5 Fitur Tokopedia yang bisa membuat jualan laris manis

Uncategorized23 March 2022
5-fitur-tokopedia-yang-bisa-membuat-jualan-laris-manis

Anda pastinya mengenal Tokopedia, salah satu e-commerce yang sering disebut sebagai Toko Hijau oleh masyarakat. Tokopedia ini telah dikenal oleh banyak orang mulai dari orang yang tinggal di perkotaan sampai ke pelosok daerah di tanah air.

Tokopedia adalah sebuah perusahaan kecil asli buatan Indonesia yang memulai debut pada tanggal 17 Agustus 2009 yang memiliki impian besar. Perusahaan ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, yang bercita-cita membantu pemerataan perekonomian Indonesia melalui sentuhan digital.

Tokopedia ini tentu saja sekarang telah menjadi perusahaan yang diperhitungkan di kawasan regional maupun global, yang menarik para investor besar untuk berpartisipasi dalam meningkatkan skalabilitas bisnis.

Tokopedia berawal dari bisnis yang bukan apa-apa, kemudian menjadi startup berstatus unicorn (valuasinya di atas US$ 1 miliar) selama 10 tahun berjalan. Perkembangan terbaru menyatakan valuasi Tokopedia ditaksir telah mencapai US$ 8 miliar – US$ 10 miliar. Jika diasumsikan kurs saat ini adalah Rp 14.000/US$, maka perusahaan Tokopedia ini telah bernilai lebih dari Rp 100 triliun.

Sungguh pertumbuhan bisnis yang fantastis bukan, Sobat Shipper? Tentu saja pertumbuhan bisnis ini tidak hanya didukung oleh size pasar yang besar, melainkan juga didukung oleh strategi yang jitu, terlebih di masa pandemi ini. Ketika pandemi menyebabkan perekonomian memburuk, skala bisnis Tokopedia justru membesar.

Di tahun 2022 ini, terutama di tengah pandemi yang belum usai ini, usaha online atau jualan online menjadi salah satu bisnis yang banyak ditekuni oleh sebagian orang. Karena jual beli online menjadi salah satu solusi untuk menjaga stabilitas perekonomian dan kelangsungan bisnis.

Cara jualan online yang paling mudah dan simpel adalah dengan menjual di platform e-commerce seperti Tokopedia. Kegiatan jualan online ini bisa dilakukan sambil bekerja, maupun sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga yang sehari-hari di rumah.

Bagi pembeli, Tokopedia menyediakan platform aplikasi yang selama ini Anda tahu dan banyak digunakan. Namun, sebagai penjual, Tokopedia menyediakan aplikasi terpisah yaitu Tokopedia Seller. Fitur di dalam Tokopedia Seller ini sangat lengkap dan sangat berguna bagi para pegiat usaha jualan online, bahkan bagi seorang pemula dalam mengembangkan bisnisnya.

Sobat Shipper pastinya ingin jualan Anda laris, bukan? Sobat Shipper pasti juga bertanya-tanya cara jualan Tokopedia laris itu bagaimana, sih? Rico Harisin, selaku Head of Engineering Tokopedia menyebutkan 5 fitur Tokopedia yang harus diketahui dan dipelajari oleh para penjual di e-commerce yang sangat populer ini.

Berikut ini adalah 5 fitur yang bisa digunakan sebagai cara agar jualan laris di Tokopedia:

Membalas Pesan Lebih Mudah dengan Tombol ‘Balas’

Fitur pertama yang terdapat dalam aplikasi Tokopedia Seller adalah tombol ‘balas’. Sobat Shipper akan dimudahkan untuk membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi Tokopedia. Sobat Shipper bisa membalas pesan dari pembeli hanya dengan mengeklik tombol balas yang muncul pada notifikasi ponsel. Sehingga Sobat Shipper bisa membalas pesan pembeli dengan cepat.

Rico Harisin sang Head of Engineering Tokopedia menjelaskan bahwa kecepatan membalas pesan menjadi salah satu parameter penilaian skor performa toko penjual. Dengan semakin tingginya skor toko, penjual akan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti bonus eksklusif, kemudahan akses mencoba fitur baru, sampai kesempatan spesial mengikuti beragam kampanye untuk meningkatkan penjualan.

