PAHALAwan Cuan, Wujud Komitmen Shipper Sebagai Teman Kamu Berjuang Bersama UMKM Melalui Peningkatan Daya Saing di Pasar yang Semakin Kompetitif

Press Release31 October 2022
shipper-pahalawan-cuan

Jakarta, 15 Juli 2022 –  Untuk meningkatkan daya saing UMKM di persaingan pasar yang semakin kompetitif, Shipper sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan solusi logistik dan gudang digital pintar terintegrasi, membantu UMKM lokal naik kelas dengan melakukan rebranding dan promosi billboard serta live sale Shipfest secara gratis melalui PAHALAwan Cuan. PAHALAwan Cuan menjadi wujud nyata komitmen Shipper sebagai Teman Kamu Berjuang bagi UMKM agar bisnis merek lokal semakin berkualitas dan berdaya saing tinggi. 

Jessica Hendrawidjaja, Chief Marketing Officer Shipper menjelaskan, “Produk yang hampir serupa muncul banyak di pasaran membuat persaingan semakin kompetitif. Kondisi pasar yang semakin ramai dan sesak ini membuat konsumen cenderung membeli dari merek yang sudah ternama (top of minds) sehingga menjadi tantangan bagi UMKM lokal dalam mengambil peluang bisnis. Shipper yang memahami peta pasar yang jenuh ini menyadari bahwa UMKM lokal membutuhkan bantuan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas market share mereka. 

PAHALAwan Cuan adalah wujud komitmen Shipper sebagai teman UMKM berjuang agar mereka dapat bersaing dengan produk-produk yang sudah ada di pasar, baik luar maupun dalam negeri. Dengan daya saing yang meningkat, maka akan semakin banyak merek lokal yang naik kelas.” 

Menurut laporan Survei Kajian Cepat Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja UMKM Indonesia 2020 yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), penurunan penjualan lebih dari 75% mayoritas (23,27%) dialami oleh UMKM baru yang berusia 0 – 5 tahun. Penurunan penjualan ini salah satunya dikarenakan UMKM pemula masih kesulitan dalam mengelola merek sehingga kurang kompetitif dengan produk lainnya yang sudah ada di pasar. 

Melihat tantangan yang dihadapi UMKM lokal pemula ini, Shipper melalui inisiatif PAHALAwan Cuan melakukan rebranding dan promosi billboard. Rebranding dilakukan terhadap merek lokal yang masih dalam tahap pemula karena mereka perlu menetapkan diferensiasi produk terhadap produk kompetitor yang sudah ada di pasaran (top of minds). Rebranding UMKM terpilih meliputi penentuan identitas brand, pembuatan logo, tagline, nama baru yang sesuai serta aset visual untuk membantu meningkatkan daya tarik/promosi UMKM kepada pelanggan. Melalui rebranding, Shipper mendampingi mereka dari awal untuk membangun brand positioning yang lebih kuat. 

Menyadari bahwa kesadaran merek perlu dibangun secara luas untuk memenangi persaingan pasar, Shipper membantu strategi pemasaran dengan penayangan iklan UMKM tersebut pada billboard (out-of-home/OOH) Shipper di Jakarta, yang diantaranya berlokasi di Senayan City dan Plaza Indonesia. UMKM terpilih juga dipromosikan oleh selebgram ternama seperti Keanu Angelo @keanuagl dan Jovi Adiguna @joviadhiguna. Shipper pun mempromosikan video wawancara pemilik brand melalui akun Instagram @shipper.id. 

Salah satu contoh profil dari dua brand yang memenangkan program ini dapat dilihat di:

  1. Durhaka @drhk1889 
    1. Visual rebranding link
    2. Video Rebranding & Billboard Durhaka: link
  2. Rheamanda Mukena @rheamandamukena 
    1. Visual Rebranding Rheamanda: link
    2. Video Rebranding & Billboard Rheamanda: link
  3. Jilbrave @jilbrave.official 
  4. Video Rebranding & Billboard Jilbrave: link

Dyah, pemilik merek Rheamanda mengungkapkan, “Saya memiliki kelemahan dalam melakukan branding. Saya sangat senang sekali terpilih menjadi salah satu UMKM untuk PAHALAwan Cuan karena bantuan yang diberikan adalah bantuan yang selama ini memang saya cari-cari. Melalui PAHALAwan Cuan, saya jadi tahu caranya memperkenalkan produk agar bisa lebih dikenal masyarakat luas, tidak hanya di Jakarta tapi juga seluruh indonesia.” 

