3 Tips Memilih Warna Logo yang Sesuai dengan Karakter Bisnismu

Uncategorized09 November 2021
3-tips-memilih-warna-logo

Daftar Isi
1. Tujuan Pembuatan Logo
2. Alasan Desain Logo Penting untuk Meyakinkan Pelanggan
3. Cara Bikin Logo Online yang Cocok untuk Bisnis
4. Tips Memilih Warna Logo
5. Supaya Hemat, Begini Cara Membuat Logo Sendiri
6. Begini Cara Cepat Membuat Logo Di HP
7. Cara Membuat Logo Watermark untuk Online Seller
8. Cara Membuat Logo 3D Di PixelLab
9. Hanya 5 Menit. Begini Cara Membuat Logo Di Canva
10. Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Desain Logo Makanan

Warna adalah sebuah hal sangat mempengaruhi pemikiran, reaksi, dan merangsang hormon tubuh manusia. Hal ini menyimpan berbagai makna yang ada di dunia ini, terlebih dengan beragam budaya di seluruh dunia. Warna menggali psikologi manusia lebih dalam dalam, sehingga, Sobat Shipper bisa memanfaatkan warna logo bisnismu. Berikut adalah beberapa makna warna dasar yang perlu kamu pahami dan tips untuk memilih warna yang cocok untuk logo brand-mu!

1. Psikologi Warna   

Warna adalah prinsip utama desain grafis dan memiliki peran besar dalam desain branding karena calon pelanggan hanya akan melihat logo Sobat Shipper selama 1 hingga 10 detik dan akan membentuk kesan pertama untuk merekmu. Oleh karena itu psikologi warna dalam desain logo sangat krusial untuk menyampaikan informasi sebanyak mungkin tentang merek Sobat Shipper dalam jendela waktu tersebut.

Sobat Shipper tidak perlu heran kalau warna memiliki dampak besar pada perilaku manusia karena mereka membangkitkan emosi yang berbeda karena beberapa warna dikaitkan dengan emosi tersebut. 

Dengan memanfaatkan psikologi warna, Sobat Shipper bisa menciptakan desain logo dengan tujuan membangkitkan emosi tertentu dari calon pelanggan.  

2. Mengapa Warna Diasosiasikan dengan Perasaan? 

Manusia mengasosiasikan warna dengan perasaan dan perilaku tertentu. Hal ini bisa Sobat Shipper manfaatkan dalam desain logo brand untuk menyampaikan pesan merek dalam warna.

Asosiasi warna berasal dari tiga aspek berbeda yang membuat kita bereaksi dengan cara tertentu tergantung pada warna yang kita lihat, yaitu;

a. Estetika

Teori warna adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana berbagai warna yang berbeda saling bercampur. Ada kombinasi warna tertentu yang terlihat serasi dan membangkitkan perasaan tertentu bagi yang melihatnya, di sisi lain, kalau kita tidak memadukan warna dengan tepat,  malah bisa menyebabkan emosi negatif seperti kemarahan. 

b. Budaya

Tergantung pada tempat asal seseorang, beberapa warna tertentu dikaitkan dengan perasaan, perayaan, atau objek tertentu. Misalnya, uang yang digunakan di AS berwarna hijau, sehingga banyak orang secara tidak sadar mengasosiasikan warna ini dengan kekayaan, dan di Jepang, warna violet diasosiasikan dengan samurai dan prajurit, sehingga membangkitkan image darah biru. 

Namun, ada juga warna yang memiliki arti yang kontras seperti putih. Secara global, banyak budaya mengasosiasikan warna ini dengan perdamaian dan kesucian, sedangkan beberapa budaya Asia seperti Cina menggunakan warna putih sebagai warna duka, terutama saat pemakaman. 

3. Warna dan Emosi dalam Branding 

Setiap merek berbeda dan itulah mengapa mereka perlu memilih skema warna tertentu yang lebih menggambarkan identitas merek mereka. Itulah sebabnya tidak ada rumus matematika untuk memilih warna untuk desain logo. Sebaliknya, Sobat Shipper perlu memahami apa nilai inti bisnis kamu dan perasaan apa yang ingin kamu sampaikan melalui logo brand

Menentukan kepribadian merek Sobat Shipper membantu pelanggan membuat keputusan pembelian, dan membantumu menargetkan audiens yang tepat. 

