Bantu UMKM Antisipasi Melambatnya Pertumbuhan Ekonomi, Shipper Perkuat Daya Tahan UMKM dengan Mendorong Pemerataan Distribusi Melalui Layanan Logistik dan Pergudangan Pintar

Press Release26 October 2022
shipper-perkuat-daya-tahan-umkm-semarang

Semarang, 25 Oktober 2022 – Shipper sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi, berkomitmen memperkuat daya tahan UMKM lokal dengan mendorong pemerataan distribusi barang dan ekonomi melalui layanan logistik dan pergudangan pintar di Semarang, Jawa Tengah. Shipper optimis UMKM lokal dapat bertahan bahkan naik kelas dengan inovasi teknologi logistik dan pergudangan digital meskipun dibayangi prediksi melambatnya perekonomian dunia. 

Sebagai penopang perekonomian nasional, pertumbuhan jumlah UMKM Kota Semarang termasuk salah satu yang tercepat di Indonesia. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Semarang pada Desember 2021 mengungkapkan bahwa jumlah UMKM Kota Semarang yang sudah memiliki izin mencapai 91.000 unit.

Even Alex Chandra, AVP External Affairs Shipper menjelasan, “UMKM menjadi salah satu sektor yang terdampak ketika ada krisis. Shipper, dengan semangat Teman Kamu Berjuang, ingin membantu mereka lebih kuat di tengah melambatnya perekonomian global. Mahalnya biaya sewa gudang berikut dengan operasional warehouse management system (WMS) masih menjadi kendala yang dialami UMKM di daerah. Maka dari itu Shipper hadir di berbagai daerah, salah satunya Semarang, dengan menyediakan digitalisasi logistik dan pergudangan pintar yang terjangkau dan sistem WMS terkini.”

Shipper mengoperasikan tiga gudang di Kota Semarang dengan total luas 5.450 m2 di mana dua gudang tersebut merupakan shared warehouse dan satu dedicated warehouse. Salah satu gudang ini terletak di Kawasan Industri Wijayakusuma, kawasan industri mandiri yang paling siap dan terpadu di Kota Semarang, ramah lingkungan, bebas banjir dan siap pakai. Hingga saat ini, sebanyak 13 UMKM telah menggunakan layanan Shipper di Semarang diantaranya adalah Cakra Motor 11, Digipeak, CV Karya harapan Lestari, Andrawinatama Kerta Harja, dan Natural Herba Indonesia. 

Gudang Shipper melayani rata-rata 330.000 pengiriman setiap bulan dengan pengguna layanan yang memiliki volume pengiriman terbesar yaitu Reana Beauty, Total Mandiri Selaras, Gotoko, dan Kopi Kenangan. Layanan warehouse fulfillment, yaitu pemenuhan pesanan dari awal order hingga sampai ke tangan pembeli, menjadi layanan Shipper yang paling diminati pelaku usaha di Provinsi Jawa Tengah termasuk Kota Semarang. 

Warehouse Manager Gudang Shipper di Semarang Ajar Harris Setiabudi juga mengatakan, “Shipper mendorong perdagangan antar daerah antar provinsi dengan memperlancar arus perdagangan dalam negeri dengan pemerataan distribusi layanan logistik dan gudang digital pintar terintegrasi di 35 kota yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Semarang.” 

Shipper mengembangkan inovasi teknologi dengan membantu perusahaan logistik pihak ketiga (3PL) dalam mengelola pesanan, termasuk mengoptimalkan rute pengiriman dan mengemasnya bersama pesanan yang akan dikirim ke tujuan yang sama. Upaya ini untuk mengefisiensikan biaya logistik antar kepulauan yang tinggi serta mengurangi ketidakseimbangan distribusi barang akibat belum terintegrasinya konektivitas jaringan logistik nasional. Menurut catatan Shipper, UKM yang menggunakan teknologi Shipper dapat menghemat hingga 20% biaya pengiriman.

