Cara Meningkatkan Penjualan Dengan Mudah di Tokopedia

Marketplace09 November 2022
cara-mendapatkan-90-juta-pelanggan-di-tokopedia-dengan-mudah

Anda juga termasuk salah satu penjual yang memanfaatkan platform e-commerce Tokopedia? Platform e-commerce ini sering disebut juga sebagai Toko Hijau oleh masyarakat. Tokopedia ini tentu saja sudah dikenal oleh banyak orang mulai dari orang yang tinggal di perkotaan sampai ke pelosok daerah di tanah air.

Tokopedia adalah sebuah perusahaan kecil asli buatan Indonesia yang memulai peluncurannya pada tanggal 17 Agustus 2009. Perusahaan ini memiliki impian besar. Perusahaan Tokopedia ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, yang bercita-cita membantu pemerataan perekonomian Indonesia melalui sentuhan digital.

Tokopedia ini tentu saja sekarang telah menjadi perusahaan yang sangat diperhitungkan di kawasan regional maupun global, perusahaan ini mampu menarik para investor besar untuk berpartisipasi dalam meningkatkan skalabilitas bisnis.

Menjual produk secara online melalui platform e-commerce seperti Tokopedia merupakan salah satu cara jualan online yang paling mudah dan simpel. Sobat Shipper bisa melakukan kegiatan jualan online ini sambil bekerja, maupun sebagai bisnis sampingan ibu rumah tangga di rumah.

Tokopedia menyediakan platform aplikasi bagi pembeli yang selama ini Anda tahu dan banyak digunakan. Sebagai penjual, Tokopedia menyediakan aplikasi terpisah yaitu Tokopedia Seller. Tokopedia Seller ini sangat lengkap dan sangat berguna bagi para pegiat usaha jualan online karena dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan Sobat Shipper dalam berjualan. Bagi seorang pemula, fitur Tokopedia ini bahkan bisa mengembangkan bisnisnya dengan mudah.

Sobat Shipper sebagai seorang penjual pasti ingin supaya jualannya laris, kan? Lalu bagaimana nih cara jualan tokopedia Sobat Shipper laris? Dan bagaimana juga sih cara menarik pelanggan di Tokopedia?

Di bawah ini akan dijabarkan mengenai cara mudah mendapatkan 90 juta pelanggan di Tokopedia, simak dan terapkan ya Sobat Shipper!

Sobat Shipper Harus Membuat Branding Toko yang Pas

Merk atau brand merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan, produk, maupun layanan baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Untuk mengembangkan dan mempertahankan merk atau brand tersebut, Sobat Shipper perlu memiliki brand identity yang berupa komponen visual yang membentuk sebuah merk.

Sobat Shipper Perlu Menyiapkan List Produk

List produk merupakan bagian dari halaman produk untuk setiap barang yang Sobat Shipper jual di Tokopedia. Jika Sobat Shipper membuat list produk dengan baik, peluang produk tersebut ditemukan di halaman pencarian pembeli menjadi lebih besar. List produk yang menarik juga menjadi penentu apakah pembeli akan membeli produk yang Sobat Shipper jual atau tidak.

Sobat Shipper Bisa Mengupload Produk Sekaligus

Sobat Shipper tidak lagi direpotkan untuk mengupload produk satu per satu. Sobat Shipper bisa menambahkan banyak produk sekaligus atau dalam jumlah banyak dengan menggunakan fitur ‘Tambah Sekaligus’ yang terdapat pada Halaman Daftar Produk. Mengupload produk menjadi lebih cepat dan efisien lho, Sobat Shipper!

Sobat Shipper Perlu Mengaktifkan Bebas Ongkir

Dengan mengaktifkan program bebas ongkir ini, Sobat Shipper bisa mengoptimalkan pengiriman dan penjualan. Lebih untungnya lagi, Sobat Shipper tidak akan dibebankan biaya apa pun oleh Tokopedia. Pastikan Sobat Shipper sudah mengaktifkan Power Merchant yaa!