Tidak Perlu Mengetik Ulang Deskripsi Saat Koneksi Hilang

Sobat Shipper pernah tidak mengalami saat sedang asyik-asyiknya mengetikkan deskripsi produk yang panjang dan detail tiba-tiba koneksi hilang? Dan akibat dari koneksi hilang tersebut, data yang susah payah Sobat Shipper ketik jadi hilang seketika. Tentu saja jika hal tersebut terjadi akan sangat melelahkan, bukan? Karena akhirnya Sobat Shipper harus mengetik ulang deskripsi produk tersebut.

Namun, Sobat Shipper tidak perlu khawatir lagi saat menggunakan aplikasi Tokopedia Seller. Aplikasi Tokopedia Seller ini secara otomatis akan menyimpan informasi terakhir saat penjual menambahkan produk yang bisa berupa deskripsi, foto produk, dan keterangan produk lainnya yang akan dijual.

Jadi saat terjadi kendala koneksi yang tidak terduga, Sobat Shipper tidak perlu repot-repot memasukkan ulang semua data yang dibutuhkan. Sangat menguntungkan ya kan, Sobat Shipper?

Mencetak Label Pengiriman Cepat dan Mudah

Fitur Tokopedia Seller yang tidak kalah menarik adalah penjual bisa menggunakan fitur ‘print shipping label’ untuk mencetak label alamat pengiriman langsung melalui aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, Sobat Shipper bisa langsung mencetak label pengiriman melalui ponsel tanpa perlu membuka komputer atau laptop. Sebelumnya, pastikan ponsel Sobat Shipper sudah bisa terkoneksi dengan printer, ya!

Fitur ‘Wawasan Pasar’ yang Bermanfaat

Supaya jualan cepat laku di Tokopedia, Sobat Shipper perlu sekali mengakses fitur ‘wawasan pasar’ ini. Fitur ‘wawasan pasar’ yang disediakan oleh Tokopedia seller ini memuat beragam informasi penting yang sangat dibutuhkan oleh Sobat Shipper dalam mengembangkan bisnis.

Fitur ‘wawasan pasar’ ini memungkinkan Sobat Shipper untuk melihat kata kunci yang paling sering digunakan oleh pembeli dalam mencari produk. Sobat Shipper juga bisa mengetahui produk apa saya yang terlaris. Tentu saja Sobat Shipper juga bisa mengetahui rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk yang sedang ramai pembeli. Sehingga Sobat Shipper bisa menghadirkan inovasi yang relevan dan menyusun strategi promosi yang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan bisnis.

Dapatkan Banyak Pembeli dengan Fitur ‘Voucher Toko’

Cara meningkatkan penjualan di Tokopedia bisa dengan menggunakan fitur kelima yang terdapat pada aplikasi Tokopedia Seller. Fitur kelima yang terdapat pada Tokopedia seller tersebut adalah fitur ‘voucher toko’. Fitur voucher toko ini merupakan fitur gratis yang disediakan oleh Tokopedia Seller.

Sobat Shipper bisa dengan bebas membuat promo sendiri, menentukan periode promo sendiri, bahkan menentukan anggaran dan jenis promo yang diinginkan supaya bisa menarik lebih banyak pembeli. Jangan sampai Sobat Shipper melewatkan fitur voucher toko yang satu ini, ya! Karena pembeli biasanya lebih tertarik membeli di toko yang menyediakan banyak promo dibanding yang tidak membuat promo.

Itu tadi 5 fitur Tokopedia yang perlu Sobat Shipper ketahui dan pelajari sebagai salah satu cara agar jualan laris di Tokopedia. Sobat Shipper juga bisa lho menggunakan produk Atoor dari Shipper untuk memudahkan dalam mengelola berbagai channel marketplace.

Atoor merupakan layanan dari OCMS (Omni Channel Management System) dari Shipper yang memberi kemudahan kepada Sobat Shipper sebagai online seller untuk mengelola dan mensinkronisasi beberapa e-commerce atau marketplace secara otomatis. Produk Atoor ini bisa digunakan pada aplikasi Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh kemudahan dalam menggunakan produk Atoor ini misalnya, saat stok barang berjumlah total 50 buah, kemudian ada 1 barang yang terjual di salah satu e-commerce, maka stok produk di e-commerce lain akan otomatis berubah menjadi 49 buah. Sangat memudahkan Sobat Shipper bukan? Jadi Sobat Shipper tidak perlu lagi mengupdate produk secara manual di masing-masing e-commerce.

Jika Sobat Shipper ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana caranya menggunakan produk Atoor ini, silakan langsung hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.