Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral Ini
Daftar isi :
- Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop!
- 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
- Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
- 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
- 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
- 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
- Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
- 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
- Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
- 9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!
- Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
- Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
- Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini
- 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
- Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten
Sobat Shipper, kira-kira seberapa penting sih peran audio dalam konten promosi produk yang kita upload di TikTok? Ternyata, audio adalah salah satu elemen penting dalam sebuah konten video, baik untuk video promosi ataupun iklan. Audio adalah kunci agar video yang sudah kita buat menjadi lebih hidup, mudah dipahami, dan mengundang simpati dari para target audiens kita.
Karena Sobat Shipper mau mempromosikan produk via aplikasi TikTok, kemungkinan agar pelanggan mau membeli produk kamu akan semakin tinggi apabila Sobat Shipper menggunakan sound-sound yang sedang viral. Hal ini dapat terjadi karena algoritma TikTok yang unik, dimana semakin banyak seseorang mendengarkan dan memakai sebuah sound, maka videonya pun akan lebih cepat naik ke laman For You Page.
Selain itu, menggunakan sound yang sedang viral memiliki juga bermanfaat agar penjualan di toko kamu bertambah, lho! Apabila kamu membuat video konten yang relevan dan menggunakan sound viral, besar kemungkinannya pelanggan menjadi lebih tertarik untuk membeli. Sudah banyak brand-brand di luar sana yang memanfaatkan fenomena ini untuk mempromosikan produk mereka. Lewat artikel ini, Shipper akan membahas lima contoh merek yang menggunakan sound viral TikTok untuk meningkatkan penjualan mereka di TikTok. Yuk, simak!
1. McDonald’s
→ Salah satu restoran cepat saji paling terkenal di dunia, McDonald’s, juga memanfaatkan lagu-lagu viral di TikTok untuk mempromosikan produk mereka.
→ Pada tahun 2021 lalu, McDonald’s membentuk sebuah kampanye “Travis Scott Meal” yang berkolaborasi dengan rapper ternama Travis Scott. McDonald’s mempromosikan kampanye tersebut dengan menggunakan lagu “Sicko Mode” oleh Travis Scott yang merupakan salah satu lagu paling viral untuk digunakan di tahun 2021.
→ Kampanye melalui TikTok yang dilakukan McDonald’s ini berhasil meningkatkan antusiasme masyarakat dalam membeli produk kolaborasi tersebut. Bahkan, kolaborasi ini membantu mendorong penjualan bulanan tertinggi McDonald’s di Amerika Serikat, terutama ketika terjadi pembatasan sosial COVID-19, yang membuat sebagian besar pesanan dibuat melalui drive-through dan pick-up.
2. Fenty Beauty
→ Merek kosmetik yang dimiliki oleh penyanyi pop star Rihanna juga memanfaatkan strategi penggunaan sound viral, lho! Karena target audiens dari Fenty Beauty didominasi oleh Gen Zs, hal tersebut membuat Fenty Beauty menaruh fokus pada promosi lewat TikTok.
→ Pada tahun 2020, mereka mempromosikan berbagai produk mereka dengan meluncurkan kampanye #FentyBeautyHouse yang menggunakan lagu viral berjudul “Sexyback” dari Justin Timberlake. Hastag #FentyBeauty memiliki lebih dari 40 juta penayangan di TikTok, sedangkan #FentyBeautyHouse memperoleh 10 juta penanyangan dalam waktu tiga minggu saja.
→ Bagi Fenty Beauty, TikTok menjadi media promosi yang relevan untuk merek mereka saat ini, terlebih karena mereka dapat membuat konten promosi produk dengan mudah, tanpa memerlukan studio atau fotografer profesional.
→ Selain menggunakan sound-sound viral, hal yang dapat Sobat Shipper contoh dari marketing Fenty Beauty adalah membuat video yang organik dan memasukkan hastag yang relevan, terutama apabila target audiens kamu adalah anak muda.
3. CeraVe
→ Selanjutnya, merek perawatan kulit terkenal CeraVe, yang dimiliki oleh L’Oreal juga turut memanfaatkan kekuatan sound viral dalam mempromosikan produk yang mereka jual di TikTok.
→ Tahun 2021 lalu, CeraVe membuat sebuah kampanye “CeraVe Challenge” dengan menggunakan lagu viral “Think About Things” oleh Daði Freyr. Kampanye ini sukses besar, membuat merek CeraVe semakin populer di kalangan pengguna TikTok. Viralitas ini menjadi keuntungan bagi CeraVe, bahwa nilai media yang diperoleh CeraVe naik hingga 128% dari tahun-tahun, dan lebih dari 2.300 pengguna di TikTok berbicara mengenai produk CeraVe.
→ Sampai-sampai, presiden divisi kosmetik L’Oreal di Amerika Utara mengatakan bahwa pengaruh media sosial sangat meningkatkan penjualan lho, Sobat Shipper!→ Selain itu, CeraVe juga semakin populer karena beberapa influencer kecantikan mengulas produk-produk CeraVe yang murah dan mudah ditemukan di toko-toko kecantikan terdekat.
Baca Juga: Simak 6 Langkah Berikut buat Meningkatkan Profit Bisnis Secara Optimal!
4. Somethinc
→ Merek kosmetik lokal, Somethinc, merupakan salah satu brand yang terus berinovasi dalam mengikuti berbagai tren yang sedang ada di kalangan masyarakat, salah satunya adalah TikTok.
