Skip to content

9 Cara Ampuh Menambah Followers TikTok Dengan Cepat dan Gratis, Nomor 7 Bikin Kamu Kaget!

Daftar isi :

  1. Guidebook Terlengkap untuk Jualan Online di TikTok Shop! 
  2. 10 Barang yang Laku Dijual di TikTok, Minim Modal!
  3. Panduan Mengelola Produk Jualan Kamu di TikTok Shop
  4. 5 Rahasia Dalam Menentukan Harga Jual Produk di TikTok Shop
  5. 7 Cara Mengembangkan Tiktok Shop Kamu
  6. 7 Cara Bikin Produk Kamu Viral di TikTok Shop, Dijamin Cuan Nambah!
  7. Intip 6 Strategi Agar Review Toko TikTok Shop Kamu Bertambah
  8. 7 Trik Diskon untuk Meningkatkan Keuntungan di TikTok Shop, Pemula Wajib Tau!
  9. Terapkan 7 Cara Ini Untuk Perbanyak Orderan Lewat TikTok Shop
  10. Mau Konten Jualan Kamu FYP? Wajib Gunakan Trik-Trik Ini!
  11. Cara Meningkatkan Viewers Konten Jualan Kamu di TikTok Shop Sudah Tepat Belum?
  12. Belajar Tambah Penjualan TikTok Shop Kamu Lewat Penggunaan Lagu Viral
  13. Edit Video TikTok dengan Mudah Lewat 5 Aplikasi Ini 
  14. 10 Tips Edit Video Agar Konten Kamu Dilirik Banyak Orang
  15. Stop Lakukan Kesalahan Ini Dalam Produksi Konten

Sobat Shipper, seiring dengan berkembangnya teknologi dan sosial media, kamu bisa menghasilkan uang dari mana saja. Salah satunya adalah platfrom TikTok, terlebih setelah mereka mengeluarkan e-commercenya sendiri, yakni TikTok Shop.

Salah satu cara memaksimalkan penggunaan TikTok yang Sobat Shipper miliki adalah dengan meningkatkan jumlah pengikut. Dengan bertambahnya jumlah pengikut, harapannya pendapatan dan penjualan para pelaku bisnis bertambah di TikTok Shop. Membuat konten yang unik serta menarik tidaklah cukup untuk meningkatkan cuan toko kam. Penasaran gimana cara-cara ampuh, mudah, dan gratis dalam menambah followers TikTok? Yuk simak terus artikel ini!

 

1. Menentukan Target Audiens Toko Kamu

→ Kunci utama agar toko Sobat Shipper mendapatkan banyak followers baru adalah dengan menentukan target audiens. Apa sih, target audiens itu?

→ Target audiens adalah sekelompok orang yang memiliki karakteristik sesuai dengan apa yang toko kamu berusaha penuhi, sehingga mereka berkemungkinan menjadi konsumen.

→ Penting untuk menentukan target audiens supaya konten video promosi kamu dapat diterima secara maksimal. Karena, konten tertentu pasti akan menarik kelompok dengan lokasi atau minat yang serupa.

→ Setelah menentukan target audiens, pengikut yang akan kamu dapatkan pun seharusnya sesuai dengan audiens yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah membentuk konten-konten yang relevan dan bisa meningkatkan interaksi dengan mereka.

→ Misalnya kamu menjual pakaian bekas atau thrift shop, maka target audiens kamu biasanya adalah remaja yang senang fashion, eco-friendly, dan tidak terlalu ingin menghabiskan uang yang banyak untuk belanja pakaian.

 

2. Berpartisipasi ke Hal-Hal Trending

→ Selanjutnya, kamu juga membutuhkan berbagai ide kreatif untuk membentuk konten yang akan membuat para pengguna mengikuti toko kamu. Ide-ide kreatif tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengikuti trend terkini.

→ Dengan mengikuti trend, kamu bisa mendapatkan perhatian dari pengguna dan menambah pengikut toko kamu dengan singkat, terutama jika kamu mencantumkan pula hastag yang sedang trending.

→ Kamu bisa mencari tahu topik apa saja yang sedang trending dengan menelusuri laman For You Page dan fitur pencarian di TikTok.

→ Ini juga akan membuat toko kamu semakin populer, dan semakin menarik lebih banyak pengikut untuk follow akun kamu. Untuk melakukannya juga cukup mudah, kamu tinggal menggunakan sound yang sedang populer atau melakukan challenge yang lagi ramai dibicarakan di TikTok.

