Terupdate 2023 : Serba-Serbi Live Commerce untuk Tambah Cuan Toko Kamu!
Di dunia yang semakin berkembang ini, salah satu kegiatan yang turut berubah juga adalah cara masyarakat berbelanja. Dari sebelumnya kita harus keluar dari rumah untuk berbelanja, sekarang kita tidak usah repot-repot dan bisa melakukan transaksi dari smartphone saja, seperti lewat e-commerce dan jualan live (live commerce/live sale). Nah, sebagai seller, live commerce menjadi cara baru yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan cuan dan keuntungan bisnis. Ukuran market dari live commerce, seperti live commerce TikTok ataupun live commerce Shopee, yang tadinya hanya $6 miliar pada tahun 2020 diprediksi meningkat lebih dari 3 kali lipat hingga $19 miliar pada tahun 2023 lho, Sobat Shipper! Berdasarkan data ini, kesempatan kamu untuk semakin meningkatkan pendapatan juga semakin tinggi. Simak terus artikel ini untuk tau serba-serbi live commerce, mulai dari penjelasan apa itu live commerce dan bagaimana memanfaatkannya untuk keuntungan toko kamu!
1. Live Commerce tuh apa, sih?
Live Commerce adalah sebuah kegiatan jual beli secara online yang dilakukan melalui video langsung atau biasa disebut sebagai live. Biasanya, jualan live streaming ini dilakukan lewat aplikasi media sosial seperti Shopee atau TikTok. Kamu tentunya sudah sering melihat para pengguna TikTok melakukan live jualan baju online atau barang lainnya, bukan?
Live Commerce ini mengubah pengalaman belanja pembeli karena memungkinkan kedua belah pihak untuk berinteraksi secara real time. Resep keberhasilan sebuah live sale adalah online shopping + live video + partisipasi customer.
2. Potensi Tinggi Live Commerce untuk Bisnis
Setelah mengetahui apa itu live commerce, sekarang Sobat Shipper perlu tahu bagaimana jualan live streaming ini bisa menjadi hal yang sangat potensial untuk bisnis kamu.
Penghasilan yang bisa kamu dapatkan setelah mempergunakan live commerce secara maksimal bisa mencapai 6 kali lipatnya, lho! Hal ini karena para pengguna cenderung lebih yakin untuk melakukan check out ketika live commerce Shopee ataupun live sale TikTok sedang berlangsung. Bahkan, pertumbuhan volume pesanan dari live sale tahun 2020 sampai 2022 naik hingga 115% yang membuat market live commerce diprediksi tumbuh lebih dari 3 kali lipat di tahun ini, membuat penggunaan live sale untuk bisnis semakin digemari.
3. Kenapa Live Commerce Sangat Populer dan Digemari?
Selain dapat menambah penghasilan yang kamu dapatkan, ada beberapa alasan mengapa live jualan online ini sangat populer dan digemari oleh para seller:
- Mudah Digunakan
Melalui jualan live streaming, transaksi jual beli yang dilakukan berjalan lebih mudah dan lancar karena calon pembeli bisa mendapatkan jawaban seputar produknya secara langsung dari seller.
- Menarik dan Otentik
Para calon pembeli bisa melihat produk dari dekat, meminta penjual untuk melakukan review dan melakukan obrolan langsung dengan penjual melalui kolom komentar.
- Interaktif : live commerce membuat antusiasme akan transaksi jual beli menjadi lebih tinggi karena melalui live sale jual beli online tetap bisa menghadirkan sensasi interaksi antar penjual dan pembeli secara langsung.
4. Dampak Positif dari Live Commerce bagi Online Bisnis-mu
Live Commerce memberikan impact yang cukup banyak lho, Sobat Shipper! Berikut adalah beberapa dampak positif dari live jualan online yang bisa kamu rasakan untuk bisnismu:
- Membangun Keunggulan Brand
Karena jualan live streaming ini merupakan strategi penjualan yang sedang berkembang secara masif, ini akan membuat kamu menjadi lebih unggul dari para kompetitor dan meningkatkan potensi pendapatan yang bertambah pula. Calon pembelimu akan lebih memilih untuk berbelanja di tokomu karena kamu memberikan pilihan lebih dari cara berbelanja.