Sementara itu bagi merek lokal dengan skala bisnis yang lebih matang, Shipper mengadakan live sale Shipfest agar mereka terhubung dengan pembeli potensial yang lebih luas. Tren live sale semakin meningkat dan digemari pembeli di Indonesia, namun masih banyak UMKM yang kesulitan untuk menjalankan strategi tersebut karena membutuhkan banyak sumber daya seperti peralatan khusus, studio, key opinion leader (KOL) dan masih banyak lagi. 

UMKM cukup hadir saja di Shipfest karena semua peralatan, perlengkapan dan talent selebgram sudah disediakan. Shipfest yang diselenggarakan secara gratis dan disiarkan di Instagram Shipper serta Instagram masing-masing UMKM ini berhasil meningkatkan penjualan dengan mencatatkan lebih dari 1.000 transaksi selama 3 jam. Selain meningkatkan transaksi penjualan, Shipper berharap mereka selanjutnya dapat melakukan live sale mandiri karena sudah memiliki pengalaman di Shipfest. 

Untuk menarik lebih banyak calon pembeli, Shipper juga memberikan modal dengan total Rp30 juta kepada UMKM untuk membantu mereka dalam memberikan promosi/diskon saat live sale. Masing-masing UMKM memberikan promo diskon hingga 75% dan membagikan lebih dari 400 produk giveaway secara gratis. 

UMKM yang terpilih mengikuti Shipfest Live adalah: 

  1. Gayalo (Fashion & Aksesoris)
  2. Fairgoods (Fashion & Aksesoris)
  3. Patris (Footware)
  4. CC Hijab (Fashion & Aksesoris)
  5. Dorks (Footware)
  6. GoatsDept (Fashion & Aksesoris)
  7. SECA (Skin Care & Cosmetic)
  8. ESQA (Skin Care & Cosmetic)
  9. Debellin (Cookware)

Salah satu merek kosmetik lokal ESQA juga mengungkapkan kegembiraan dan rasa syukurnya saat mengikuti Shipfest Live yang dibantu tiga selebgram (Fadil Jaidi, Keanu Angelo, dan Dara Arafah). “Shipper sudah membantu kosmetik ESQA di banyak hal. Shipper memiliki gudang yang besar dan kita menempatkan semua produk kami di sini. Selain itu, Shipper juga membantu pengiriman produk ke seluruh pelanggan kami,” lanjut Gita Salsabila dari ESQA. 

Merek lokal, terutama di industri gaya hidup seperti kecantikan dan fesyen, memang menunjukkan tren yang semakin bertumbuh dan masih memiliki peluang besar bagi UMKM lokal. Shipper optimis merek lokal memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat dipercaya konsumen dan bahkan berpeluang besar menyaingi merek luar negeri jika dikelola dengan baik. 

***

Tentang Shipper.id 

Shipper adalah salah satu perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia yang menyediakan solusi logistik terintegrasi untuk berbagai skala bisnis dengan layanan end-to-end. Sejak didirikan pada tahun 2017, Shipper beroperasi dengan prinsip memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dan menyerahkan kerumitan pengelolaan sistem fulfillment dan pengiriman kepada Shipper. Shipper secara digital mengelola jaringan pusat fulfillment, mitra pengiriman, dan titik ritel di seluruh Indonesia. Kini, Shipper telah mengelola lebih dari 300 gudang dengan luas total lebih dari 500.000 m2 di 35 kota di seluruh Indonesia. Dalam rangka mewujudkan misi perusahaan untuk mendukung UMKM, Shipper secara konsisten mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih efisien. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Shipper, silakan kunjungi www.shipper.id 

Media Contact:

Deddy Machdan
PR & Corporate Communications Manager
0818102595
deddy.machdan@shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.