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa warna yang umum digunakan oleh berbagai merek terkenal di dunia; 

a. Merah 

Ini adalah warna yang paling hangat dari semua skema warna, dan paling populer di kalangan ekstrovert dan pria. Warna ini merepresentasikan gairah, energi, cinta, keinginan, dan tekad. Itu sebabnya, banyak negara menggunakan warna ini pada bendera mereka. Warna dinamis ini adalah warna logo keren kalau Sobat Shipper ingin menarik perhatian calon pelanggan.

Merah umumnya digunakan sebagai warna untuk logo makanan dengan tujuan menggugah selera pelanggan. 

b. Kuning 

Warna yang cerah ini sering dikaitkan dengan sinar matahari yang merepresentasikan kegembiraan. Warna ini merangkul orang-orang dengan kehangatan, meningkatkan aktivitas mental, dan membuat mereka ceria. 

Tapi, terlalu banyak warna kuning membuat orang tidak sabar, dan terlalu sedikit warna kuning menyebabkan perasaan tidak aman, takut, terisolasi, dan rendah diri. Jadi, sebaiknya Sobat Shipper menggunakan warna kuning secara seimbang dalam desain logo.

c. Biru  

Warna yang identik dengan langit dan laut ini menimbulkan rasa ketenangan, kedamaian, kebebasan, intuisi, dan imajinasi. Warna ini juga bisa menginspirasi audiens untuk setia, tulus, percaya diri, dan cerdas. Oleh karena itu, biru banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar, seperti Facebook dan PayPal. 

Namun, warna ini juga memiliki aspek dinamis. Misalnya, biru cerah dapat membawa efek dramatis pada desain logo, sementara terlalu banyak biru akan menimbulkan rasa melankolis, egois, atau negatif. Umumnya, biru digunakan oleh perusahaan media sosial seperti Facebook dan Twitter. 

d. Hijau 

Warna logo ini adalah warna utama alam. Warna ini adalah simbol kehidupan, awal yang baru, keamanan, kesuburan dan lingkungan. Namun, warna ini juga merupakan simbol status untuk uang, perbankan, ambisi, dan kekayaan. Selain itu, warna hijau juga identik dengan istilah greenhorn yang memiliki arti kurang pengalaman dan pertumbuhan konstan. 

Hijau juga dianggap memiliki efek penyembuhan, baik secara fisik maupun emosional, dan efek menenangkan pada penglihatan manusia, terutama setelah mata lelah. Oleh karena itu, warna ini adalah latar belakang yang ideal untuk segala jenis desain karena mudah terlihat di mana saja. 

Selain digunakan oleh perusahaan ramah lingkungan, hijau juga banyak digunakan oleh perusahaan startup dengan makna pertumbuhannya. 

e. Ungu 

Warna ini adalah warna yang langka di alam, sehingga warna ini dianggap suci, halus, dan berharga. Ungu adalah simbol spiritualitas, gairah, vitalitas, serta kekuatan, bangsawan, kemewahan, dan ambisi. Karena merupakan kombinasi dari merah dan biru, ungu mempertahankan kualitas keduanya. 

Saat menggunakan ungu sebagai warna logo, Sobat Shipper memberikan kesan yang anggun dan glamor. 

f. Hitam  

Sebetulnya hitam adalah ketiadaan warna. Tapi hitam bukan berarti hampa.  Sebaliknya, warna logo keren ini menunjukkan kekuatan, otoritas, kecanggihan, dan bahkan kematian, kejahatan, dan agresi. Ini adalah warna perusahaan yang bergengsi. 

Jadi, kalau Sobat Shipper ingin mendesain logo yang misterius dan kuat, warna logo hitam adalah pilihan yang tepat. Hitam banyak digunakan oleh brand fesyen untuk logo mereka yang menunjukkan selera yang tinggi. 

g. Putih   

Warna ini berhubungan dengan cahaya, sebagai simbol kepolosan, kemurnian, permulaan, kebersihan, dan kesederhanaan. Oleh karena itu, penggunaan warna putih pada desain logo akan membuatnya terlihat sederhana dan bersih. 

Bahkan, beberapa perusahaan teknologi seperti Uber, EA Games dan Apple menggunakan warna logo hitam putih untuk menyeimbangkan kedua makna yang berlawanan ini. 

Nah, Sobat Shipper, itulah pilihan warna yang umum digunakan untuk sebuah logo. Apakah Sobat Shipper sudah tahu warna logo yang cocok untuk online shop-mu? 

Dan tentu saja jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.