Skip to content

Tren dan prediksi masa depan untuk periklanan di TikTok

Daftar Isi

  1. Menguasai TikTok Ads dari A-Z
  2. TikTok Ads vs Instagram Ads: Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis kamu
  3. Benefit menggunakan TikTok ads untuk bisnis kamu
  4. Panduan Praktis untuk Membuat Tiktok Ads
  5. Rahasia TikTok Ads: Memahami Elemen-Elemen Penting dalam Kampanye Iklan
  6. Menjadi Ahli TikTok Ads: Persiapan Untuk Kampanye Iklan Yang Sukses
  7. Cara mengatur budget untuk TikTok ads!
  8. 5 hal yang wajib kamu ketahui saat menggunakan TikTok ads, jangan sampai kena block!
  9. Tren dan prediksi masa depan untuk periklanan di TikTok
  10. Kesalahan umum yang harus dihindari dalam membuat TikTok ads
  11. Best practice di TikTok ads beserta contohnya
  12. Cara mengukur kesuksesan TikTok ads bagi bisnis kamu

TikTok, sebuah platform media sosial dengan konsep video pendek, telah menarik banyak perhatian pada tahun-tahun sebelumnya. Sejak awal diluncurkan pada tahun 2016, Perkembangan TikTok di Indonesia juga semakin pesat dan sekarang menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Hal ini menjadikannya tempat yang sangat menarik untuk beriklan bagi Sobat Shipper. TikTok Ads telah menjadi faktor kunci dalam strategi periklanan digital dan trend TikTok terbaru terus dicari oleh kalangan marketer. Bagaimana dengan trend periklanan TikTok di masa depan? Berikut adalah beberapa prediksi tentang masa depan periklanan di TikTok:

Pengaruh TikTok Ads dalam Dunia Bisnis

Potensi TikTok ads cukup signifikan untuk mempengaruhi dunia bisnis. Selain dapat membantu dalam meningkatkan brand awareness, TikTok Ads juga dapat meningkatkan penjualan produk. Marketer dapat memanfaatkan platform ini untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada target audiens yang lebih luas.

Selain meningkatkan brand awareness dan penjualan produk, penggunaan TikTok Ads juga dapat membantu bisnis dalam beberapa hal lainnya. Misalnya, TikTok Ads dapat membantu bisnis dalam meningkatkan engagement dengan audiens mereka. Dalam platform ini, pengguna sering berinteraksi dengan konten yang menarik dan menyenangkan. Dengan membuat iklan yang menarik dan kreatif, bisnis dapat meningkatkan engagement dengan audiens mereka dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Trend Video yang Populer di TikTok untuk Iklan

Dalam beberapa tahun terakhir, video pendek telah menjadi sangat populer di kalangan pengguna media sosial. Video pendek sangat sesuai dengan konsep TikTok dan menjadi salah satu format paling populer di platform ini. Trend TikTok terbaru dalam bentuk video meliputi animasi, video stop motion, dan video dengan karakter yang lucu dan menggemaskan akan menjadi populer dalam kampanye TikTok Ads.

Salah satu contoh video challenge yang mempengaruhi dunia bisnis melalui TikTok adalah “Bottle Cap Challenge”. Awalnya, tantangan ini hanya dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia sebagai hobi dan viral di TikTok. Namun, beberapa merek mulai mengambil keuntungan dari popularitas tantangan ini dan membuat iklan yang mengikat audiens secara emosional dengan memasukkan tantangan ini ke dalam iklan mereka. Sebagai contoh, merek minuman energi Red Bull memasukkan Bottle Cap Challenge ke dalam iklan mereka dengan cara yang kreatif dan menghasilkan buzz yang besar di platform. Hal ini membantu merek membangun brand awareness di kalangan pengguna TikTok.

Brand akan lebih cenderung menggunakan UGC (User-Generated Content)

Beberapa tahun terakhir ini, pengguna media sosial semakin aktif menjadi kreator konten mereka sendiri. Hal ini membuat user-generated content (UGC) semakin populer di kalangan marketer, termasuk di TikTok. trend perkembangan TikTok saat ini lebih mengarah pada penggunaan UGC ketimbang iklan dengan kualitas tinggi dan profesional. Potensi TikTok dalam bentuk Konten UGC dapat menjadi sangat viral dan menjangkau lebih banyak penonton dengan biaya yang lebih murah.