Percantik Toko Sobat Shipper dengan Fitur Dekorasi Toko

Di aplikasi Tokopedia Seller terdapat fitur Dekorasi Toko yang berfungsi untuk memperindah tampilan halaman beranda toko Sobat Shipper semua. Sobat Shipper bisa menggunakan banner, promo, produk unggulan, dan video untuk mempercantik beranda toko. Fitur ini bisa Sobat Shipper akses pada halaman Tokopedia seller pada menu ‘Dekorasi Toko’. Pembeli akan diarahkan ke halaman beranda toko dan bisa langsung melihat konten-konten terbaru dari Sobat Shipper. Fitur dekorasi toko ini tentu saja bisa diakses oleh semua seller Tokopedia.

Sobat Shipper Bisa Mengelola Toko Melalui Tokopedia Seller

Sobat Shipper bisa mengakses halaman Tokopedia Seller melalui link pada website seller.tokopedia.com/home. Melalui tampilan halaman Tokopedia Seller ini, Sobat Shipper bisa mengatur performa harian toko, manajemen stok produk, hingga mencari info artikel dan tentu saja event terbaru.

Seluruh pengaturan tersebut bisa diakses dalam satu halaman saja, yaitu halaman Tokopedia Seller. Berikut ini bagian-bagian penting yang perlu Sobat Shipper tahu dari halaman Tokopedia Seller:

1. Fitur stok produk

Sobat Shipper bisa mengecek ketersediaan barang dan mengatur stok produk pada bagian ‘Stok Produk’. Bagian ini akan muncul jika Sobat Shipper mempunyai produk yang sangat laris dalam tiga bulan terakhir tetapi stok sedang kosong. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mengingatkan Sobat Shipper untuk selalu mengupdate stok dan jangan sampai membatalkan pesanan yang datang karena stok habis.

2. Fitur informasi penting hari ini

Sobat Shipper bisa mengikuti langkah-langkah prioritas yang harus dilakukan melalui fitur informasi penting hari ini. Sobat Shipper akan mendapatkan rangkuman informasi penting dan sebisa mungkin harus diselesaikan di dalam satu hari. Informasi tersebut biasanya berisi seputaran pesanan baru yang masuk, pesanan yang siap dikirim, chat dari pembeli, sampai ada atau tidaknya komplain dari pembeli.

3. Rangkuman penjualan

Rangkuman penjualan ini berisi rangkuman penjulaan Sobat Shipper dalam satu minggu. Sobat Shipper bisa menggunakan informasi dari rangkuman penjualan ini untuk membuat laporan keuangan toko dan menyusun strategi untuk ke depannya mengenai cara meningkatkan penjualan di Tokopedia untuk lebih baik lagi.

Sobat Shipper Dapat Memaksimalkan Penjualan

Bagaimana cara agar jualan laris di Tokopedia? Sobat Shipper bisa memanfaatkan fitur TopAds untuk menjangkau pembeli lebih banyak, supaya jualan semakin laris. Sobat Shipper juga bisa memberikan voucher kepada pembeli berupa cashback atau gratis ongkir. Fitur Feed dapat Sobat Shipper gunakan untuk membuat toko dan produk lebih dikenal oleh banyak pembeli.

Memantau Penjualan Melalui Aplikasi Tokopedia Seller

Bagi Sobat Shipper yang menggunakan Android, Anda bisa memantau penjualan dengan lebih mudah melalui aplikasi Tokopedia Seller pada ponsel.

Jika Sobat Shipper ingin mengelola banyak marketplace dengan lebih mudah dan praktis, Atoor solusinya. Atoor merupakan layanan dari OCMS (Omni Channel Management System) dari Shipper yang memberi kemudahan kepada Sobat Shipper sebagai online seller untuk mengelola dan mensinkronisasi beberapa e-commerce atau marketplace secara otomatis. Produk Atoor ini bisa digunakan pada aplikasi Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

Jika Sobat Shipper ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana caranya menggunakan produk Atoor ini, silakan langsung hubungi Atoor sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tags
Previous Article
Next Article
author

Shipper Indonesia

https://shipper.id/

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut? Isi data Anda di sini:

+62
Data tidak ditemukan
Periksa di sini untuk setuju dengan kami syarat dan ketentuan.