Mau Usaha Online Kamu Tahan Lama? Ikuti tips ini yuk!
Mau Usaha Online Kamu Tahan Lama? Ikuti tips ini yuk!
Seperti yang dirangkum Jakpat, tren perilaku belanja online masyarakat Indonesia mencapai angka 98% pada 2019. Kendati kondisi tersebut, para penjual daring diharapkan melakukan langkah-langkah untuk menjaga usaha mereka tetap “head up” dalam persaingan.
Makan kedondong biar makin pinter, disimak dong tips dari Shipper ~
Karena persaingan semakin meruncing, ada baiknya Anda melakukan tips usaha online sebagai berikut:
1. Aktif di media sosial
Zaman sekarang, media sosial menjadi media yang krusial untuk berhubungan dengan masyarakat luas, terutama dalam membantu sebuah promosi. Untuk itu, penting bagi Anda yang memiliki usaha online untuk aktif di media sosial seperti; rajin meninggalkan komen di kolom komentar milik akun-akun terkenal agar bisa memancing keingintahuan audiens mengenai barang jualan Anda. Eits, tapi jangan komen spam ya, karena bisa-bisa Anda diblock oleh si pemilik akun.
2. Buat Konten Se-menarik Mungkin
Kalau usaha online Anda sudah memiliki akun media sosial, buat konten menarik sebagai salah satu promosi barang atau jasa yang Anda jual. Seperti video, foto, atau grafik. Untuk video buatlah video dengan durasi tidak lebih dari 3 menit agar audiens tidak bosan. Untuk foto, cari angle unik dan pas untuk memajang foto produk jualan Anda. Kemudian ada grafik, zaman sekarang sudah banyak grafik-grafik yang ditampilkan untuk membantu mempromosikan detail produk barang atau jasa yang dijual ke masyarakat, alih-alih bosan membaca tulisan panjang, grafik jadi pilihan bagi masyarakat mengetahui soal info yang diinginkan.
3. Manfaatkan Word of Mouth Marketing
Anda punya budget lebih? Gak ada salahnya untuk memakai jasa Key Opinion Leader (KOL) atau micro influencer untuk membantu promosi produk yang Anda jual. Bisnis Anda akan langsung dikenal oleh audiens dalam jumlah banyak, followers sebagai audiens Anda pun akan semakin luas terjangkau.
4. Pasang Ads di Media Sosial
Di berbagai platform media sosial ada yang namanya fitur Ads, di mana Anda bisa memasang iklan untuk bisa disebar di timeline akun media sosial audiens. Pasang iklan/Ads di media sosial gak cuma bisa ningkatin exposure dan brand awareness produk Anda, tapi juga bisa membuka jalan untuk meningkatkan sales Anda.
5. Rajin Sebar Promo
Ini dia yang paling disuka sama audiens, promo! seperti potongan harga dari produk yang Anda jual. Strategi marketing ini diyakini mampu menarik perhatian audiens sekaligus meningkatkan sales Anda. Tapi, pastikan produk yang Anda jual berkualitas dan punya daya tawar dibanding produk-produk dari kompetitor.
Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:
Latest Article
Cek Ongkos Kirim Semua Ekspedisi dalam Satu Platform, Hanya 1 Menit!
Strategi Menggunakan Collaborative Warehouse Untuk Mengefektifkan Budget Operasional Anda
4 Hal yang Perlu diingat agar Warehouse Anda Memenuhi Standarisasi HME
Bagaimana Cara Menjaga Kualitas Produk dengan Menggunakan WH Management System?
Perbedaan WMS dan SCM (Supply Chain Management)