Tips praktis untuk menggunakan UGC dalam kampanye TikTok Ads adalah dengan memperhatikan target audiens yang ingin dituju dan menemukan pengguna TikTok yang sesuai dengan target tersebut. Kemudian, libatkan pengguna tersebut dalam kampanye dengan memberikan arahan jelas dan spesifik terkait konten yang diinginkan. Jangan lupa untuk memberikan insentif atau hadiah bagi pengguna yang berhasil menciptakan konten yang sesuai dengan kampanye. Terakhir, pastikan konten yang dihasilkan sesuai dengan kebijakan TikTok dan menarik bagi audiens. Dengan menggunakan UGC dalam kampanye TikTok Ads, perusahaan dapat menjangkau audiens dengan biaya yang lebih murah dan meningkatkan brand awareness secara efektif.

Kepercayaan audiens akan menjadi komoditas oleh kreator TikTok

Audiens TikTok sangat responsif terhadap konten yang dibuat oleh kreator mereka. Kreator yang dipercayai oleh audiens mereka memiliki pengaruh besar dalam kampanye TikTok Ads. Brand akan mencari kreator dengan basis pengikut yang besar dan dapat memberikan pesan merek dengan cara yang lebih autentik. Dalam memilih kreator konten untuk kampanye TikTok Ads, brand harus memperhatikan bahwa tidak hanya followers yang menjadi faktor penting. Brand juga harus memilih kreator yang memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan brand mereka dan mampu menghadirkan konten yang bisa memberikan kedekatan nilai-nilai tersebut dengan audiensnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu brand dalam memilih kreator yang tepat untuk kampanye TikTok Ads:

  • Cari kreator yang memiliki audiens yang sejalan dengan target market brand kamu, Brand harus memilih kreator yang memiliki audiens yang sejalan dengan target market. Kita tidak ingin memilih kreator yang followers-nya banyak namun tidak memiliki audiens yang relevan dengan brand kita. Pastikan kreator yang dipilih memiliki audiens yang sejalan dengan target market brand.
  • Kolaborasi dengan kreator, Brand dapat mengundang kreator untuk melakukan kolaborasi bersama dalam menciptakan konten yang menarik dan berdampak positif. Dengan kolaborasi ini, brand dapat memberikan ide dan arahan pada kreator untuk menghasilkan konten yang sejalan dengan nilai-nilai brand.
  • Jangan lupa memberikan penghargaan yang pantas kepada kreator atas kerjasama mereka dengan brand. Penghargaan bisa berupa uang, hadiah, atau hadiah non-materi seperti promosi di media sosial brand atau undangan ke acara brand. Hal ini dapat memperkuat hubungan antara brand dan kreator serta memotivasi kreator untuk terus menghasilkan konten yang berkualitas.
Membuat iklan yang menghibur dan serasa dipersonalisasi untuk orang tersebut

Salah satu aspek penting dari TikTok adalah hiburan. Brand yang ingin berhasil di platform ini harus memahami pengguna TikTok dan membuat iklan yang menghibur dan serasa dipersonalisasi. Marketer harus menciptakan kampanye iklan yang menyenangkan dan unik, Hal ini akan menjadi penting karena penonton TikTok memiliki preferensi yang berbeda dan unik, sehingga iklan yang sukses di platform lain tidak selalu berhasil di TikTok.

Sebagai salah satu contoh hasil promosi yang berhasil, brand Crocs mengajak pengguna TikTok untuk berpartisipasi dalam kampanye #ThousandDollarCrocs dengan memposting video tentang pengalaman mereka dengan sepatu Crocs. Kampanye ini mencerminkan brand value Crocs sebagai merek yang mempromosikan kebebasan dan kenyamanan, dan membangun komunitas penggemar yang kuat.

Trend TikTok terbaru akan terus berubah di masa depan, namun dengan mengikuti perkembangan TikTok yang ada, brand dapat tetap sukses dalam memasarkan produk mereka melalui platform ini. Brand yang memanfaatkan potensi TikTok akan semakin membuka peluang untuk menjangkau audiens mereka dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga iklan-iklan dapat terus menjadi viral dan dikenal oleh banyak orang.

Dengan fitur pelacakan dari Shipper, kamu dapat memastikan dan selalu mengetahui status terkini dari paket yang kamu kirimkan. Lacak paket kamu sekarang dan nikmati kemudahan yang ditawarkan oleh Shipper.

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Kontak Sales

Student Webinar Class

Seller Webinar Class

Shipper Bootcamp Freshgraduate & Undergraduate

Seller Knowledge

×