5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Sewa Gudang

Uncategorized28 July 2021
5-hal-yang-harus-dipertimbangkan-sebelum-sewa-gudang

Sobat Shipper, kita tahu peran warehouse sangat penting dalam proses produksi hingga distribusi produk. Hampir semua bisnis skala kecil hingga besar membutuhkan warehouse. Ada dua jenis gudang berdasarkan kepemilikan yaitu gudang pribadi dan sewa gudang. 

Mengapa sebuah perusahaan memerlukan warehouse? Warehouse adalah tempat penyimpanan barang atau produk. Aktivitas yang terjadi di warehouse tidak sebatas penyimpanan barang saja. Fungsi warehouse dalam operasional bisnis lebih beragam. Aktivitas warehouse secara umum adalah kegiatan penerimaan, penyimpanan dan pengiriman barang. 

Secara khusus fungsi warehouse bergantung pada jenis gudang tersebut. Ada gudang yang digunakan untuk menyimpan bahan baku, pusat distribusi, tempat transit, terminal konsolidasi dan sebagainya. Berdasarkan fungsi warehouse tidak menutup kemungkinan sebuah perusahaan memiliki lebih dari satu gudang dengan fungsi berbeda. Tentu biaya pembuatan dan pengelolaan gudang tidak sedikit. 

Beberapa perusahaan telah memiliki gudang pribadi, namun ada juga yang melakukan sewa gudang. Sewa gudang bisa menghemat biaya operasional, khususnya bagi perusahaan baru. Selain itu, alasan sewa gudang bisa karena membutuhkan fasilitas gudang tertentu dalam jangka waktu pendek.   

Sobat Shipper, apa sedang mencari info tentang gudang disewakan? Rencana penyewaan gudang memang bisa lebih efisien dari sisi biaya dan pengelolaan. Beberapa layanan sewa gudang menyediakan fasilitas pengelolaan gudang sekaligus. Dengan sewa gudang, kamu bisa lebih fokus mengurus hal-hal lain di luar manajemen gudang dan lebih fokus mengembangkan bisnis. 

Ketika mempertimbangkan untuk sewa gudang ada hal-hal yang perlu dipertimbangan. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum sewa gudang agar gudang bisa digunakan secara tepat. 

1. Tren Pasar atau Industri

Memilih sewa gudang tidak bisa sembarangan. Sobat Shipper perlu mengetahui trend pasar atau industri saat ini. Tren pasar terus berkembang dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Salah satu yang mempengaruhi tren pasar adalah perkembangan teknologi. 

Mengapa hal ini penting diketahui sebelum sewa gudang? Warehouse ikut berpengaruh pada perkembangan teknologi. Desain gudang, tata letak, lokasi, jenis gudang juga ikut berkembang mengikuti tren pasar dan perkembangan teknologi. 

Maka dari itu, sebelum memilih sewa gudang bulanan atau tahunan kamu perlu memahami tren pasar yang berkaitan dengan bisnis kamu. Tentukan lokasi gudang yang strategis sesuai lokasi pemasaran. Pilih desain dan fasilitas gudang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 

2. Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki tujuan dan kebutuhan bisnis berbeda. Memahami tujuan perusahaan akan membantu kamu menentukan jenis gudang yang cocok. Tujuan perusahaan juga memberikan dampak pada kebijakan pengelolaan gudang. Tujuan perusahaan menentukan proses produksi barang, manfaat produk yang ditawarkan dan strategi bisnis yang digunakan.   

Tujuan perusahaan menentukan fungsi warehouse yang perusahaan butuhkan saat ini. Maka dari itu, dengan mengetahui tujuan perusahaan kamu tahu fungsi warehouse seperti apa yang bisa membantu kinerja perusahaan. Setelah itu, kamu bisa menentukan jenis gudang yang disewa berdasarkan fungsi warehouse tersebut.

Setelah memahami tujuan perusahaan, kamu bisa tahu tujuan perusahaan sewa gudang. Misalnya, perusahaan hanya butuh gudang dalam jangka waktu pendek sebagai. Maka, kamu bisa menyesuaikan waktu sewa agar tidak terlalu lama. Dari proses produksi dan jenis produk kamu bisa memilih gudang yang tepat berdasarkan ukuran, lokasi, dan fasilitas yang sesuai. 

