermakna positif, nama brand produk juga harus mudah didengar dan diucapkan. Konsumen, terutama di era digital yang serba praktis, paling malas bertemu produk yang namanya tak cepat menempel dalam ingatan mereka. Sebelum memperkenalkannya pada calon konsumen, Sobat Shipper bisa coba sendiri, lalu lakukan survei kepada sampel untuk mengetahui efektivitas branding dari nama yang sudah dipilih tersebut.

5. Sebisa Mungkin Hindari Singkatan

Pernah mendengar brand produk yang menggunakan singkatan? Sekilas memang terdengar catchy, tetapi langkah ini sebenarnya kurang dianjurkan, terutama kalau menggunakan karakter lain seperti angka yang berpotensi membingungkan masyarakat luas. Alangkah baiknya Sobat Shipper memakai nama yang pendek saja agar mudah diingat target pasar. Kalaupun memungkinkan, cukup sebutkan sesekali sebagai selingan.

6. Mampu Menjadi Cerminan Produk

Terakhir, pastikan nama produk Sobat Shipper mampu mencerminkan produk untuk menyukseskan branding. Sebagai contoh, kalau Sobat Shipper bakal menjual pakaian perempuan, gunakan kata seperti female atau girlie. Data-data seperti target konsumen, wilayah atau geografis, hingga strategi pemasaran yang diterapkan bisa membantu Sobat Shipper membangun imej yang akan diwakilkan pada nama tersebut, sehingga produk menghasilkan konversi penjualan yang baik.

Hal-hal di luar proses penamaan juga bakal berpengaruh pada tahap branding. Salah satunya memilih layanan pengiriman barang yang cepat dengan ongkos kirim terjangkau. Shipper adalah partner bisnis yang bisa membantu Sobat Shipper membangun citra yang bagus dari segi pelayanan terhadap konsumen untuk hal tersebut. Supaya tak penasaran, Sobat Shpper bisa cek https://shipper.id buat memeriksa informasi yang bisa membantu kelancaran bisnis.


Baca juga: 6 Brand Sepatu Lokal Terbaik yang Selalu Jadi Incaran Para Sneakerhead

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.