→ Somethinc memiliki prinsip untuk selalu bereksperimen, termasuk dengan membangun brand presence di TikTok, salah satunya lewat menggunakan sound-sound yang sedang viral. Ternyata, setelah merek mereka mulai dikenal oleh para pengguna TikTok, hal ini semakin mendukung peningkatan penjualan yang dialami oleh Somethinc. Bahkan, viewers dari akun TikTok Somethinc mencapai lebih dari 30 juta view!→ Melalui TikTok, brand kosmetik yang pernah berkolaborasi dengan Sisca Kohl ini juga selalu berusaha untuk mengeluarkan berbagai konten yang relevan dan positif untuk audiens. Salah satu contoh video promosi yang menggunakan sound viral di akun Somethinc adalah video promosi “Manuka”, produk sugar waxhome kit. Video ini ditonton hampir 1,5 juta penonton, dan menggunakan sound “Sempurna” oleh Champi Rao.
5. Ocean Spray
→ Ocean Spray adalah merek minuman jus asal Massachusetts, Amerika Serikat yang telah menjadi terkenal di TikTok. Pada tahun 2020, seorang pengguna TikTok bernama Nathan Apodaca memposting video dirinya mengendarai skateboard sembari minum jus Ocean Spray, dan bernyanyi lagu “Dreams” dari Fleetwood Mac.
→ Video tersebut membuat lagu “Dreams” dan produk jus Ocean Spray menjadi viral, sampai-sampai personil dari band Fleetwood Mac turut membuat video serupa dengan Nathan. Ocean Spray dengan cepat memanfaatkan fenomena ini dengan meluncurkan hastag #CranberryDreams, yang pada tahun 2020 hampir mencapai 100 juta views.
→ Hal ini berdampak pula pada penjualan Ocean Spray, dimana hampir semua produk mereka di toko-toko terjual habis akibat dari fenomena ini.
Nah, semoga Sobat Shipper menjadi semakin semangat dalam membuat konten yang berkualitas dan menggunakan sound-sound viral, ya! Apabila kamu tertarik untuk mengikuti jejak mereka, Shipper sudah kurasi beberapa lagu-lagu viral dan populer di TikTok di tahun 2021 hingga 2023 :
- “Good 4 U” – Olivia Rodrigo (2021)
- “Stay” – The Kid LAROI & Justin Bieber (2021)
- “Peaches” – Justin Bieber ft. Daniel Caesar & Giveon (2021)
- “Take My Breath” – The Weeknd (2022)
- “About Damn Time” – Lizzo (2022)
- “As It Was” – Harry Styles (2022)
- “Light Switch” – Charlie Puth (2022)
- “Escapism” – Raye (2023)
- “Kill Bill” – SZA (2023)
- “Flowers – Miley Cyrus” (2023)
Apabila Sobat Shipper masih bingung dalam memilih sound yang tepat, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memilih sound viral bagi video promosi produk kamu selanjutnya :
- Telusuri laman For You Page: Laman ini berisi beberapa video paling populer dan trending di TikTok. Jika sebuah sound dan lagu tertentu digunakan di beberapa video, artinya lagu tersebut sedang tren. Kamu tinggal dengan mudah memilih sound tersebut apabila dirasa cocok dengan konten yang hendak kamu buat.
- Gunakan fitur pencarian: Masuk ke laman pencarian adalah cara sederhana kedua untuk menemukan sound yang sedang trend. Kamu hanya perlu mencari “suara viral” atau “sound viral” di kotak pencarian dan memilih tab “suara”. Nantinya, TikTok akan menyajikan kamu dengan berbagai lagu yang sedang populer. Kamu juga bisa melihat pada tab hastag dan video untuk mencari inspirasi.
- Gunakan TrendTok atau TokMeter: Kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu dalam melihat trend saat ini. Aplikasi seperti TrendTok bekerja dengan mengumpulkan data dari TikTok untuk mengukur trend-trend yang sedang naik daun. Kamu dapat mencari sound populer dari lokasi kamu juga lho, Sobat Shipper! Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengetahui berapa kali sound tersebut diputar, video dan hastag yang menampilkan sound tersebut, hingga wilayah tempat sound tersebut paling populer.
Sobat Shipper, itulah penjelasan mengenai bagaimana menambah penjualan di TikTok Shop kamu dengan menggunakan sound-sound yang sedang viral. Karena pengguna TikTok hampir mencapai 100 juta pengguna, penggunaan sound yang sedang viral akan membantu video dan nama merek kamu menjadi lebih dikenal oleh para calon pelanggan. Harapannya, orderan dan cuan yang kamu dapatkan akan semakin bertambah bila mengaplikasikan tips ini. Shipper juga memiliki artikel-artikel lain yang dapat membantu kamu berjualan lebih maksimal di TikTok Shop. Kamu bisa membacanya di sini.
Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:
Latest Article
TikTok Ads vs Instagram Ads: Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis kamu
Menguasai TikTok Ads dari A-Z
6 Cara Menentukan Channel Penjualan Yang Tepat Bagi Produk. Caramu Sudah Tepat atau Belum, Nih?
Terupdate 2023 : Serba-Serbi Live Commerce untuk Tambah Cuan Toko Kamu!
Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten!