6 Aktivitas Utama Operasional Gudang yang Harus Diketahui, Apa Saja?

Uncategorized24 May 2021
6-aktivitas-operasional-gudang

Sobat Shipper, tahukah kamu kalau dalam operasional gudang terdapat 6 (enam) aktivitas utama? Dengan mengetahui dan memahami keenamnya, kamu bisa tentukan langkah-langkah penting dalam mengoptimasi sistem operasional gudang, lho. Kalau begitu, apa saja ya keenam aktivitas gudang tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Penerimaan

Penerimaan adalah aktivitas gudang yang paling pertama dan salah satu yang paling penting. Proses penerimaan yang tepat mengharuskan gudang untuk melakukan verifikasi bahwa barang yang masuk adalah benar barang yang dipesan, dalam jumlah yang sesuai, punya kondisi yang baik, dan masuk pada waktu yang telah ditentukan. Apabila aktivitas gudang ini terkendala, dampaknya bisa terasa ke seluruh aktivitas bisnis, baik itu bisnis dagang, distribusi, maupun manufaktur.

Baca juga: Pengiriman Cargo dengan Sistem yang Modern

2. Penyisihan (Put-away)

Proses kedua dalam sistem operasional gudang adalah penyisihan atau put-away. Dalam proses ini, barang yang telah diterima akan dibawa ke lokasi gudang yang telah ditentukan atau lokasi yang paling optimal. Barang perlu disisihkan dengan benar untuk efisiensi penyimpanan, menghemat waktu pemindahan barang yang disisihkan, menjamin keamanan staf gudang maupun barang, serta mengoptimalkan ruang gudang.

3. Penyimpanan

Aktivitas yang satu ini barangkali merupakan proses yang paling diidentikkan dengan operasional gudang. Penyimpanan adalah proses di mana barang ditempatkan pada ruang penyimpanan gudang yang paling tepat dan sesuai. Apabila dilakukan dengan benar dan tepat, proses penyimpanan akan bermanfaat untuk memaksimalkan ruang yang ada di dalam gudang Anda serta meningkatkan efisiensi tenaga kerja atau staf gudang.

4. Pengambilan (Picking)

Pengambilan atau picking adalah proses gudang di mana barang diambil dan dikumpulkan untuk memenuhi pesanan dari pelanggan. Dibandingkan aktivitas lainnya, pengambilan ini adalah aktivitas yang paling memakan banyak biaya. Oleh karena itu, optimasi proses picking akan sangat berdampak pada total biaya operasional gudang, di mana ketepatan atau akurasi yang tinggi dibutuhkan agar barang yang diambil, dikemas, serta dikirim ke pelanggan nantinya benar-benar sesuai pesanan.

Pasalnya, aktivitas pengambilan yang benar dan sukses juga akan sangat berdampak pada kepuasan pelanggan; jika pelanggan menerima barang yang salah, kepuasannya tentu akan berkurang, kan?

5. Pengemasan

Dalam pengemasan, barang yang diambil berdasarkan sales order kemudian akan dipersiapkan agar bisa dikirim ke pelanggan. Salah satu prioritas utama dalam pengemasan adalah memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada barang setelah barang meninggalkan gudang. Di samping itu, pengemasannya juga harus cukup ringan agar tidak menambah bobot barang, tapi juga harus aman.

6. Pengiriman

Dalam sistem operasional gudang, pengiriman adalah proses terakhir dan menandai awal mula perjalanan barang dari gudang menuju ke pelanggan. Proses pengiriman dianggap sukses hanya jika barang yang disortir dan diangkut ke kendaraan pengiriman adalah barang yang benar, diantar ke pelanggan yang tepat, dikirim dengan kendaraan atau mode pengiriman yang benar, serta diantar dalam kondisi aman serta tepat waktu.

Rupanya, aktivitas gudang tidak sesederhana yang dibayangkan, ya? Tapi, kamu tak perlu khawatir harus kerepotan mengelola semua aktivitas tersebut, Sobat Shipper. Soalnya, www.shipper.id menyediakan layanan sewa gudang yang akan menyederhanakan sistem operasional gudang untuk bisnismu.

Di www.shipper.id/warehouse, seluruh aktivitas penerimaan hingga pengiriman akan bantu dikelola oleh Shipper. Jadi, kamu bisa sepenuhnya fokus mengembangkan bisnismu, dan bukannya direpotkan oleh izin operasional gudang atau merumuskan standarisasi gudang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat bisnismu lebih simpel dan untung dengan layanan gudang dari Shipper!

Baca juga: 4 Keuntungan Pengiriman Cargo dengan Shipper

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.