 

3. Buat Konten yang Menghibur dan Mengedukasi

→ Pembuatan konten yang menarik, menghibur, dan mengedukasi sangat berperan penting dalam penambahan pengikut di akun TikTok Sobat Shipper. Semakin unik dan orisinal ide kamu, semakin terpikat pula para pengguna untuk mengikuti akun kamu.

→ Video yang informatif dan menghibur juga seringkali lebih membuat para pengguna tertarik untuk menonton. Kamu dapat melakukannya dengan mengubah warna agar memberikan kesan di konten kamu, mengubah gaya pengeditan agar lebih kekinian, atau menggunakan fitur voice over untuk semakin memperjelas video kamu.

→ Misalnya kamu berjualan alat-alat memasak, salah satu ide yang bisa kamu untuk membuat konten adalah perbandingan memasak menggunakan alat-alat masak kamu dengan merek lain. Kamu juga bisa menjelaskan lebih lanjut benefit dari alat-alat masak kamu, tanpa menjatuhkan merek yang satunya, ya!

 

4. Kolaborasi dengan Toko/User Lain

→ Kolaborasi bisa menjadi trik yang ampuh dan mudah untuk meningkatkan jumlah followers di akun kamu. Sebenarnya, trik kolaborasi ini berfokus untuk membuat konten dengan toko atau user lain yang memiliki minat yang sama dengan toko kamu.

→ Selain dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan, ini juga bisa meningkatkan kesadaran merek kamu diantara para pengguna. Cari toko atau user lain yang memiliki basis pengikut yang sudah tinggi, agar nama toko kamu juga semakin naik. Namun, pastikan bahwa orang yang kamu ajak berkolaborasi sejalan dengan tujuan toko kamu, ya!

→ Untuk melakukannya juga cukup mudah, kamu bisa menggunakan fitur TikTok Live bersama, membentuk konten virtual melalui fitur duet, hingga bertemu langsung dan membuat video bersama.

 

5. Mengunggah di Waktu Prime

→ Hal krusial selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah menentukan waktu yang tepat dalam mengunggah konten promosi kamu.

→ Mengunggah video pada waktu yang tepat dapat membantu Sobat Shipper dalam menjangkau lebih banyak orang. Pelajari jam-jam terbaik untuk mengunggah video promosi kamu dan pastikan bahwa kamu memiliki jadwal yang konsisten.

→ Berdasarkan data yang diambil dari Detik.com, prime time untuk para pelaku bisnis mengunggah videonya adalah di jam 15.00–16.00, dan 19.00–20.00.

 

6. Menaruh Komentar di Video Lain yang FYP

→ Menaruh komentar pada video yang masuk ke laman For You Page dapat meningkatkan perhatian dan eksposur toko kamu, sehingga memperbesar peluang untuk menambah pengikut.

→ Ketika Sobat Shipper menaruh komentar pada video yang sudah viral, pengguna TikTok lain yang melihat video tersebut juga akan melihat komentar kamu dan mungkin tertarik untuk melihat profil Anda dan mengklik tombol follow.

→ Namun, pastikan bahwa komentar yang kamu tinggalkan harus relevan dan berbeda dari yang lain, ya! Jangan tinggalkan komentar spam atau komentar yang tidak berhubungan dengan video. Hal tersebut justru bisa membuat citra toko kamu jadi menurun.

→ Beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menaruh komentar efektif di video TikTok yang sudah populer :

  1. Tampilkan kepribadian kamu : Coba untuk menarik perhatian dengan menunjukkan kepribadian toko kamu di dalam komentar. Gunakan humor untuk mengekspresikan pendapat yang kreatif dan orisinal.
  2. Berikan pujian : Jika video yang sudah populer tersebut menampilkan sesuatu yang kreatif dan menarik, berikan pujian yang tulus dan relevan. Hal ini bisa menarik perhatian pengguna TikTok lain dan membantu toko kamu dalam membangun citra positif di TikTok.
  3. Gunakan emoji : Penggunaan emoji dapat membantu menggaet perhatian pengguna TikTok lain dan membuat komentar yang kamu tinggalkan lebih menarik. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan emoji sehingga terlihat berlebihan.
  4. Berikan saran atau pendapat : Jika kamu memiliki pendapat atau saran yang dapat membantu pengguna TikTok lain, kamu bisa tinggalkan komentar yang bermanfaat. Ini dapat membantu toko kamu membangun reputasi dan menarik pengikut baru.

Baca Juga: 6 Jenis Segmen Pasar yang Perlu Kamu Ketahui Agar Tidak Salah

 

7. Belajar Algoritma TikTok

→ Mempelajari algoritma TikTok akan membantu Sobat Shipper dalam memahami cara kerja pembuatan konten yang lebih mudah ditemukan oleh para pengguna.

