5 Persiapan Menjaga Stok Barang & Jasa Gudang Selama Masa Pandemi

Uncategorized27 May 2021
5-persiapan-jasa-gudang

Memasuki 2021, sektor perekonomian Indonesia yang sempat melemah akibat wabah Covid-19 pelan-pelan mulai bangkit. Kebijakan yang diberikan pemerintah hingga munculnya peluang bisnis baru adalah salah dua faktor yang ikut membantu perkembangan tersebut. Jadi, kamu yang sedang menjalankan bisnis bisa kembali mengelolanya dengan strategi baru.

Selain menjaga stok barang dan target pasar, kamu yang pakai jasa gudang juga harus memperhatikan pengelolaannya, lho. Supaya manajemen gudang bisnis dan persediaan barangmu terjaga selama masa pandemi, optimalkan dengan langkah-langkah di bawah ini, yuk!

1. Siapkan Peralatan Kesehatan di Gudang

Baik kesehatan pribadi maupun kesterilan barang di gudang harus kamu prioritaskan. Pasalnya, staf yang sakit dan kebersihan barang yang buruk sama-sama bakal meningkatkan risiko penyebaran virus yang membahayakan. Supaya pemakaian jasa gudang tetap terjaga, kamu perlu menyiapkan peralatan kesehatan yang dianjurkan seperti tempat cuci tangan, masker, hingga alat pengukur suhu.

Jangan lupa memberikan edukasi seputar Personal Protective Equipment (PPE) kepada staf atau karyawan supaya performa mereka tetap maksimal.

2. Beri Kelonggaran Izin Sakit untuk Karyawan

Sebagai pemakai layanan jasa gudang, kamu harus memperhatikan kemungkinan kontak virus pada karyawan. Mengingat penanganan pasien Covid-19 yang terbilang masih kompleks, tak ada salahnya buat melonggarkan izin sakit pada mereka. Khususnya buat karyawan yang pernah bertemu pasien Covid-19, merasakan gejala dari penyakit tersebut, atau tinggal di zona merah.

Penyelenggaraan tes kesehatan juga sangat disarankan kalau kamu masih ingin mendapatkan benefit dari jasa gudang sekaligus memantau kondisi karyawan.

Baca juga: Tips Pengiriman Barang Lewat Ekspedisi saat New Normal

3. Kerja Sama Dengan Lebih dari Satu Supplier

Manfaat jasa gudang di masa pandemi pun bakal kamu rasakan saat memudahkan akses katalog supplier. Mengapa? Karena tanpa katalog supplier yang memadai, kamu bakal susah restock barang, apalagi kenaikan harga masih sering berlangsung. Maka dari itu, pebisnis dan perusahaan disarankan buat menjalin kerja sama dengan multiple supplier sebagai bentuk antisipasi.

Dengan langkah ini, kamu bukan cuma mudah mengelola jasa gudang, melainkan juga mendapatkan klien baru yang lebih potensial buat mendongkrak profit.

4. Optimalkan Pengolahan Data dengan Wms

Digitalisasi yang terjadi sejak penyebaran virus Corona semestinya menguntungkan buat kamu yang sudah lama memakai Warehouse Management System (WMS). Bukan cuma membantumu mengatur fasilitas jasa gudang, WMS juga bisa meringankan bebanmu buat scanning barang, melacak lokasi gudang, hingga menganalisis bisnis.

Pengoptimalan fitur-fitur WMS juga berguna untuk karyawan gudang. Pasalnya, sistem tersebut memungkinkan mereka mengalokasikan waktu secara maksimal untuk proses inbound dan outbound.

5. Perluas Gudang atau Sewa Gudang Baru

Kalau kamu punya bujet lebih, tak ada salahnya buat memperluas gudang. Caranya, tanyakan pada penyedia jasa gudang kalau mereka punya properti yang lebih besar untuk menyimpan stok barang. Jika gudang yang kamu sewa sekarang sudah tak bisa mengimbangi operasional, cari gudang baru yang bisa membantumu menjaga keberlangsungan bisnis.

Gudang yang lebih luas bakal memaksimalkan kebijakan physical distancing di tempat kerja. Kamu pun bakal lebih tenang mengelola barang bersama para karyawan gudang.

Nah, kalau kebetulan kamu sedang cari gudang yang memenuhi protokol kesehatan, Shipper menyediakan tempat yang aman di masa pandemi. Kamu bisa cek https://shipper.id/warehouse buat mempelajari ketentuan jasa gudang beserta manfaat-manfaat yang diperoleh. Kalau kamu sudah mantap, silakan kontak Shipper, ya, buat dapat akses informasi lebih lengkap dan akurat.
Baca juga: 3 Trend WFH Starter Pack yang Sangat Dibutuhkan

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.