- Meningkatkan Daya Tarik Brand
Melakukan live jualan online juga bisa menjadi salah satu cara kamu dalam membangun daya tarik terhadap brandmu dan memperkuat unique selling proposition brand milikmu di market.
- Meningkatkan Penjualan
Live sale yang Sobat Shipper lakukan memberikan sensasi berbelanja tradisional yang sudah terbiasa dilakukan oleh calon pembeli yaitu berbelanja yang interaktif. Ini juga akan membuat tingkat kepercayaan mereka terhadap produk yang akan mereka beli menjadi lebih tinggi.
5. Apakah Brandmu Sudah Siap Untuk Live Commerce?
Jika Sobat Shipper memutuskan untuk memulai penjualan live commerce, kamu harus memastikan terlebih dahulu apakah toko kamu sudah siap untuk jualan live online, baik secara strategi dan persiapannya.
Ini adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah toko kamu sudah siap untuk melakukan live sale :
- Pelanggan Tetap
Jualan live streaming cenderung akan bekerja lebih maksimal untuk toko dengan basis pelanggan yang kuat. Untuk mengetahuinya, kamu hanya perlu melihat dan melakukan pendataan kepada mereka yang sering berpartisipasi dalam live commerce Shopee atau live sale TikTok yang kamu lakukan.
- Perlengkapan Yang Memadai
Karena Sobat Shipper menargetkan para calon pembeli untuk membeli barang yang kamu jual, ada baiknya apabila kamu mempersiapkan perlengkapan yang nantinya akan menunjang performa live jualan online kamu.
- Dukungan Logistik yang Kuat
Live commerce dengan intensitas yang tinggi dapat mempengaruhi logistik toko kamu, seperti ketersediaan stok barang. Pastikan dengan baik bahwa stok barang yang jual tersedia untuk mencegah overselling dan kehabisan stok. Hindari juga sifat lebih mementingkan jumlah pesanan dibanding pemenuhan pesanan ya, Sobat Shipper!
- Memiliki Strategi Publikasi yang Tepat
Pastikan bahwa kamu melibatkan para pembeli dari sebelum, saat, hingga sesudah melakukan live commerce, karena ini menjadi salah satu strategi publikasi yang tepat pula. Hal yang bisa kamu lakukan sebelum memulai jualan live streaming adalah dengan membagikan teaser atau sneakpeaks, lalu sediakan kesempatan bagi para calon pembeli untuk bertanya dan memberikan feedback ketika live. Setelah selesai melakukan live jualan online, jangan lupa untuk membagikan highlights dan libatkan kembali para pembeli kamu.
Sobat Shipper, itulah serba-serbi live commerce, baik live sale Shopee, live commerce Tiktok, hingga live commerce Indonesia yang perlu kamu ketahui dan pelajari sebelum melakukan live sale. Hal-hal ini tentunya akan membantu kamu dalam melaksanakan live sale atau jualan live streaming yang maksimal dan sukses, sehingga meningkatkan peluang pertambahan pendapatan kamu pula. Jangan lupa untuk selalu tingkatkan pelayanan setelah live commerce selesai, terutama dalam hal pengiriman. Kamu bisa manfaatkan Shipper yang akan membantu kamu untuk mengirimkan paket secara efektif dan efisien. Kamu bisa melakukan cek ongkir dari semua ekspedisi cukup dalam 1 platform. Gak perlu ribet keluar rumah, Shipper siap datang jemput paketmu!
Source: Insignia Insights
Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:
Latest Article
TikTok Ads vs Instagram Ads: Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis kamu
Menguasai TikTok Ads dari A-Z
6 Cara Menentukan Channel Penjualan Yang Tepat Bagi Produk. Caramu Sudah Tepat atau Belum, Nih?
Terupdate 2023 : Serba-Serbi Live Commerce untuk Tambah Cuan Toko Kamu!
Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten!