Lima Tahun Beroperasi, Shipper Konsisten dengan Strategi Inovasi Logistik dan Pergudangan Digital dalam Memberdayakan UMKM Indonesia

Press Release27 October 2022
lima-tahun-beroperasi-shipper-konsisten-dengan-strategi-inovasi-logistik-dan-pergudangan-digital

Jakarta, 26 Oktober 2022 – Memasuki tahun kelima, Shipper sebagai perusahaan teknologi berbasis e-commerce & supply chain enabler memperkuat komitmennya dalam melakukan inovasi di sektor logistik dan pergudangan digital untuk semakin memudahkan pelaku usaha mengembangkan bisnisnya. Shipper hingga kini telah membantu lebih dari 35.000 penjual online dan ratusan perusahaan berskala besar di berbagai industri. 

Jessica Hendrawidjaja, CMO Shipper mengatakan, “Sejak awal berdiri, Shipper konsisten dengan semangat ‘Teman Kamu Berjuang’ bagi para pelaku usaha di Indonesia, sehingga tidak hanya memikirkan bisnis tapi kami juga berkomitmen untuk membantu para pelaku usaha untuk naik kelas. Kami terus melakukan inovasi-inovasi melalui layanan  Shipper untuk menyederhanakan sistem logistik dan pergudangan nasional yang kompleks dan terfragmentasi untuk  terus menaik kelaskan pelaku usaha melalui berbagai  program pemberdayaan.” 

Inovasi teknologi aggregator logistik pihak ketiga (3PL) Shipper telah membantu UMKM menghemat hingga 20% biaya pengiriman dengan mengoptimalkan pengelolaan pesanan, mengoptimalkan rute pengiriman dan mengemasnya bersama pesanan yang akan dikirim ke tujuan yang sama. Sehingga  biaya logistik antar pulau bisa ditekan. Efisiensi ini tentu sangat dibutuhkan dalam membantu pencapaian target pemerintah untuk menurunkan biaya logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) hingga 17% pada 2024. 

Efisiensi biaya lainnya yang dilakukan Shipper adalah dengan mendekatkan lokasi barang pelaku usaha ke lokasi pasarnya melalui pengelolaan lebih dari 300 gudang pintar yang tersebar di 35 kota di seluruh Indonesia dengan total 500.000 m2. Enam gudang di antaranya dengan total 10.000 m2 yang berlokasi di Medan, Palembang, Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Makassar dapat memfasilitasi pelaku industri yang memiliki produk untuk disimpan dan didistribusikan sesuai dengan standar halal. 

Sebagai komitmen lebih lanjut, Shipper menghadirkan inovasi digital terbaru yaitu aplikasi Atoor sebagai layanan Omnichannel Management System (OCMS) yang memudahkan pelaku usaha mengatur aktivitas penjualan di marketplace secara terintegrasi mulai dari pengaturan informasi produk dengan mengganti deskripsi produk di marketplace, merevisi harga produk marketplace, mengunggah foto produk, pengaturan pesanan, hingga pengelolaan stok inventor dalam satu platform. Sejak diluncurkan pada Januari 2022, Atoor telah menghubungkan lebih dari 1.500 toko online dan membantu ratusan penjual menghemat lebih banyak waktu dan sumber daya, sehingga mereka dapat fokus dalam penjualan dan pengembangan bisnis. 

Dalam hal pemberdayaan UMKM, selain berbagai program yang disebutkan di atas Shipper pun turut membantu para UMKM memasarkan produknya melalui program ShipFest. ShipFest merupakan solusi bagi UMKM untuk dapat memaksimalkan tren penjualan terkini melalui live selling. Konsep live selling kini sedang digemari karena memberikan kesempatan kepada pelaku usaha skala besar hingga kecil untuk dapat berinteraksi langsung dengan pembeli dan pembeli pun dapat langsung melihat barang yang dijual. Dengan cara ini, produk UMKM yang baru dapat bersaing dengan produk yang sudah ada di pasaran, baik luar maupun dalam negeri. Shipper juga memaksimalkan brand awareness dan brand positioning UMKM dengan melakukan promosi melalui digital ads berkolaborasi bersama Key Opinion Leader (KOL) ternama di Indonesia. 

Shipper Maksimalkan Ekspor Produk UMKM Bersama HIPMI Jaya

Sejak hadir pada 2017, Shipper turut mendorong UMKM lokal cepat naik kelas agar dapat memasarkan produknya tidak hanya di skala nasional namun juga internasional. Upaya ini dilakukan dengan memberikan pemberdayaan komprehensif melalui pelatihan (manajemen bisnis, literasi keuangan, daya saing ekspor, digitalisasi dan topik  kewirausahaan lainnya), pendampingan, dan promosi tidak hanya di kota besar namun hingga ke daerah bersama jaringan mitra yang luas salah satunya Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). 

Shipper bersama HIPMI Jaya memperluas kerjasamanya tahun ini dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan pada Sabtu, 22 Oktober 2022 di acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di ICE BSD. Dalam kesepakatan yang berlaku selama dua tahun hingga Maret 2024 ini, Shipper akan menyediakan layanan logistik dan pergudangan seperti pengiriman barang domestik dan internasional serta sistem integrasi logistik kepada para  anggota HIPMI Jaya yang berjumlah lebih dari 8,000 pengusaha. 

Selain itu, Shipper dan HIPMI Jaya juga akan melakukan kegiatan bersama dalam pemberdayaan UMKM dalam format online maupun offline, salah satunya melalui TEI ini. TEI diharapkan menjadi katalis bagi para pelaku usaha terutama anggota HIPMI Jaya untuk bersinergi lebih lanjut dengan Shipper melalui solusi layanan pergudangan dan logistik. 

Budi Handoko, COO Shipper yang menandatangani MoU bersama HIPMI Jaya menjelaskan, “Shipper berharap anggota HIPMI Jaya akan berkembang bisnisnya dengan kemudahan melakukan ekspor melalui solusi teknologi logistik dan pergudangan yang kami sediakan. Kami fokus membantu pemerintah untuk terus mengembangkan pasar ekspor bagi pelaku usaha di Indonesia dengan jaringan kerjasama yang Shipper miliki dengan para 3PL internasional.” 

Sementara itu, Sona Maesana  Ketua Umum HIPMI Jaya yang ditemui saat acara penandatanganan menjelaskan, “Kami melihat Shipper sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi yang memiliki track record yang sangat baik dalam mendukung proses dan kegiatan logistik di berbagai jenis usaha baik skala UMKM maupun besar. Layanan ini tentu sangat bermanfaat untuk memperlancar dan meningkatkan kegiatan ekspor.” 

Berkat upaya dan komitmen perusahaan dalam menghadirkan inovasi untuk menyatukan infrastruktur logistik Indonesia yang terfragmentasi, Fast Company menobatkan Shipper ke dalam daftar perusahaan paling inovatif di dunia tahun 2022 (The World’s Most Innovative Companies) dan meraih peringkat pertama untuk perusahaan paling inovatif se-Asia Pasifik (The Most Innovative Asia-Pacific Companies). Shipper juga telah menerima banyak penghargaan seperti “The Most Innovative Digital Logistic Company” oleh Bisnis Indonesia Awards 2021, “Digital Logistics Startup of the Year” oleh Marketeers Choice Awards 2021, Top Startups Indonesia 2021 oleh LinkedIn, dan “Best Everyday Essential App” oleh Google Play 2021. 

Shipper selalu mendukung UMKM Indonesia untuk dapat mengeskalasi bisnisnya melalui solusi logistik digital dan pergudangan. Sekarang, kamu bisa menghitung estimasi biaya penggunaan gudang sesuai kebutuhanmu dengan Kalkualator Gudang Shipper.

***

Tentang Shipper.id 

Shipper adalah salah satu perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia yang menyediakan solusi logistik terintegrasi untuk berbagai skala bisnis dengan layanan end-to-end. Sejak didirikan pada tahun 2017, Shipper beroperasi dengan prinsip memudahkan para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya dan menyerahkan kerumitan pengelolaan sistem fulfillment dan pengiriman kepada Shipper. Shipper secara digital mengelola jaringan pusat fulfillment, mitra pengiriman, dan titik ritel di seluruh Indonesia. Kini, Shipper telah mengelola lebih dari 300 gudang dengan luas total lebih dari 500.000 m2 di 35 kota di seluruh Indonesia. Dalam rangka mewujudkan misi perusahaan untuk mendukung UMKM, Shipper secara konsisten mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan Ekosistem Logistik Nasional yang lebih efisien. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Shipper, silakan kunjungi www.shipper.id 

Media Contact:

Deddy Machdan
PR & Corporate Communications Manager
0818102595
deddy.machdan@shipper.id

author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.