→ Dengan belajar algoritma TikTok serta menerapkan strategi yang tepat, kamu bisa meningkatkan jumlah pengikut TikTok dengan cepat dan gratis.

→ Namun, pastikan bahwa konten yang akan kamu buat sesuai dengan nilai dan identitas merek kamu ya, agar dapat lebih menarik pengikut yang relevan dan berpotensi menjadi pelanggan kamu.

→ Untuk mempelajari algoritma TikTok, kamu bisa melakukan beberapa hal ini :

  1. Pelajari faktor yang mempengaruhi algoritma TikTok : faktor-faktor ini termasuk likes, komentar, dan views. Semakin tinggi views dan likes yang didapatkan oleh suatu video, semakin besar kemungkinan video tersebut muncul di laman For You Page.
  2. Mempelajari cara-cara untuk mendapatkan views dan likes yang lebih banyak untuk video kamu, misalnya dengan menggunakan hastag yang populer, up to date terhadap trend, hingga memakai sound viral.
  3. Lakukan analisis terhadap video yang sudah sukses, dan coba untuk tirukan elemen yang membuat video tersebut populer. Kamu bisa mempelajari gaya atau jenis yang disukai oleh para pengguna TikTok, dan coba terapkan untuk video kamu selanjutnya.
  4. Gunakan alat analisis TikTok. Salah satu yang dapat kamu gunakan adalah TikTok Analytics, untuk memantau bagaimana kinerja video yang Sobat Shipper sudah unggah. Kamu bisa melihat jumlah views, likes, komentar, dan pengikut baru dari masing-masing video. Dengan memahami data ini, kamu bisa mengetahui jenis konten apa yang paling disukai oleh pengguna TikTok dan mengoptimalkan strategi kamu untuk menambah followers baru.

 

8. Menggunakan Hastag FYP

→ For You Page adalah laman utama di TikTok yang menampilkan video-video populer yang sesuai dengan preferensi pengguna. Pengguna TikTok sering menggunakan hastag #fyp pada video mereka agar video tersebut lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

→ Dengan menggunakan hastag #fyp, ini akan meningkatkan eksposur video kamu dan membantu kamu untuk menarik lebih banyak pengikut di TikTok. Ketika orang lain melihat video kamu di halaman “For You”, mereka juga dapat melihat profil toko kamu dan mengikuti kamu jika mereka menyukai konten yang telah kamu buat.

→ Beberapa tips untuk menggunakan hashtag FYP dengan efektif :

  1. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten video yang Sobat Shipper buat, agar menarik pengikut yang lebih berminat pada konten yang kamu.
  2. Jangan menggunakan terlalu banyak hashtag dalam satu video, karena akan terlihat berlebihan dan justru memperlambat kamu untuk masuk ke laman For You Page.
  3. Gunakan hashtag yang sedang tren, karena akan semakin meningkatkan peluang eksposur toko kamu.

 

9. Merespon Video yang Sudah Viral dengan Memberikan Opini

→ Dengan memberikan opini yang cerdas dan informatif, kamu akan menarik perhatian pengguna TikTok lainnya dan akan membuat citra toko kamu menjadi positif.

→ Tetapi, biasakan untuk memberikan opini yang relevan dengan video yang sudah viral. Jangan memberikan opini yang tidak berhubungan dengan konten video, atau memaksa untuk mempromosikan produk kamu di video tersebut.

→ Untuk menghindari terjadinya bumerang ke toko kamu, ini adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan :

  1. Perhatikan isi dan pesan dari video dengan seksama, agar kamu mendapatkan inti dari apa yang berusaha mereka sampaikan melalui video tersebut.
  2. Berikan opini yang informatif dan bermanfaat, serta berhubungan dengan isi konten.
  3. Jangan bersikap kasar atau menyerang pengguna TikTok lain. Terlebih, kamu harus menghargai pendapat orang lain.
  4. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jelas, hindari pula penggunaan bahasa yang sulit dipahami.

 

Sobat Shipper, itulah 9 cara ampuh yang dapat kamu gunakan untuk menambah jumlah followers di akun TikTok kamu. Harapannya, selain jumlah followers kamu bertambah, penjualan dan keuntungan kamu pun ikut meningkat. Namun, jangan pusing mengenai logistik dan pengiriman, serahkan ke Shipper saja! Shipper selalu akan membantu proses penjualan kamu agar semakin sat set sat set!

Baca Juga: Ini Cara Melakukan Market Research untuk Perkembangan Bisnis

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Blog Shipper!

Berlangganan Blog Shipper sekarang dan dapatkan informasi seputar tips dan tren kembangankan bisnis online!

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Discover more from Shipper

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Kontak Sales