4 Elemen Kunci Smart Warehouse untuk Mengoptimalkan Pergudangan

Uncategorized01 September 2021
4-elemen-kunci-smart-warehouse-pergudangan

Meski kasus COVID-19 belum kunjung mereda, sejumlah sektor dan industri di Indonesia sudah menunjukkan kebangkitan sejak 2020. Pergudangan, misalnya, yang menurut Supply Chain Indonesia atau SCI diproyeksikan bakal terkontraksi sampai 1,84% sampai akhir tahun (yoy).

Meningkatnya kegiatan belanja di e-commerce hingga beralihnya masyarakat ke usaha mikro mempengaruhi peningkatan dan manajemen pergudangan. Kemudian dengan percepatan digitalisasi, implementasi smart warehouse yang sedang dicanangkan sejumlah penyedia gudang pun dapat diwujudkan semaksimal mungkin.

Empat Elemen Kunci dalam Smart Warehouse

Sebelum membahas lebih jauh seputar smart warehouse, mari kita lihat sejauh apa perkembangan pergudangan. Kontraksi yang disebutkan di awal artikel merupakan hasil perhitungan yang diperoleh dari analisis kontribusi sektor tersebut terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang terjadi dari kuartal 1/2019 sampai kuartal II/2021. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pun digunakan untuk kepentingan ini.

Setijadi, Chairman SCI, menambahkan bahwa sektor pergudangan diprediksi mampu memberikan kontribusi sampai Rp131 triliun pada PDB 2021. Sementara pada 2020, sub sektor tersebut sudah berkontribusi sebesar Rp131 triliun atau mengalami kontraksi hingga 17,61% yoy atau turun hampir Rp20 triliun dari kontribusi pada 2019 yang menyentuh Rp153,1 triliun.

Dari sinilah Setijadi mengungkapkan implementasi smart warehouse harus semakin ditingkatkan demi menguatkan kinerja. Adapun empat elemen kunci yang sebaiknya diperhatikan, antara lain:

1. SDM

SDM yang merupakan aspek terpenting dalam pergudangan sebaiknya memperoleh pelatihan yang dapat mengasah keterampilan mereka. Khususnya yang berhubungan dengan kompetensi, kemampuan beradaptasi, pikiran untuk tumbuh dan berkembang, dan keinginan mempelajari sesuatu. Dengan begitu, semua tujuan yang ditargetkan bisa terwujud.

Baca juga: Lakukan 6 Langkah Berikut Ini untuk Tingkatkan Performa Warehouse Staff

2. Teknologi

Sistem pergudangan yang canggih dalam smart warehouse tentunya memerlukan teknologi yang memadai. Dimulai dari penggunaan software untuk mengelola stok barang. Kemudian, perkenalkan karyawan pada perangkat yang membantu mereka memindahkan inventaris. Perlahan tapi pasti, smart warehouse dapat diimplementasikan secara optimal di sana.

3. Kegiatan Operasional

Kegiatan operasional tentunya akan mengalami perubahan saat kamu beralih ke smart warehouse. Untuk itu, kamu perlu melakukan adaptasi terhadap aktivitas-aktivitas pergudangan, termasuk regulasi dan peningkatan kualitas secara berkala. Hal ini pula yang membuat SDM dan teknologi diprioritaskan, sebab keduanya mempengaruhi rutinitas baru yang dibawa smart warehouse.

4. Lingkungan Gudang

Elemen kunci terakhir yang tak boleh kamu lupakan adalah lingkungan gudang. Terapkan aturan dan sistem yang bakal mendukung keselamatan maupun kesehatan pekerja. Mengikuti pengertian pergudangan, kegiatan-kegiatan yang berlangsung di gudang harus sesuai standar yang berlaku tanpa menimbulkan kerugian terhadap pihak-pihak yang terlibat.

Ada banyak contoh smart warehouse yang bisa kamu pelajari. Misalnya penggunaan sensor pada pencahayaan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selain meningkatkan produktivitas karyawan di gudang, langkah ini dianggap membuat penggunaan energi semakin efisien.

Contoh lainnya dapat kamu temukan dari layanan-layanan yang diaplikasikan sejumlah perusahaan untuk pergudangan, salah satunya Shipper. Muncul sebagai penyedia jasa shipping dan warehouse, Shipper yang beroperasi sejak 2016 telah mampu mengejar kompetitor-kompetitornya melalui fasilitas dan layanan terkini. Bahkan untuk ke depannya, Shipper berkomitmen bakal mengutamakan teknologi digital seperti yang diterapkan Amazon untuk smart warehouse mereka.

Sampai akhir kuartal II/2021, Shipper telah mengelola lebih dari 200 gudang dengan total luasan mendekati 600 m2. Kamu bisa temukan informasi lengkap seputar Shipper dan gudang-gudangnya yang telah tersebar di 35 kota di Indonesia dengan membuka situs https://shipper.id/warehouse


Baca juga: 6 Teknologi Ini Bisa Membantu Mendongkrak Angka Penjualan Bisnis Retail!

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.