Efisiensi biaya lainnya yang dilakukan Shipper adalah dengan mendekatkan lokasi barang UMKM ke lokasi pasarnya melalui pengelolaan lebih dari 300 gudang pintar yang tersebar di 35 kota di seluruh Indonesia dengan total lebih dari 500.000 m2. Lima gudang di antaranya yang berlokasi di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi bahkan telah menerapkan standar halal. 
Layanan pergudangan Shipper mengintegrasikan pengelolaan gudang, inventori stok, pengelolaan toko online, penjualan, pengiriman, hingga laporan tracking barang secara realtime hanya dengan satu aplikasi. Hingga saat ini, Shipper telah membantu lebih dari 35.000 penjual online dan ratusan perusahaan berskala besar di berbagai industri.

Lutfia Nurul Aini, yang merupakan pemilik dari merek baju anak-anak Chubbydut yang berbasis di Semarang ini mengungkapkan pengalamannya menggunakan layanan logistik dan pergudangan digital Shipper, ”Pelanggan Chubbydut kebanyakan berada di kawasan Jakarta dan Jawa Barat sehingga awalnya saya berpikir untuk memiliki gudang dan membawa tim sendiri dari Semarang ke Jakarta. Namun saya pasti harus mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk sewa gudang dan pekerjanya. Kemudian saya mencoba menggunakan layanan logistik dan pergudangan Shipper yang di Jakarta. Setelah berjalan tiga bulan bersama Shipper, Chubbydut mengalami kenaikan penjualan hingga 200%. 

Ia melanjutkan, “Saya sebagai UMKM di daerah sangat terbantu dengan efisiensi biaya dan waktu serta kemudahan logistik Shipper dari awal barang Chubbydut masuk gudang hingga sampai ke pelanggan. Sekarang UMKM daerah pun dapat lebih mudah menjangkau pasar nasional dengan jaringan logistik dan pergudangan Shipper.” 

Berkat upaya dan komitmen perusahaan dalam menghadirkan inovasi untuk menyatukan infrastruktur logistik Indonesia yang terfragmentasi, Fast Company menobatkan Shipper ke dalam daftar perusahaan paling inovatif di dunia tahun 2022 (The World’s Most Innovative Companies) dan meraih peringkat pertama untuk perusahaan paling inovatif se-Asia Pasifik (The Most Innovative Asia-Pacific Companies).

Sejak hadir pada 2017, Shipper konsisten mendorong UMKM lokal cepat naik kelas dengan memberikan pemberdayaan komprehensif melalui pelatihan (manajemen bisnis, literasi keuangan, daya saing ekspor, digitalisasi dan topik  kewirausahaan lainnya), pendampingan, dan promosi untuk UMKM tidak hanya di kota besar namun hingga ke daerah. Upaya ini dilakukan Shipper bersama jaringan mitra-mitranya yang luas diantaranya HIPMI, OJK, KNEKS dan pemerintah daerah melalui program Festival UMKM, PAHALAwan Cuan, hingga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Tentang Shipper.id 

Shipper adalah salah satu perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia yang menyediakan solusi logistik terintegrasi untuk berbagai skala bisnis dengan layanan end-to-end. Sejak didirikan pada tahun 2017, Shipper beroperasi dengan prinsip memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dan menyerahkan kerumitan pengelolaan sistem fulfillment dan pengiriman kepada Shipper. Shipper secara digital mengelola jaringan pusat fulfillment, mitra pengiriman, dan titik ritel di seluruh Indonesia. Kini, Shipper telah mengelola lebih dari 300 gudang dengan luas total lebih dari 500.000 m2 di 35 kota di seluruh Indonesia. Dalam rangka mewujudkan misi perusahaan untuk mendukung UMKM, Shipper secara konsisten mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih efisien. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Shipper, silakan kunjungi www.shipper.id 

Media Contact:

Deddy Machdan
PR & Corporate Communications Manager
0818102595
deddy.machdan@shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.