3. Rencana Bisnis 

Rencana bisnis perusahaan terkait dengan potensi penjualan produk, pengembangan service point dan siapa target market yang dituju. Hal ini akan berpengaruh pada jenis gudang kamu butuhkan dalam operasional bisnis. 

Semakin besar potensi penjualan produk, maka semakin besar ukuran gudang yang kamu butuhkan. Pengembangan service point dan sistem distribusi yang dilakukan berpengaruh pada fasilitas gudang yang dibutuhkan. Strategi rantai pasokan barang berpengaruh pada jumlah gudang yang perlu disewa dan tata letak gudang. 

Berdasarkan rencana bisnis perusahaan kamu pun bisa menentukan penggunaan warehouse management system. Warehouse management system  bisa membantu mempermudah pengelolaan gudang secara otomatis. Penggunaan warehouse management system bisa mendukung rencana bisnis perusahaan berjalan lebih efektif dan efisien. 

4. Tingkat Layanan Pelanggan

Tingkat layanan pelanggan ikut menentukan bagaimana respon perusahaan terhadap kepuasan pelanggan. Memberikan respon yang cepat ketika pelanggan melakukan pemesanan barang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas dengan tingkat layanan, maka penjualan bisa meningkat. 

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan tentu perlu manajemen warehouse yang baik. Hal ini dipengaruhi dari kualitas produk, sumber daya manusia, sistem warehouse dan kebijakan perusahaan. Contoh, jika produk kamu butuh freezer untuk menjaga kualitas, maka pilih jenis gudang dengan pengaturan suhu yaitu climate controlled warehouse.

Jika permintaan produk dari pelanggan sangat banyak, maka kamu perlu sistem pendukung agar bisa lebih cepat menanganinya. Kamu bisa gunakan warehouse management system agar karyawan bisa bekerja lebih cepat dan akurat untuk memenuhi permintaan pelanggan. 

5. Faktor Eksternal

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum sewa gudang adalah faktor eksternal. Faktor eksternal meliputi konstruksi bangunan, keamanan gudang, aksesibilitas gudang, manual atau otomatis handling dan sebagainya. 

Faktor eksternal dipengaruhi dari tujuan perusahaan melakukan sewa gudang. Misalnya, perusahaan sudah punya gudang, namun perlu gudang tambahan karena permintaan produk meningkat. Maka, lokasi gudang yang dekat dengan gudang lain akan lebih memudahkan proses manajemen gudang. 

Contoh lain, kamu adalah perusahaan baru yang sedang berkembang dan membutuhkan warehouse. Maka, pilihlah ukuran gudang yang cukup dengan banyak barang yang akan disimpan. Sesuaikan juga anggaran sewa gudang dan biaya pemeliharaan gudang dengan tepat. 

Kini banyak jasa penyewaan gudang, khususnya di kota-kota besar di Indonesia. Layanan penyewaan gudang memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mendapatkan fasilitas gudang secara cepat dan praktis. Sewa gudang bisa menjadi solusi untuk menghemat anggaran operasional perusahaan, sehingga bisa dialokasikan untuk hal lain. 

Sobat Shipper, memilih gudang tentu tidak bisa sembarangan. Kamu harus memilih layanan sewa gudang yang terpercaya dan bisa memenuhi kebutuhan perusahaan. Kamu perlu gudang yang aman dengan manajemen yang baik. 

Semua kebutuhan sewa gudang yang kamu cari ada pada layanan warehouse! Tidak hanya menyimpan barang saja, Shipper juga bisa memberikan layanan simpan dan kirim yang aman. Selain itu, layanan warehouse Shipper juga telah dibekali manajemen pergudangan dan pengiriman yang terintegrasi dan efisien. Jangan ragu lagi memilih Shipper untuk layanan warehouse terbaik! Klik https://shipper.id/warehouse untuk mengetahui apa saja keunggulan dalam layanan warehouse yang bisa diberikan untuk kamu!

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.